Berita

Dear Orang Tua, Begini 5 Cara Memuji Anak yang Berdampak Positif

×

Dear Orang Tua, Begini 5 Cara Memuji Anak yang Berdampak Positif

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Mengasuh anak dengan penguatan positif adalah strategi yang efektif. Mengakui dan bereaksi positif terhadap tindakan atau pencapaian anak tidak hanya membantu mereka mempertahankan perilaku tersebut, tapi juga meningkatkan rasa harga diri dan memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Berikut beberapa cara memuji anak atas segala pencapaian yang dia raih.

1. Segera Puji Anak

Anak-anak yang mendapat pujian langsung akan lebih mampu menghubungkan tindakan mereka dengan penguatan positif.

Setiap kali Anda melihat anak Anda melakukan sesuatu dengan baik, berikan mereka pujian. Katakan sesuatu yang lebih detail daripada “Kerja bagus”, seperti “Aku suka caramu berbagi mainan dengan temanmu”.

2. Sentuhan Fisik

Pelukan, tos, dan tepukan di punggung adalah contoh kasih sayang fisik yang memperkuat ikatan emosional dan memberi anak rasa dicintai serta dihargai. Berikan pujian verbal dan fisik secara bersamaan. “Aku sangat bangga padamu karena telah membereskan kamarmu” yang dikombinasikan dengan pelukan dapat memberikan efek yang kuat.

3. Beri Hadiah atau Terapkan Sistem Penghargaan

Bagi balita, hadiah dapat menjadikan penguatan lebih konkret sebagai insentif tambahan untuk perilaku yang unggul. Sesekali, hadiahi perilaku baik dengan camilan kecil, waktu bermain ekstra, atau aktivitas khusus. Misalnya, “Karena kamu mengerjakan pekerjaan rumah tanpa diingatkan, kamu bisa memilih film untuk malam keluarga.”

Sistem penghargaan yang tersistematis, seperti poin atau bagan stiker, menawarkan sarana metodis dan visual untuk memantau dan memberi penghargaan atas perilaku yang sangat baik.

Buatlah bagan di mana anak Anda dapat menempelkan stiker atau titik di atasnya untuk menunjukkan perilaku yang baik. Ini kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah di lain waktu. Hal ini membantu pemahaman anak-anak mengenai dampak kumulatif dari perbuatan baik mereka.

4. Ceritakan Pencapaian Anak kepada Lingkungan Terdekat

Berbagi pencapaian anak Anda dengan orang lain akan membantu mereka merasa bahwa upaya mereka dihargai oleh lebih banyak orang dan mendorong perilaku yang baik. Beri tahu teman, guru, dan anggota keluarga lainnya tentang perilaku baik anak Anda saat berada di dekatnya.

Kebanggaan Anda terhadap anak bisa membuat mereka merasa lebih percaya diri. “Nenek, tahukah Anda kemampuan Alex dalam tes ejaan meningkat!”

5. Latih Anak Memuji Pencapaian Diri

Anak-anak yang diajar untuk menghargai dan mengakui perilaku positif mereka akan lebih mampu mengembangkan motivasi internal serta harga diri. Tanyakan pendapatnya tentang aktivitasnya setelah Anda memujinya. Dorong mereka untuk mengingat perbuatan baik mereka dan menunjukkan kebanggaan terhadap diri mereka sendiri. “Bagaimana perasaanmu membantu temanmu hari ini?”

Pilihan Editor: 3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua saat Balita Memukul

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *