Berita

Kritik dan Dukungan di Balik Pesta Besar Pernikahan Radhika Merchant-Anant Ambani

×

Kritik dan Dukungan di Balik Pesta Besar Pernikahan Radhika Merchant-Anant Ambani

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Pernikahan Anant Ambani – putra orang terkaya di India, miliarder Mukesh Ambani, tidak akan pernah menjadi urusan yang sederhana. Kekayaan sang industrialis diperkirakan mencapai $120 miliar.

Selama bertahun-tahun, keluarga Ambani tidak segan-segan memamerkan uangnya secara berlebihan, baik untuk membeli rumah termahal di dunia – sebuah rumah pencakar langit 27 lantai yang menjulang di atas Mumbai – atau di tempat yang sebelumnya milik India. 

Bagi keluarga Ambani, perayaan selama berbulan-bulan hingga hari pernikahan putra bungsunya, Anant Ambani yang berusia 29 tahun, dengan Radhika Merchant, putri seorang taipan farmasi, telah melampaui imajinasi terliar sekalipun. Dalam hal kemewahan, ada tampilan kekayaan dan stamina yang mencolok.

Peristiwa ini telah mendominasi berita utama, di India dan global, selama berbulan-bulan. Perkiraan mengatakan pesta pernikahan selama lima bulan kemungkinan menelan biaya lebih dari $600 juta, senilai Rp 10 triliun – jumlah yang menggiurkan dan hanya menyumbang 0,5 persen dari kekayaan Ambani.

(dari kiri) Radhika Merchant dan Anant Ambani. Foto: Instagram

Upacara pernikahan sebenarnya berlangsung selama tiga hari di Mumbai, dimulai hari Jumat, 12 Juli 2024. Di media dalam negeri, yang secara obsesif memberitakan setiap hal kecil dari acara tersebut, kini sering disebut sebagai “pernikahan kerajaan India”. 

Sebuah pengakuan terhadap status kuat unik yang dimiliki keluarga Ambani, dengan semua orang mulai dari bintang Bollywood hingga selebritas di negara tersebut. Politisi yang kuat juga siap sedia menghadiri acara itu.

Mantan perdana menteri Boris Johnson dan Tony Blair terbang untuk hadir, sementara David dan Victoria Beckham juga ada dalam daftar tamu bersama bintang-bintang terbesar Bollywood seperti Shah Rukh Khan, Kim dan Khloe Kardashian.

Adele dikabarkan tampil dan ratusan pesawat pribadi telah disewa untuk mendatangkan tamu dari seluruh negeri.

Di antara warga Mumbai yang terpesona oleh kemegahan tersebut adalah Kareema Sethi, 26, yang menantang hujan dengan harapan bisa melihat beberapa tamu terkenal lewat. “Orang-orang berbicara tentang pernikahan besar di India, tapi belum pernah ada hal seperti ini sebelumnya, dengan begitu banyak selebritas besar yang datang dari seluruh dunia,” katanya. “Rasanya seperti Oscar dan pernikahan kerajaan di saat yang bersamaan. Sungguh menakjubkan bagi dunia untuk sekali ini melihat sisi budaya India yang kaya, dan bukan sekedar tempat kemiskinan.”

Leher Kala, seorang kolumnis tentang masyarakat dan budaya untuk Indian Express, menyamakannya dengan tontonan megah keluarga kerajaan India di masa lalu, ketika para penguasa negara-negara pangeran mengadakan pesta pernikahan besar-besaran untuk memamerkan dan berbagi kekayaan mereka dengan kerajaan.

“Ini merupakan tontonan yang gila, sebuah pernyataan bahwa suku Ambani telah tiba: tidak hanya di India tetapi juga secara global,” kata Kala. “Mereka tampaknya ingin mengubah diri mereka menjadi Windsors of India.”

Dia mengatakan bahwa status Mukesh Ambani sebagai orang yang mandiri, yang tumbuh dari awalnya sederhana hingga menjadi kepala konglomerat bernilai miliaran dolar, memberi keluarga tersebut status unik di kalangan masyarakat, yang secara luas memandang mereka sebagai orang yang aspiratif meskipun ada tuduhan signifikan.

“Suku Ambani adalah satu-satunya keluarga yang bisa lolos dari konsumsi berlebihan dalam skala sebesar ini,” kata Kala. “Tidak ada orang lain di India yang memiliki kekuatan dan modal sosial seperti itu.”

Banyak yang mempertanyakan bagaimana pesta pora maraton selama lima bulan tidak membuat kedua mempelai – dan ribuan tamu mereka – kelelahan bahkan sebelum pernikahan akhir pekan ini dimulai.

CEO Meta Mark Zuckerberg berpose bersama Anant Ambani, putra Mukesh Ambani, Ketua Reliance Industries, dan Radhika Merchant, putri industrialis Viren Merchant, saat perayaan pranikah mereka di Jamnagar, Gujarat, India, 2 Maret 2024. Reliance Industries/Handout via REUTERS

Pemanasan dimulai pada bulan Maret dengan pesta pranikah yang mengalahkan sebagian besar pernikahan selebriti. Rihanna dilaporkan dibayar $6 juta untuk melakukan konser pertamanya dalam hampir delapan tahun dan 1.200 tamu, termasuk Bill Gates, Hillary Clinton, Ivanka Trump dan Mark Zuckerberg. Mereka disuguhi pertunjukan cahaya yang menampilkan 5.500 drone dan pesta bertema hutan yang disertai dengan aturan berpakaian halaman.

Lalu ada pesta pernikahan yang dihadiri 800 tamu mengelilingi Mediterania pada bulan Mei, dengan biaya $150 juta, dengan penampilan dari Andrea Bocelli, Katy Perry, Backstreet Boys, dan Pitbull. Perayaan di dalam kapal begitu meriah sehingga penduduk setempat di kota Genoa, Italia, menelepon polisi karena kebisingan tersebut, dan kemarahan serupa juga dipicu oleh desa nelayan Portofino.

Pada acara sangeet minggu lalu – malam pranikah yang penuh dengan tarian dan musik – Justin Bieber diterbangkan ke Mumbai untuk tampil, dengan biaya yang dilaporkan sebesar $10 juta.

Justin Bieber (tengah) diundang untuk tampil di acara perayaan pranikah Anant Ambani dan Radhika Merchant di India pada Jumat, 5 Juli 2024. Foto: Instagram/@justinbieber

Sebuah ‘pernyataan status’

Upacara pernikahan berlangsung di pusat konvensi yang luas di Mumbai, yang telah diubah menyerupai jalan-jalan kuno yang berkelok-kelok dan ghats di Varanasi, lengkap dengan pengrajin lokal, kedai jajanan kaki lima, penjual gelang, dalang dan ahli nujum di mana para tamu dapat memperolehnya.

Yang membuat marah banyak warga Mumbai, polisi telah membatasi akses ke jalan-jalan di sekitar pusat konvensi selama tiga hari, dan menyatakannya sebagai “acara publik”.

Kemewahan pernikahan yang tidak dipalsukan oleh masyarakat telah menuai kritik dari beberapa orang, yang melihatnya sebagai tanda meningkatnya kesenjangan di India, di mana jumlah miliarder telah meningkat menjadi lebih dari 200 orang sementara kemiskinan masih merajalela. Menurut laporan baru-baru ini, 1 persen orang terkaya di negara ini memiliki lebih dari 40 persen kekayaan negara.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa pernikahan ini harus dirayakan, membawa perhatian internasional ke India dan memamerkan tradisi pernikahan besar India yang terbaik, yang tetap menjadi bagian penting dari budaya dan warisan negara tersebut. 

Laporan baru-baru ini oleh Jefferies, sebuah perusahaan perbankan investasi dan pasar modal, menemukan bahwa masyarakat India menghabiskan hampir dua kali lipat pengeluaran untuk pernikahan dibandingkan dengan pendidikan.

Mareesha Parikh, salah satu pendiri lembaga perencanaan pernikahan Swaaha Weddings di Mumbai, mengatakan keputusan suku Ambani untuk menggunakan pernikahan tersebut untuk menegaskan status dan kekuasaan mereka merupakan gejala dari tren yang lebih luas di India.

“Selama dekade terakhir, perubahan utama yang saya perhatikan adalah pernikahan berubah dari sekedar emosi menjadi pernyataan status,” kata Parikh. “Pernikahan kini menjadi platform terbesar bagi setiap pelaku bisnis, industrialis, dan siapa pun untuk membuat pernyataan kepada komunitasnya tentang betapa pentingnya hal tersebut.

“Ini bagus untuk industri kami karena ini berarti orang-orang melakukan investasi besar dalam perayaan. Dengan keluarga seperti Ambani, pernikahan ini dilakukan dalam skala internasional, sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya.”

Pilihan Editor: Shah Rukh Khan dan Ranveer Singh Pamer Souvenir Pernikahan dari Anant Ambani: Arloji Limited Edition Seharga Rp 3,8 Miliar

THE GUARDIAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *