Berita

Kisah Orang Terkaya Jakarta Bagikan Tanah Gratis, Apa Alasannya?

×

Kisah Orang Terkaya Jakarta Bagikan Tanah Gratis, Apa Alasannya?

Share this article


Tanah sering kali menjadi investasi berharga yang dijual-belikan masyarakat. Namun lain cerita dengan orang terkaya Jakarta yang rela membagikan tanah miliknya secara cuma-cuma.

Dialah Cornelis Chastelein, orang terkaya Jakarta tahun 1700-an yang memilih bagi-bagi tanah gratis kepada orang-orang. Baginya, memiliki harta berlimpah hanya bisa dinikmati di dunia. Selepas tutup usia, hal-hal duniawi tidak ikut dibawa mati. Yuk simak ceritanya!


Kisah Chastelein

Cornelis Chastelein/ Foto: X.com/neohistoria_id

Chastelein merupakan seorang pegawai VOC selama 20 tahun. Ia memulai karier di kongsi dagang tersebut sejak usianya masih 20-an. Loyalitas itu membuahkan hasil, kariernya berkembang. Dari semula pengawas gudang, Chastelein perlahan naik jabatan hingga menjadi saudagar utama dan anggota Dewan Kota Batavia.

Selama mengemban tugasnya, ia digaji sebesar 200-350 gulden per bulan––angka yang terbilang cukup besar pada masanya.  Dikenal pintar mengelola uang, pria kelahiran 1658 punya strategi sendiri untuk mengatur keuangan. Bukan dihamburkan, untuk melainkan membeli tanah di sekeliling Batavia. 

Depok Tempo Doeloe (2011) mengungkap bahwa tanah pertama yang dibelinya pada 1693. Tanah tersebut berada di kawasan Weltevreden yang sekarang disebut Gambir. Ia mengalihfungsikan tanah tersebut untuk menanam tebu.

Pembelian tanah ini masih terus dilakukan Chastelein bahkan setelah dirinya pensiun. Baca selengkapnya di sini ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *