Berita

Kapan Bayi Mulai Tertawa? – Cantika.com

×

Kapan Bayi Mulai Tertawa? – Cantika.com

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Tahun pertama bayi akan diisi dengan segala jenis peristiwa yang berkesan, mulai dari makan makanan padat hingga melangkah untuk belajar jalan. Setiap hal pertama dalam kehidupan bayi jadi momen berkesan bagi orang tua.

Salah satu pencapaian atau milestone bayi yaitu tertawa. Tertawa adalah cara bayi Anda berkomunikasi yang dapat Anda pahami. Itu tandanya bayi Anda waspada, penasaran, dan bahagia.

Kapan bayi seharusnya mulai tertawa?

Kebanyakan bayi akan mulai tertawa sekitar bulan ketiga atau keempat. Namun, jangan khawatir jika bayi Anda tidak tertawa pada usia empat bulan. Setiap bayi berbeda. Beberapa bayi akan tertawa lebih awal dibandingkan bayi lainnya, begitu pun sebaliknya.

4 cara membuat bayi Anda tertawa

Tawa pertama bayi Anda mungkin terjadi saat Anda mencium perutnya, mengeluarkan suara lucu, atau menggoyangkannya ke atas dan ke bawah. Ada juga teknik lain untuk memancing tawa si kecil.

1. Suara-suara lucu

Bayi Anda mungkin merespons suara letupan atau ciuman, suara melengking, atau suara tiupan bibir Anda. Isyarat pendengaran ini seringkali lebih menarik dibandingkan suara normal.

2. Sentuhan lembut

Menggelitik ringan atau meniup lembut pada kulit bayi merupakan sensasi yang menyenangkan dan berbeda bagi mereka. Mencium tangan atau kaki mereka, atau “meniup buah raspberry” di perut mereka mungkin juga akan membuat mereka tertawa.

3. Alat pembuat bising

Benda-benda di sekitar bayi Anda, seperti ritsleting atau bel, mungkin tampak lucu bagi bayi Anda. Anda tidak akan tahu benda apa yang membuatnya tertawa sampai dia tertawa. Coba gunakan alat pembuat suara yang berbeda untuk mengetahui apa yang membuat mereka tertawa.

4. Permainan yang menyenangkan

Cilukba adalah permainan yang bagus untuk dimainkan ketika anak-anak mulai tertawa. Anda dapat bermain cilukba dengan bayi Anda pada usia berapa pun, tetapi mereka mungkin tidak merespons dengan tertawa sampai mereka berusia empat hingga enam bulan. 

Hal yang bisa dilakukan jika bayi belum tertawa

Menurut banyak literatur, bayi biasanya tertawa antara bulan ketiga dan keempat. Jika setelah bulan keempat bayi Anda masih belum juga tertawa, tidak perlu khawatir.

Beberapa bayi lebih serius dan tidak tertawa atau terkekeh seperti bayi lainnya. Ini mungkin baik-baik saja, terutama jika mereka memenuhi perkembangan lainnya.

Fokus pada keseluruhan pencapaian yang sesuai dengan usia, bukan hanya satu. Namun, jika bayi Anda belum mencapai beberapa tahap perkembangan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak.

Berikut adalah beberapa pencapaian 4 bulan yang dapat Anda nantikan:

  • tersenyum spontan
  • mengikuti benda bergerak dengan mata
  • mengamati wajah dan mengenali orang yang dikenalnya
  • menikmati bermain dengan orang-orang
  • membuat suara, seperti mengoceh atau menderu

Bicaralah dengan dokter bayi Anda

Jika Anda khawatir anak Anda tidak tertawa atau mencapai pencapaian lainnya, sampaikan hal ini saat kunjungan kesehatan bayi Anda berikutnya. Sebagai bagian dari kunjungan, dokter Anda mungkin akan menanyakan semua pencapaian yang dicapai bayi Anda.

Jika tidak, pastikan untuk menyertakan detail ini dalam percakapan Anda.

Dari sana, Anda berdua dapat memutuskan apakah Anda ingin melihat dan menunggu perkembangan di masa depan atau Anda ingin dokter bayi Anda merekomendasikan evaluasi lebih lanjut. Mungkin ada terapi untuk membantu bayi Anda berkembang lebih cepat dibandingkan anak-anak lain seusianya.

Pilihan Editor: 6 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *