Berita

8 Cara Menghibur Orang yang Sedang Sedih, Stres atau Khawatir

×

8 Cara Menghibur Orang yang Sedang Sedih, Stres atau Khawatir

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Ketika seseorang di sekitar Anda bersedih, stres, atau kecewa, beberapa di antara kita bingung harus berbuat apa. Padahal sama seperti saat kita bersedih, menerima penghiburan dan empat yang tepat bisa membuat lebih berenergi dan nyaman. Untuk pengingat kita bersama, lakukanlah beberapa cara menghibur orang yang sedang bersedih, stres atau khawatir ini.

Oiya perlu diingat juga, meskipun Anda berupaya ingin membantu orang tersebut, Anda tidak dapat mengendalikan segalanya dan memaksakan perasaan negatif keluar darinya. Jadi, jangan memaksakan diri, hadirlah untuk mereka.

1. Jadilah Pendengar

Ketika ingin membuat seseorang merasa lebih baik saat mereka khawatir atau sedih, hal pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah mendengarkannya. Coba pahami apa yang ingin mereka katakan tanpa menghakimi, meskipun Anda mungkin tidak sepenuhnya setuju dengan sudut pandang mereka.

Perhatikan apa yang mereka katakan, sehingga Anda tidak melewatkan detailnya dan dapat berempati dengan tulus kepada mereka.

2. Jangan Abaikan Perasaan Mereka

Mengabaikan perasaan seseorang yang sedang sedih akan membuatnya merasa defensif. Oleh karena itu, meskipun itu bukan niat Anda, Anda akan membuat mereka merasa jauh lebih buruk dibandingkan sebelumnya.

Bagaimanapun, setiap orang berbeda dan menangani masalah secara berbeda. Jadi, bukan saja tidak efektif namun juga tidak adil jika kita mendekati situasi dengan mengatakan bahwa mereka salah dalam merasa seperti itu.

Untuk menghindari hal ini, coba bayangkan saat Anda berada dalam keadaan yang buruk secara emosional. Apakah Anda akan menghargai jika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa tidak masuk akal jika Anda merasa sedih? Jika jawabannya tidak, Anda tahu persis apa yang tidak boleh dilakukan dalam situasi ini.

3. Jangan Bereaksi Berlebihan

Bereaksi berlebihan terhadap masalah seseorang juga tidak akan membuat perasaannya lebih baik. Beberapa orang melakukan ini secara aktif untuk membenarkan perasaan orang tersebut, dengan tujuan membuat mereka merasa lebih baik.

Namun, jika kita bereaksi berlebihan, kita memberi sinyal kepada seseorang bahwa mereka memang berada dalam krisis dan tidak ada cara untuk merasa lebih baik terhadap situasi tersebut. Hal ini menutup semua pintu bagi mereka dan mendorong mereka semakin dalam ke dalam kesengsaraan.

4. Jangan Menyela

Saat mendengarkan masalah seseorang, penting bagi Anda untuk menahan keinginan untuk menyela mereka. Melakukan hal ini dapat membuat seseorang kesal dan mencegahnya mendapatkan kejernihan emosi yang ingin mereka peroleh dengan berbagi.

Selain itu, menyela seseorang dapat mencegahnya menceritakan masalahnya kepada Anda, karena dia tidak lagi mempercayai Anda. Jadi, bersabarlah saat mendengarkan.

5. Jangan Memaksakan Sikap Positif

Seringkali untuk memberikan sudut pandang optimis kepada seseorang, kita melakukan kesalahan dengan memaksakan sikap positif pada seseorang yang bahkan belum memproses emosi negatifnya.

Hal ini bisa sangat menjengkelkan dan mungkin tampak bagi seseorang bahwa Anda mencoba untuk mengabaikan perasaannya, meskipun yang terjadi justru sebaliknya.

Jadi, tahan keinginan ini dan percayalah bahwa orang tersebut secara alami akan merasa lebih baik setelah menceritakan perasaannya kepada Anda.

6. Hadir untuk Mereka

Kadang-kadang, solusi terhadap suatu masalah bukanlah dengan “berbuat” tetapi hanya dengan “hadir”. Kemungkinannya adalah teman Anda atau siapa pun orang yang mengalami kesusahan tersebut sudah merasa bersyukur karena Anda hadir bersamanya saat dia merasa sangat rentan.

Namun, jika Anda mencoba melakukan sesuatu yang “ekstra” dalam situasi ini, Anda mungkin akan merusaknya. Pahami bahwa berada di sana dan menghabiskan waktu berkualitas bersama seseorang adalah suatu perbuatan baik.

Untuk melakukan ini dengan baik, hindari memeriksa ponsel Anda atau mengalihkan perhatian Anda, tetapi hadir sepenuhnya dalam situasi tersebut.

7. Tawarkan Nasihat yang Objektif Jika Mereka Memintanya

Jika Anda merasa orang tersebut membutuhkan nasihat, atau memintanya secara langsung, silakan tawarkan. Anda tidak perlu melakukan ini jika Anda tidak memiliki pendapat tentang situasinya. Namun, jika Anda mempunyai solusi dalam pikiran Anda, bagikanlah seperti sebuah saran, tanpa memaksakannya pada orang tersebut.

Jika orang tersebut tidak meminta nasihat, berarti dia tidak menginginkannya. Jadi, jika Anda mempunyai nasihat, tahanlah keinginan untuk membagikannya sampai diminta.

Pahami juga fakta bahwa terkadang satu-satunya solusi yang dibutuhkan seseorang untuk menghadapi suatu masalah adalah dengan menyuarakannya.

Jadi, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membiarkan proses ini mengalir secara alami.

8. Jangan Membombardir dengan Pertanyaan

Meskipun menanyakan beberapa pertanyaan selalu merupakan hal yang baik, Anda harus tahu mengapa Anda menanyakannya. Ingat, kehadiran Anda untuk berempati, bukan untuk memuaskan keingintahuan Anda sendiri tentang situasi orang tersebut.

Meskipun Anda tidak mengetahui detail situasinya, untuk saat ini tidak masalah. Cara membuat orang tersebut merasa lebih baik adalah prioritasnya di sini.

Itulah sederet cara menghibur orang saat bersedih, stres atau risau.

Pilihan Editor: 5 Tips Mengatasi Duka dan Kehilangan Orang Tercinta

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *