Berita

Kreasi Resep Kimchi Agar Aman Dikonsumsi, Berbahan Mentimun dan Lobak

×

Kreasi Resep Kimchi Agar Aman Dikonsumsi, Berbahan Mentimun dan Lobak

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Sekitar seribu kasus dan terus bertambah kasus keracunan makanan telah dilaporkan di Kota Namwon, Korea Selatan. Menurut laporan BBC, lonjakan mendadak ini disebabkan oleh konsumsi kimchi, makanan pokok tradisional Korea, yang dikonsumsi pada sebagian besar makanan. Penyakit yang dimaksud telah diidentifikasi sebagai norovirus yang sangat menular, sesuatu yang mudah ditularkan melalui permukaan yang terkontaminasi. 

Meskipun produksi dan distribusi barang dari perusahaan penghasil kimchi telah dihentikan sementara, situasi yang ada menarik perhatian pada daya tarik global yang telah dikembangkan oleh kimchi di seluruh penjuru dunia, mengingat booming yang signifikan di wilayah Selatan. Jika Anda khawatir kimchi berpotensi membuat Anda sakit, mengingat musim hujan, berikut ini resep membuat kimchi agar terhindar penyakit yang ditularkan melalui makanan tersebut.

Mengganti Kubis dengan Sayuran Lain 

Bahan dasar dari jenis kimchi yang paling klasik adalah kubis. Yang paling populer adalah kimchi Baechu dengan kubis napa sebagai dasarnya. Versi lainnya antara lain kimchi Bossam yang menggunakan daun selada dan kimchi Gat yang menggunakan daun dan batang sawi Korea. 

Meskipun benar-benar menggugah selera, versi makanan lezat Korea ini menggunakan sayuran silangan yang tidak diragukan lagi menambah profil rasa yang kompleks pada keseluruhan hidangan, namun merupakan sarang penyakit bawaan makanan, terutama selama musim hujan. Cara yang sangat sederhana, untuk menghindari jatuh sakit, adalah dengan mengganti kubis dengan lobak atau mentimun. Selain itu, bahan dasar yang renyah dan kuat untuk bumbu fermentasi, lobak, dan mentimun sebenarnya merupakan pilihan populer di kalangan pecinta kimchi tradisional.

Kimchi Lobak

Anda dapat memilih antara kimchi Baek atau kimchi putih (yang semuanya tidak termasuk gochugaru), Kkakdugi atau kimchi lobak potong dadu, kimchi lobak Chonggak atau ekor kuda, kimchi Nabak atau kimchi air merah, dan Dongchimi atau kimchi air lobak. Resep yang paling mudah, menurut The Spruce Eats, adalah Dongchimi.

Resep hanya dengan memotong lobak dan membiarkannya didiamkan dalam garam dan gula selama sehari pada suhu kamar. Langkah ini diikuti dengan menambahkan larutan garam dan gula hangat ke dalam lobak selain bawang putih cincang dan daun bawang. Setelah sekitar 2 hari fermentasi, Dongchimi Anda siap dikonsumsi. Cukup simpan di lemari es dalam wadah kedap udara hingga berbulan-bulan mendatang.

Kimchi Mentimun

Jika kimchi putih tidak memberikan rasa pedas seperti makanan pokok Korea, cobalah kimchi mentimun atau Oi Sobagi. Versi My Korean Kitchen dari resep ini menyediakan banyak pertukaran yang memastikan Anda dapat masuk ke dapur Anda saat ini juga dan menyiapkan sebagian dari kelezatan ini.

Yang Anda butuhkan untuk alasnya hanyalah mentimun segar dan renyah, wortel yang dipotong-potong, dan daun bawang cincang. Untuk saus kimchi, Anda membutuhkan gochugaru pedas, bawang putih cincang dan jahe, parutan apel, madu, dan kecap ikan. Biarkan mentimun cincang di dalam garam sebentar sebelum mencampurkan semua bahan untuk saus kimchi dan memijatkannya ke dalam mentimun, wortel, dan daun bawang. Simpan dalam wadah kedap udara dan konsumsi dalam waktu 7 hari.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Masakan Korea untuk Akhir Pekan, Beef Bulgogi dan Kimchi Jjigae

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *