Berita

6 Manfaat Rutin Olahraga Lari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

×

6 Manfaat Rutin Olahraga Lari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Share this article


Lari sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat belakangan ini. Tidak hanya dilakukan sendiri, olahraga lari sering juga dilakukan secara berkelompok dengan mengikuti sebuah komunitas.

Sebab itu, tidak heran jika akan semakin banyak orang yang mulai untuk menekuni olahraga ini. Bukan cuma karena menyenangkan, tapi banyaknya manfaat yang bisa dirasakan saat rajin lari. Ini dia manfaat kesehatan yang bisa dirasakan, baik untuk fisik maupun mental seperti yang dilansir dari Webmd:

  1. Rutin lari atau jogging selama 10 menit setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  2. Lari dapat meningkatkan kualitas tidur, tapi dianjurkan agar tidak lari sebelum tidur karena hormon endorfin yang dihasilkan tubuh justru akan membuat otak aktif
  3. Rutin lari mampu meningkatkan kesehatan lutut dan punggung sehingga mengurangi risiko sakit seiring bertambahnya usia
  4. Lari memberi dampak positif bagi otak, yakni meningkatkan daya ingat karena memengaruhi ukuran hipokampus (bagian dalam otak berperan sebagai penyimpan informasi baik jangka pendek maupun jangka panjang)
  5. Berlari selama 30 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu akan memengaruhi sistem imun tubuh, yakni mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan sebesar 43 persen berdasarkan studi
  6. Olahraga lari mampu meningkatkan mood dan konsentrasi seseorang sehingga memiliki kualitas hidup lebih baik


Kampanye FLY HUMAN FLY

HOKA Run Club/ Foto: Dok. HOKA

Nah dilatarbelakangi segudang manfaat lari sekaligus mendukung tren lari di masyarakat belakangan ini, brand HOKA luncurkan kampanye global bertajuk FLY HUMAN FLY lewat film anthem berjudul Bird’s Eye pada awal Juli 2024. Film ini mengisahkan burung yang terbang bersama pelari jalan raya dan trail, menuruni puncak gunung hingga jalan di bawahnya. Sudut pandang burung yang berada di udara merupakan penggambaran semangat dan determinasi setiap pelari.

Dengan dirilisnya film Bird’s Eye, brand alas kaki dan pakaian olahraga tersebut berharap dapat mendorong fenomena meningkatnya pengadopsian olahraga lari dalam gaya hidup masyarakat Indonesia secara maksimal. Selain itu melalui kampanye ini, HOKA juga menghidupkan kembali asal-usul brand untuk merayakan performa penuh kebahagiaan dan menginspirasi pelari untuk “terbang”.

Beauties juga bisa ikut mengadopsi lari sebagai gaya hidup aktifmu. HOKA juga menyediakan berbagai kegiatan, seperti HOKA Run Club (HRC) yang rutin adakan sesi latihan bersama terbuka untuk umum. Di sana, kamu juga bisa berbagi pengalaman dan tips dengan para pelari lainnya. Seru, kan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *