Berita

5 Minuman yang Ampuh Atasi Sulit Tidur, Bye-bye Insomnia!

×

5 Minuman yang Ampuh Atasi Sulit Tidur, Bye-bye Insomnia!

Share this article


Tidur malam yang cukup sering kali diabaikan sebagai bagian penting dari kesehatan. Ahli merekomendasikan bahwa orang dewasa usia 18–60 tahun sebaiknya tidur selama 7–9 jam setiap malam untuk menjaga keseimbangan kesehatan yang baik.

Kurang tidur atau tidur berlebih dapat meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan, seperti depresi, diabetes, dan penyakit jantung. Namun, mendapatkan tidur yang berkualitas tidak selalu mudah bagi semua orang.

Salah satu cara alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur adalah dengan mengonsumsi minuman tertentu sebelum tidur. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa minuman yang telah terbukti dapat membantu tidur lebih nyenyak.

1. Jus Ceri untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

5 Minuman yang Bisa Membantumu Mengatasi Sulit Tidur/Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Ceri tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk meningkatkan kualitas tidur. Kandungan triptofan dalam ceri dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur kita.

Studi menunjukkan bahwa ceri khusus, seperti ceri Montmorency yang asam, mengandung lebih banyak melatonin dibandingkan dengan varietas lainnya, yang membuatnya sangat efektif dalam meningkatkan kualitas tidur.

2. Teh Chamomile untuk Tidur yang Lebih Nyenyak
Sederet manfaat konsumsi teh chamomile, baik bagi kesehatan/ Foto: Freepik.com/freepik

5 Minuman yang Bisa Membantumu Mengatasi Sulit Tidur/Foto: Freepik.com/freepik

Teh chamomile telah lama dikenal memiliki efek menenangkan dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Minum teh chamomile secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan menyiapkan tubuh untuk tidur yang lebih nyenyak.

3. Teh Peppermint untuk Mengurangi Kegelisahan

5 Minuman yang Bisa Membantumu Mengatasi Sulit Tidur/Foto: Pexels/Hasan Albari

Selain membantu pencernaan, teh peppermint juga dapat meredakan kegelisahan dan membantu tubuh bersiap untuk tidur. Minum teh peppermint di malam hari dapat membantu kita merasa lebih rileks dan nyaman sebelum tidur.


4. Susu Hangat untuk Kebiasaan Tidur yang Menenangkan

5 Minuman yang Bisa Membantumu Mengatasi Sulit Tidur/Foto: Pexels/Alexas Fotos

Minum susu hangat sebelum tidur bukan hanya membuat kita merasa nyaman, tetapi juga dapat membantu meningkatkan jam tidur. Susu mengandung triptofan, yang membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin yang bertugas untuk mengatur siklus tidur kita.

5. Smoothie Pisang-Almond untuk Relaksasi Tubuh

5 Minuman yang Bisa Membantumu Mengatasi Sulit Tidur/Foto: Pexels/Laura

Smoothie yang menggabungkan pisang dan susu almond tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan magnesium dan melatonin. Nutrisi ini membantu tubuh untuk rileks sehingga tidur kita akan terasa lebih nyenyak.

Mengonsumsi minuman-minuman ini sebagai bagian dari rutinitas tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita secara alami. Cobalah untuk mengonsumsi salah satu dari minuman tersebut sebelum tidur secara bergantian untuk membantu tubuh lebih rileks dan lebih mudah memasuki fase tidur.

Minum minuman ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merawat kesehatan kita secara menyeluruh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *