Berita

Kata Ahli Saraf, Olahraga Unik Ini Bisa Menjaga Otak Tetap Sehat dan Tajam, Cukup Lakukan di Rumah!

×

Kata Ahli Saraf, Olahraga Unik Ini Bisa Menjaga Otak Tetap Sehat dan Tajam, Cukup Lakukan di Rumah!

Share this article


Ada sederet cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, salah satunya dengan memperbanyak aktivitas fisik atau berolahraga. 

Dr. Wendy Suzuki seorang ahli saraf dan dekan NYU College of Arts and Science dalam sebuah episode seri MasterClass membagikan cara untuk menjaga kesehatan otak. Salah satunya dengan berolahraga!

Seperti berjalan kaki 10 menit sehari ternyata efektif untuk meningkatkan mood. Di samping itu, ternyata Suzuki memiliki olahraga rutin yang jauh berbeda dibandingkan dengan kebanyakan olahraga lainnya, yakni dengan menekuni IntenSati

“Saya melakukan olahraga dari rumah dengan latihan yang luar biasa ini, namanya IntenSati,” ujar Suzuki. 

Lantas, apa itu olahraga IntenSati yang bisa menjaga otak tetap sehat?

Mengenal Olahraga ‘IntenSati’ untuk Menjaga Otak Sehat

Ilustrasi olahraga/Foto: Freepik.com

Melansir CNBC, “Inten” berasal dari kata niat dan “Sati” adalah kata Pali yang berarti perhatian atau kewaspadaan. 

Cara melakukan olahraga ini adalah dengan menggerakkan tubuh sambil mengucapkan afirmasi dengan suara keras. 

Suzuki mengungkapkan, lewat ucapan afirmasi positif dengan lantang ini berdampak pada pandangan hidup dan suasana hati secara keseluruhan. 

Melansir laman resmi IntenSati.com, olahraga ini dibuat tahun 2002 oleh Patricia Moreno. IntenSati adalah metode olahraga, mantra, dan meditasi untuk membangkitkan pikiran, tubuh, dan jiwa serta melatih kita untuk menjadi pengamat pikirian dan memilih pikiran yang kuat dan positif. 

“Latihan ini memadukan gerakan kardio berenergi tinggi dengan mantra emosi tinggi yang akan membuatmu bersemangat, terhubung, dan kuat,” menurut situs resmi intenSati.

Olahraga ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah lho, Beauties! Laman YouTube IntenSati membagikan sederet konten workout yang bisa kamu ikuti. 





Ilustrasi olahraga / Foto: Pexels.com/Andrea PiacquadioIlustrasi olahraga / Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lebih lanjut, sebuah studi tahun 2022 yang meneliti informasi kesehatan lebih dari 500.00 orang menemukan mereka yang rutin olahraga, mengalami penurunan risiko terkena demensia sebesar 35%. Lalu, melakukan pekerjaan rumah dapat menurunkan risiko sebesar 21%. 

“Setiap tetes keringat berarti bagi otakmu,” pungkas Suzuki. 

Nah, untukmu yang ingin olahraga penuh semangat dan membangkitkan mood, bisa mencoba olahraga IntenSati di rumah, Beauties. Namun, variasi olahraga lain bisa tetap kamu lakukan kok, karena dapat menjaga otak tetap sehat. Yuk lebih sehat lagi!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *