Berita

Manfaat Kesehatan Rutin Minum Jus Semangka, Turunkan Tekanan Darah

×

Manfaat Kesehatan Rutin Minum Jus Semangka, Turunkan Tekanan Darah

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Apa yang terjadi pada tubuh jika minum jus semangka setiap hari khususnya saat musim panas?Jus semangka lebih dari sekedar pelepas dahaga. Itu dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan tetapi haruskah Anda meminumnya setiap hari?

Suhu terik di musim panas dapat membuat Anda merasa lelah dan dehidrasi. Jus semangka, minuman menyegarkan dan mudah didapat, bisa menjadi solusi yang menggiurkan. Tapi apa yang terjadi pada tubuh Anda jika Anda menjadikannya minuman musim panas harian Anda?

G Sushma, Ahli Gizi Klinis di CARE Hospitals Banjara Hills, menguraikan manfaat dan potensi kerugian dari makanan pokok musim panas ini.

Manfaat Kesehatan Jus Semangka

Jus semangka lebih dari sekedar pelepas dahaga. Itu dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, menurut Sushma:

Pahlawan Kesehatan Jantung: Likopen dan beta-karoten berkontribusi pada kesehatan jantung, bahkan berpotensi meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko kanker.

1. Sumber Vitamin

Vitamin B6 meningkatkan kadar dopamin, Vitamin C menyegarkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan Vitamin A menjaga penglihatan Anda.

Asam amino, bersama dengan magnesium dan potasium, bekerja sama untuk mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

3. Manajemen Berat Badan

Rendah kalori, jus semangka mungkin bisa menjadi teman Anda jika Anda memperhatikan berat badan Anda. Bahkan dapat membantu menurunkan kolesterol dan lemak tubuh.

4. Detoksifikasi

Antioksidan dalam jus semangka membantu mengeluarkan racun dari sistem pencernaan Anda. Ia juga mengandung citrulline dan mineral yang meningkatkan kesehatan rambut dan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

5. Pengaturan waktu adalah kuncinya

Meskipun jus semangka dapat menyegarkan kapan saja, Sushma menyarankan agar jus paling baik dinikmati di pagi atau sore hari, idealnya antara jam 10 pagi dan 12 siang. Pengaturan waktu ini mengoptimalkan hidrasi dan penyerapan nutrisi.

Ini juga bisa menjadi minuman sebelum atau sesudah latihan, karena elektrolit mengisi kembali energi yang hilang, dan citrulline dapat membantu mengatasi nyeri otot.

Pilihan Editor: Kareena Kapoor bagikan Pose Yoga Chakrasana, Bisa Turunkan Tekanan Darah

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *