Berita

10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri, Jadi Pilihan Favorit Pelajar Indonesia!

×

10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri, Jadi Pilihan Favorit Pelajar Indonesia!

Share this article


Menuai banyak sorotan, Clash of Champions sebuah game show yang menampilkan kompetisi kecerdasan yang melibatkan puluhan mahasiswa berprestasi Indonesia dari berbagai universitas ternama, baik dalam negeri dan luar negeri.

Berkat game show tersebut, kini banyak generasi muda-mudi Indonesia yang termotivasi untuk belajar lebih giat agar bisa mengenyam pendidikan yang jauh lebih baik dan berkualitas, salah satunya dengan melanjutkan studi ke luar negeri.

Hanya saja biasanya studi di luar negeri tidaklah murah. Ada banyak biaya yang menjadi pertimbangan. Meski begitu, sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga pendidikan asal Swedia, Keystone Education, telah merilis daftar negara terbaik untuk kuliah di luar negeri pada tahun 2024.

Peringkat tersebut disusun berdasarkan beberapa indikator, di antaranya adalah kualitas pendidikan, prospek karier, budaya, gaya hidup, kesempatan belajar bahasa, dan peluang relasi. Nah, kira-kira negara mana saja yang cocok untuk melanjutkan kuliah di luar negeri? Simak!

1. Jerman

Jerman/ Foto: Unsplash.com/Christian Ladewig

Jerman menempati peringkat pertama sebagai negara terbaik untuk kuliah di luar negeri karena kualitas pembelajaran dan prospek untuk menunjang karier yang baik. Terlebih, negara ini menawarkan pengalaman belajar di beberapa universitas tertua di dunia.

Jerman memiliki sejumlah universitas terbaik di Eropa dan dunia, mulai dari Ludwig Maximilian University of Munich, Technische Universität München, dan Heidelberg University.

Menariknya, sistem pendidikan di Jerman mengharuskan mahasiswa menyelesaikan satu tahun praktek kerja dibidangnya sebelum lulus. Cara ini dilakukan untuk membantu mempersiapkan siswa agar bisa bekerja setelah lulus.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat/ Foto: Freepik.com/travelscape

Amerika Serikat menduduki peringkat kedua sebagai negara terbaik untuk mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri. Ada banyak universitas bergengsi dan sistem pendidikan yang berkembang dengan baik.

Sejumlah universitas terkenal di America Serikat di antaranya ada Harvard University, Stanford University, dan Yale University. Ketiga kampus tersebut berpeluang besar menerima mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di Negeri Paman Sam.

Selain kualitas pendidikan, budaya di Amerika Serikat sendiri menjadi salah satu yang patut untuk dijelajahi. Negara paling multikultural ini punya banyak subkultur dan sejarah yang menarik untuk dipelajari bagi siswa asing.

3. Inggris Raya

Inggris Raya/ Foto: Unsplash.com/Ukur Akdemir

Berada di urutan ketiga, Inggris merupakan rumah bagi sejumlah universitas terkemuka di dunia, sebut saja Cambridge University dan Oxford University.

Apabila kuliah di sana, mahasiswa tak hanya akan belajar di kampus saja, melainkan ada banyak tempat bersejarah dan museum yang bisa dikunjungi untuk menambah wawasan.

Inggris memiliki sistem pendidikan tinggi yang berkembang dengan baik. Selain itu, kampus-kampus di Inggris memberikan akses pendidikan yang mudah dan berkualitas kepada seluruh siswa internasional.

4. Australia

Australia/ Foto: Unsplash.com/Tyler Duston

Australia selalu menjadi negara favorit pelajar internasional di seluruh dunia. Dengan beragam universitas ternama, sistem pendidikan terbaik, pengembangan diri, dan prospek karier yang bagus membuat Australia bisa menjadi pertimbangkan pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

Di sisi lain, ada banyak tempat yang bisa dijelajahi oleh para pelajar yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan. Setidaknya ada sekitar 20 tempat yang dinobatkan sebagai UNESCO World Heritage di Negeri Kanguru, seperti Uluru-Kata Tjuta National Park, Tasmania Wilderness, dan lainnya.

Selain itu, Australia juga memiliki hutan hujan tertua, Daintree, dan berbagai tempat wisata pantai dengan pemandangan memukau.


5. Prancis

Prancis/ Foto: Unsplash.com/Leonhard Niederwimmer

Memilih Prancis sebagai negara tujuan untuk menimba ilmu, tentunya bukan hanya sekedar ingin melihat keindahan menara Eiffel yang ikonis saja.

Lebih dari itu, Prancis memiliki banyak universitas terbaik dan sekolah khusus untuk segala bidang. Mulai dari seni, arsitektur, bisnis, kedokteran, hingga fashion bisa menjadi jurusan kuliah terbaik di negara ini.

Prancis dianggap sebagai salah satu negara yang kaya dengan sejarah dunia, sehingga pelajar asing pun bisa menimba ilmu sambil healing di museum di sana. Dalam survei yang dilakukan oleh Keystone Education, Prancis memiliki keunggulan dalam aspek budaya dan gaya hidup yang menarik.

6. Kanada

Kanada/ Foto: Freepik.com/travelscape

Kanada menjadi salah satu negara favorit yang banyak dipilih pelajar internasional untuk melanjutkan studi. Negara yang terletak di Amerika Utara ini memiliki beragam hal menarik, penduduk yang ramah, dan sistem pendidikan berkualitas tinggi yang telah diakui di seluruh dunia.

Kanada menawarkan peluang pendidikan di segala bidang. Negara ini juga menjadi cara yang tepat bagi mahasiswa yang ingin mempelajari bahasa baru. Sebab, bahasa Inggris bukan satu-satunya bahasa yang digunakan secara luas di negara ini, namun juga Prancis.

Di sisi lain, Kanada turut menawarkan pemandangan danau berhutan, pantai berbatu, pegunungan bersalju, dan keindahan alam lainnya yang bisa membantu kamu untuk refreshing sejenak dari kegiatan kampus.

7. Spanyol

Spanyol/ Foto: Unsplash.com/Jorge Fernandez Salas

Negara Eropa satu ini terkenal dengan budayanya yang dinamis dan ramah bagi mahasiswa internasional. Pasalnya, ada banyak hal menarik dari sisi budaya dan peluang menjelajah yang bisa di eksplor.

Di sana, Beauties bisa mengunjungi berbagai museum dan spot sejarah untuk memperdalam ilmu pengetahuan. Selain itu, negara ini juga mempunyai beberapa universitas yang cukup tua dengan artsitektur bangunan yang luar biasa memukau.

Negara ini disebut sebagai ‘surga’ bagi mahasiswa seni, arsitektur, desain karena terdapat banyak karya-karya luar biasa milik seniman terkenal seperti Goya, Gaudi, Calatrava, dan Picasso yang bisa memberikan inspirasi.

8. Belanda

Belanda/ Foto: Unsplash.com/Ethan Hu

Belanda menjadi salah satu negara terbaik untuk melanjutkan kuliah di luar negeri bagi pelajar Indonesia. Negara ini dikenal memiliki banyak universitas terbaik, tentunya dengan biaya pendidikan yang terjangkau.

Salah satu keunggulan Belanda terdapat dalam hal efisiensi dan sustainabilitasnya, sehingga membuat penduduk merasa nyaman tinggal di negara ini. Terutama, bagi mahasiswa yang mempertimbangkan sisi kondusif untuk belajar dan lingkungan yang nyaman, maka negara Belanda bisa menjadi pertimbangan.

9. Swiss

Swiss/ Foto: Freepik.com/Oleksandr Ryzhkov

Negara yang terletak di tengah Eropa dan Pegunungan Alpen ini terkenal dengan keindahan alam yang menakjubkan. Selain pesona indahnya, Swiss menjadi salah satu negara tujuan populer untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Negara ini dikenal akan sistem pendidikan yang sangat baik, serta memiliki banyak universitas terkenal, seperti ETH Zurich, Glion dan Les Roche yang menduduki peringkat atas di dunia.

Bagi mahasiswa asing, Swiss juga menawarkan program yang memungkinkan lulusan internasional untuk mencari pekerjaan dan berkarier di negaranya.

10. Denmark

Denmark/ Foto: Freepik.com/wirestock

Denmark merupakan salah satu negara maju di benua Eropa yang dikenal dengan sistem dan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Sejak tahun 2020, Denmark termasuk ke dalam daftar negara terbaik untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Selain menawarkan keindahan alam dan pemandangan kota yang menakjubkan, Denmark juga dikenal dengan tingkat kriminalistanya yang rendah dan ramah untuk pekerja paruh waktu. Biaya pendidikan di sana juga relatif murah karena mayoritas ditanggung oleh pemerintah.

Yup, pemerintah Denmark sangat memprioritaskan pendidikan masyarakatnya, bahkan menggratiskan semua level pendidikan, tidak hanya bagi warga negaranya saja, tapi juga untuk warga asing dengan sejumlah persyaratan dan seleksi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *