Berita

Sudah Tahu Belum? Ternyata Ini Batas Aman Konsumsi Telur dalam Seminggu!

×

Sudah Tahu Belum? Ternyata Ini Batas Aman Konsumsi Telur dalam Seminggu!

Share this article


Siapa di sini yang suka makan telur? Yes, telur adalah makanan yang praktis dan mudah diolah, Beauties! Se-simple goreng telur saja sudah dapat memberikan asupan gizi dan protein. Telur juga terjangkau dan mudah didapat di mana-mana. 

Beauties pernah kepikiran nggak, apakah ada batas asupan telur setiap harinya atau setiap minggu? Salah nggak ya kalau mengonsumsi telur tiap hari? Biar nggak bingung lagi, simak penjelasan di bawah ini ya, Beauties!

Manfaat telur

Ilustrasi olahan telur / Foto: Pexels.com/Jane Trang Doan

Tak dipungkiri, telur adalah sumber protein yang sehat dan disukai banyak orang. Ada banyak cara untuk mengolah telur menjadi sajian yang nikmat, bahkan digoreng maupun direbus saja sudah enak! Seperti yang Beauties ketahui, telur menyimpan banyak manfaat di dalamnya. 

Dilansir dari Medical News Today, telur mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, B, B12, D, yodium dan folat. Telur juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Telur mengandung kolesterol?

Ilustrasi kuning telur / Foto: Pexels.com/Klaus Nielsen

Sebelum membahas batas asupan telur setiap harinya, Beauties perlu tahu bahwa telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, beberapa orang menghindari konsumsi telur. Pun jika tetap mengonsumsi telur, mereka akan memilih putih telur saja. 

American Heart Association (AHA) mengklaim bahwa satu butir telur berukuran besar mengandung 186 miligram kolesterol, melansir Medical News Today. Bagi orang-orang yang sedang menjaga pola makan dan memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya menghindari kuning telur. Putih telur sendiri tidak mengandung kolesterol.

Namun, kuning telur sendiri mengandung manfaat yang baik untuk tubuh. Pada bagian telur ini mengandung zat besi, vitamin D, karotenoid, dan lainnya, dilansir dari Healthline. Jika seseorang dalam keadaan sehat, maka sebaiknya tetap mengonsumsi kuning telur.

Batas asupan telur dalam seminggu

Ilustrasi olahan telur / Foto: Pexels.com/Olia Gozha

Melansir dari Healthine, untuk orang dewasa sehat dengan kadar kolesterol normal dan tidak memiliki risiko penyakit jantung, satu hingga dua butir telur per hari, masih di batas asupan yang aman. Dalam seminggu, maka aman untuk mengonsumi 7 hingga 14 telur. 

Bahkan asupan satu telur per hari dapat menyehatkan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun, para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2 telur per harinya, agar tidak terjadi lonjakan kolesterol tiba-tiba dalam tubuh. 


Kesimpulan

Ilustrasi telur / Foto: Pexels.com/Andie Cumber

Telur mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Jadi Beauties, batas aman konsumsi telur per minggu berkisar 7 hingga 14 telur ya, dengan anggapan 1-2 telur per harinya. Tentu batas asupan ini dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan Beauties, beserta dengan pola diet dan risiko penyakit. 

Yuk, mulai konsumsi telur, Beauties!

______

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *