Berita

Punya Cita Rasa Manis Gurih, 5 Jenis Bubur Khas Indonesia Ini Wajib Kamu Dicoba!

×

Punya Cita Rasa Manis Gurih, 5 Jenis Bubur Khas Indonesia Ini Wajib Kamu Dicoba!

Share this article


Bubur, salah satu jenis makanan yang tentunya tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang lezat, ditambah dengan aneka macam topping, membuat makanan satu ini disukai banyak kalangan.

Menurut sejarah, bubur sudah ada sejak zaman Kaisar Kuning atau Kaisar Xuanyuan Huangdi di China. Konsumsi bubur semakin meluas hingga tersebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki beragam kuliner di setiap daerah. Bahkan untuk makanan seperti bubur pun ada banyak jenisnya, dengan aneka macam rasa mulai dari asin, pedas hingga manis. Berikut sederet bubur khas Indonesia yang memiliki cita rasa manis dan wajib kamu coba, yuk kita simak bersama Beauties!

1. Jenang Sengkolo

Ilustrasi jenang sengkolo/Foto: freepik.com/ikarahma

Jenang Sengkolo atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan bubur merah putih merupakan jenis bubur yang berasal dari Jawa Timur. Hidangan ini terbuat dari campuran beras putih, santan, gula merah, daun pandan, daun salam dan juga garam.

Bubur ini umumnya sering disajikan masyarakat Jawa pada hari besar, maupun saat acara keagamaan.

2. Bubur Sumsum

Ilustrasi bubur sumsum/Foto: freepik.com/iwankrwn

Bubur yang berasal dari pulau Jawa ini memiliki cita rasa khas, yakni manis gurih, dan bertekstur sangat lembut. Mengutip dari laman situs warisanbudaya.kemdikbud.go.id, kata sumsum berasal dari warna bubur yang terlihat putih seperti tulang sumsum.

Bubur sumsum pada dasarnya terbuat dari tepung beras, santan, dan bahan lainnya yang dimasak secara bersamaan, kemudian disajikan dengan siraman gula merah. Bubur ini dapat dinikmati saat hangat maupun dingin dengan tambahan es batu. 

3. Bubur Bassang

Ilustrasi bubur bassang/Foto: istimewa detikfood

Makanan khas dari Sulawesi Selatan ini kehadirannya sudah mulai langka karena tergeser oleh banyaknya jenis makanan yang lebih kekinian.

Bubur bassang umumnya disantap sebagai menu sarapan. Bahan utamanya adalah biji jagung pulut atau jagung ketan khas Sulawesi. Bubur ini biasanya disajikan dengan tambahan gula pasir di atasnya sebagai pelengkap, atau bisa juga diberi variasi lain seperti parutan keju, meses, susu kental manis, dan juga susu bubuk cokelat.


4. Bubur Memek

Ilustrasi bubur memek/Foto: istimewa detikjabar/Agus Setyadi

Meskipun nama bubur yang satu ini terdengar menyeleneh, namun keberadaannya sudah ada sejak lama dan menjadi warisan budaya tak benda pada tahun 2019. Bubur ini terus diturunkan dari generasi ke generasi oleh masyarakat Simeulue, Aceh.

Melansir dari detikSumut, memek merupakan istilah yang berasal dari kata ‘mamemek’, artinya mengunyah beras. Konon nenek moyang di Aceh suka mengunyah beras ketan yang dicampur dengan pisang, sehingga muncul istilah ‘mamemek’.

Bubur ini memiliki cita rasa manis, terbuat dari beras ketan yang di sangrai, pisang, santan, garam serta gula. Teksturnya tidak begitu lembut, mirip seperti oatmeal.

5. Bubur Kampiun

Ilustrasi bubur kampiun/Foto: freepik.com/Edgunn

Kuliner khas Sumatera Barat ini kaya akan rasa dan juga tekstur, karena isinya sangat beragam. Dalam satu mangkuk bubur kampiun terdapat isian ketan putih, ketan hitam, bubur sumsum, bubur kacang hijau, kolak pisang atau kolak ubi, bubur mutiara, serta bubur candil. 

Untuk menambah cita rasa, bubur kampiun biasanya akan disiram dengan kuah santan dan gula merah.

Itulah 5 jenis bubur khas Indonesia yang memiliki cita rasa manis. Di antara 5 bubur itu, mana yang paling menggugah selera dan ingin kamu coba Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *