Berita

Kamu Mungkin Belum Sadar, Tapi 3 Pertanyaan Ini Sebenarnya Nggak Sopan untuk Ditanyakan! Apa Saja?

×

Kamu Mungkin Belum Sadar, Tapi 3 Pertanyaan Ini Sebenarnya Nggak Sopan untuk Ditanyakan! Apa Saja?

Share this article


‘Malu bertanya, sesat di jalan’ mungkin merupakan sebuah peribahasa yang sering kamu dengar, bukan? Nyatanya, bertanya merupakan satu-satunya jalan bagimu untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan dari orang lain.

Namun, kebanyakan orang tidak menyadari adanya etika bertanya dan salah menilai kedekatannya dengan orang lain sehingga mengajukan pertanyaan yang nggak sopan. Kalau kamu belum tahu, coba, deh, periksa daftar pertanyaan yang sebenarnya nggak sopan untuk diajukan kepada orang lain, dilansir dari Best Life berikut ini!

Kapan Nikah?




Ilustrasi/Foto: freepik

Banyak yang beranggapan bahwa menikah adalah tujuan utama kehidupan seseorang setelah cukup dewasa. Hal ini membuat banyak orang juga yang beranggapan menanyakan soal kapan nikah sebagai suatu kewajaran.

Sayangnya, pertanyaan ini masuk dalam kategori infasif alias ikut campur banget. Pertanyaan ini membutuhkan jawaban kompleks mengenai prinsip seseorang yang membuat mereka tidak segera menikah dan hampir semua orang nggak akan nyaman menjelaskan prinsip pribadinya kepadamu.

Kapan Punya Anak?




Ilustrasi mengobrolIlustrasi/ Foto: Freepik/zinkevych

Pertanyaan ini sama nggak sopannya dengan pertanyaan di poin sebelumnya, malah lebih buruk. Sebelum menanyakan hal ini, kamu harus terlebih dahulu sadar bahwa kamu tidak akan bisa memahami peta perjalanan kehidupan seseorang, terutama apa yang mereka rencanakan dalam rumah tangganya.

Saat kamu melontarkan pertanyaan ini, kamu bisa saja menyinggung perasaan mereka. Alasan orang tidak memiliki anak bisa karena masalah kesuburan, pasca mengalami keguguran dan belum pulih—atau bahkan tidak bisa menjalani kehamilan berikutnya, belum siap secara mental dan finansial, serta banyak alasan personal lainnya. Masih merasa pertanyaan ini sopan untuk ditanyakan?

Kenapa Belum Punya Pasangan?
Ilustrasi mengobrol dengan bestie/ foto : freepik

Ilustrasi/Foto: freepik

Pertanyaan ini mungkin masih dalam kategori ‘aman’ dalam sudut pandang etika berbicara dibandingkan pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Kamu bisa saja menanyakannya karena kamu penasaran mengapa seseorang yang terlihat cantik, tampan, atau mapan masih memutuskan untuk sendiri.

Beberapa orang bisa memahami bahwa kamu tidak bermaksud buruk, tetapi bagi beberapa orang menjelaskan alasannya masih sendiri sama saja dengan membuka borok atau kekurangannya sendiri. Pertanyaan ini juga biasanya mengandung tendensi yang menempatkan status jomblo sebagai suatu kesalahan dan mencoba untuk memberi nasihat-nasihat demi memperbaikinya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *