Berita

Untuk Penderita PCOS, Berikut 12 Tips Alami Agar Hamil

×

Untuk Penderita PCOS, Berikut 12 Tips Alami Agar Hamil

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Wanita dengan Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS bisa hamil namun  membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil dan lebih mungkin membutuhkan perawatan kesuburan dibandingkan wanita tanpa PCOS.

PCOS adalah ketidakseimbangan hormon di mana ovarium Anda memproduksi kelebihan hormon yang disebut androgen, menurut Amy Wetter, dokter obstetri dan ginekologi di Pediatrix Medical Group di Atlanta, Georgia. PCOS dialami 10-20 persen wanita usia subur.

Namun pada PCOS, karena ketidakseimbangan hormon, khususnya peningkatan kadar androgen (hormon pria) dan insulin, proses kehamilan bisa terganggu. Ovarium mungkin tidak melepaskan sel telur secara teratur, atau sel telur mungkin tidak matang sepenuhnya, sehingga menyebabkan kesulitan untuk hamil.

Kebanyakan wanita dengan PCOS dapat hamil dengan manajemen gaya hidup dan perawatan kesuburan yang tepat. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda hamil secara alami jika Anda menderita PCOS:

1. Makan makanan sehat yang kaya buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, kacang-kacangan dan lentil.

2. Hindari makan lemak tidak sehat, lemak trans,  dandaging merah.

3. Perbanyak asupan yang mengandung Omega-3 dari kenari, biji-bijian, dan ikan.

4. Hindari karbohidrat sederhana seperti olahan tepung putih, nasi putih, makanan manis.

5. Perbanyak asupan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan sayuran.

6. Perbanyak asupan serat dan air.

7. Pertahankan siklus tidur yang sehat, hindari larut malam meningkatkan profil hormonal dan metabolisme Anda.

8. Kurangi tingkat stres sehari-hari dengan menggunakan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi.

9. Olahraga teratur tingkat sedang, seperti jalan cepat atau berenang, dapat membantu mengatur berat badan dan meningkatkan keseimbangan hormon. Usahakan untuk melakukan olahraga sedang selama 30 menit sebanyak 5 kali seminggu.

10. Jika Anda mengalami obesitas, menurunkan 10 persen berat badan Anda dapat membantu memulihkan ovulasi yang teratur dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

11. Seimbangkan kadar gula darah dan insulin dengan bantuan pola makan, olahraga, dan obat-obatan.

12. Lacak siklus menstruasi secara teratur untuk mengetahui kapan Anda sedang berovulasi.

Anda juga perlu berhubungan intim dua hari sekali menjelang waktu ovulasi agar bisa hamil. Alat ovulasi mudah tersedia di pasaran yang dapat membantu Anda melacak ovulasi.

Jika Anda sudah mencoba pembuahan alami selama 12 bulan tanpa hasil atau usia Anda sudah lebih dari 35 tahun. atau menstruasi anda sangat tidak teratur, maka Anda memerlukan pertolongan medis untuk mempunyai momongan.

Perawatan medis lini pertama adalah induksi ovulasi melalui tablet atau suntikan untuk merangsang ovarium melepaskan sel telur yang dapat dibuahi, baik selama hubungan seksual atau melalui inseminasi intra-uterin (IUI).

Jika cara ini tidak berhasil, mungkin ada alasan lain mengapa kehamilan tidak dapat dicapai dan perawatan yang lebih invasif seperti IVF mungkin diperlukan.

Semoga tips alami agar penderita PCOS bisa hamil bisa membantu.

Pilihan Editor: Ketahui Gejala Awal PCOS yang Dapat Menyebabkan Munculnya Diabetes

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *