Berita

Dekorasi Ruang Bisa Perbaiki Mood dan Bikin Produktif, Simak Penjelasannya Menurut Psikologi

×

Dekorasi Ruang Bisa Perbaiki Mood dan Bikin Produktif, Simak Penjelasannya Menurut Psikologi

Share this article


Hampir setiap hari, kamu mengisi waktu produktif dan menjalankan aktivitas di dalam sebuah ruangan. Pikiran dan perasaanmu pasti diisi dengan berbagai jenis emosi dan suasana hati yang sangat variatif.

Kadang Beauties mungkin merasa ada begitu banyak beban pekerjaan yang membuatmu jadi nggak termotivasi dan sulit untuk produktif. Belum lagi kalau kamu sedang merasa nggak baik-baik saja.

Ternyata terapi desain interior, dengan menjadikan ruangan tempatmu beraktivitas dan bekerja bisa jadi salah satu sarana untuk memperbaiki suasana hati dan pikiranmu, Beauties.

Dikutip dari situs Verywellmind, seorang desainer interior sekaligus terapis di bidang psikologi, Anita Yokota merekomendasikan kamu menata ruanganmu dan menghiasnya supaya dapat memperbaiki suasana hati kamu.

1. Hubungan antara Desain Interior dengan Suasana Hati dan Kualitas Hubungan





Hubungan Desain Ruang Kerja dengan Suasana Hati/Foto: Freepik.com/Prostooleh

Ketenangan dalam hal pikiran dan perasaan dapat diperoleh dari penataan ruangan yang tepat dan dapat memotivasimu dalam beraktivitas di sebuah ruangan. Di dalam ruangan, kamu tak hanya berinteraksi dengan pekerjaanmu, tapi kamu juga berinteraksi dengan orang lain, seperti keluarga, teman, maupun rekan kerja sekali pun itu dilakukan secara daring. Beauties dapat lebih tenang jika dapat memilih kreasi penataan dengan rancangan yang tepat, pilihan warna, serta dekorasi yang pas atau tidak berlebihan.

Contohnya, pilihan warna putih, cream, dan beige sangat direkomendasikan untuk membantu kamu yang bekerja di ruangan yang tergolong cukup sempit. Jadi, meski harus berkarya di tengah ruangan yang tidak luas, kamu tetap dapat bermain dengan imajinasimu.

Selain itu, kamu juga dapat mendekorasi ruanganmu dengan sentuhan warna biru agar beberapa revisi dan permintaan klien yang mungkin membuatmu kewalahan dapat membuat pikiranmu lebih tenang. Sebab penelitian membuktikan, warna biru efektif memberikan rasa tenang.

2. Warna Sejuk untuk Ciptakan Pikiran yang Santai

Warna Sejuk untuk Ciptakan Pikiran yang Santai/ Foto: Freepik.com/Freepik

Interior bernuansa lebih sejuk terbukti sukses untuk menghasilkan perasaan yang lebih tenang dan memberikan kesan lebih luas. Penelitian menyebutkan bahwa mayoritas orang cenderung senang dengan berbagai warna sejuk seperti cyan, hijau, dan biru. Berbagai warna tersebut terbukti sukses memberikan efek yang mampu menenangkan pikiran, seperti saat sedang menenangkan diri di sebuah pemandian air panas atau menikmati fasilitas spa.

Misalnya saja, hari itu Beauties sedang merasa sulit untuk menemukan ide-ide baru, padahal ada klien yang menunggu revisi dari hasil kerjamu. Tentu di satu sisi kamu merasa dikejar-kejar oleh waktu, tapi di sisi lain kamu perlu memperbaiki kualitas kerjamu. Maka dengan melihat berbagai warna yang menenangkan dapat membuat kamu tetap fokus dan tenang menyelesaikan pekerjaanmu hingga tuntas.


3. Ciptakan Produktivitas Lewat Dekorasi Tanaman Hias

Ciptakan Produktivitas Lewat Dekorasi Tanaman Hias/Foto: Freepik.com/EyeEm

Kerap kali warna hijau dapat menciptakan suasana positif. Warna hijau yang didapat dari tanaman-tanaman kecil sebagai hiasan menunjukkan bahwa adanya pertanda atau simbol dari kehidupan. Ini berarti kehidupan adalah sesuatu yang harus terus bergerak maju, berkembang, dan menuju perubahan yang lebih baik.

Ibarat sebuah tanaman yang akan berkembang dan tumbuh, sama halnya dengan produktivitas dalam pekerjaan atau aktivitas yang kamu lakukan saat ini, Beauties. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Yokota, diperoleh berbagai hasil atau temuan bahwa warna hijau dari tanaman mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus dalam bekerja.

4. Ruangan Cerah Bantu Cegah Kecemasan

Ruangan Cerah Bantu Cegah Kecemasan/Foto: Freepik.com/Freepik

Penelitian yang dilakukan oleh Yokota membuktikan bahwa sinar matahari atau pencahayaan alami dari luar ternyata terbukti mampu mengurangi kecemasan. Hadirnya cahaya yang cukup dapat membantu pikiranmu lebih santai, sehingga saat pikiranmu tenang, kreativitas dan imajinasimu dapat bermain dengan lebih lancar.

Sekali pun kamu berhadapan dengan masalah, kamu dapat meminimalisir pikiran negatif yang berkejaran di dalam pikiranmu, sehingga siap membantumu untuk tercegah dari depresi.

Oke, Beauties berikut tadi berbagai tips yang dapat membuatmu lebih semangat dan produktif dalam bekerja untuk menjadikan ruanganmu sebagai teman untuk menemani lahirnya ide-ide kreatif yang kamu punya. Selamat mencoba, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *