Berita

7 Gelar Kuliah yang Menunjang Karier dan Prospek Kerja lebih Fleksibel

×

7 Gelar Kuliah yang Menunjang Karier dan Prospek Kerja lebih Fleksibel

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta Ketika memutuskan untuk mengejar gelar kuliah, hal ini mungkin cukup menantang bagi penentuan prospek kerja, Bagaimanapun, ini adalah keputusan besar dalam hidup yang melibatkan banyak usaha, waktu, dan uang.

Selain itu, gelar yang Anda pilih berpotensi membuka (dan menutup) seluruh jalur karier. Sehingga menjadikannya tidak hanya mengasyikkan tetapi juga sedikit menakutkan saat mengambil keputusan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjadi serba bisa dan tajam dalam pasar kerja saat ini.

Hal ini tidak hanya membuat industri ini lebih menonjol dibandingkan industri sejenis, namun juga karena fakta bahwa suatu industri dapat dengan mudah bangkit namun juga bisa runtuh tergantung pada kondisi dan permintaan ekonomi, seperti kondisi pandemi COVID-19 baru-baru ini.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga diri sendiri dan mempersiapkan perjalanan karier Anda karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dan bagaimana minat Anda berpotensi berkembang. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengejar gelar yang fleksibel.

Dengan beragam kursus yang dinamis dan serbaguna di luar sana, Anda akan dapat menemukan gelar fleksibel yang sesuai untuk karier pilihan Anda. Hari ini, kami mengeksplorasi berbagai gelar yang dapat membantu Anda memasuki dan memajukan karier Anda di banyak industri.

 7 Gelar Kuliah Ini Menunjang Karier dan Prospek Kerja lebih Fleksibel

1. Manajemen Bisnis

Jika Anda ingin mengejar karir di industri bisnis tetapi tidak memiliki bidang spesifik yang ingin Anda kuasai, Manajemen Bisnis adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Ini adalah gelar fleksibel yang memungkinkan Anda menjelajahi berbagai bidang dalam industri bisnis termasuk manajemen proyek, sumber daya manusia, analisis data, pengambilan keputusan keuangan dan logistik, antara lain.

Oleh karena itu, Anda akan dibekali dengan keterampilan yang dapat diterapkan pada berbagai peran, baik sebagai pemilik bisnis atau jika Anda bekerja di perusahaan dengan posisi seperti perbankan, keuangan, pemasaran, layanan pelanggan, dan banyak lagi.

2. Ilmu Komputer

Di dunia saat ini yang didorong oleh teknologi, memiliki gelar di bidang Ilmu Komputer akan membantu Anda tetap relevan dan mempersiapkan karier Anda di masa depan.

Selain itu, ini juga memberi Anda fleksibilitas untuk menjalankan peran di bidang intelijen bisnis, pengembangan web, pengembangan perangkat lunak, dan pemrograman, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, mengejar gelar ilmu komputer tidak berarti Anda hanya bisa bekerja di bidang teknologi atau perangkat lunak. Saat Anda belajar berpikir secara logis dan terstruktur selama kursus, keterampilan ini dapat diterapkan pada peran lain yang melibatkan pemecahan masalah dan data.

3. Engineering

Baik itu bidang kedirgantaraan, lingkungan, mekanik atau biomedis, setiap gelar Teknik memiliki fokus pada perancangan dan pembangunan sesuatu.

Sepanjang kursus Anda, Anda akan memperoleh keterampilan analitis, belajar berkomunikasi dan membuat rencana secara efektif serta membekali diri Anda dengan pengetahuan teknis yang diperlukan untuk pekerjaan Anda di masa depan.

Meskipun beberapa lulusan teknik akhirnya mengejar karir di bidangnya, hal itu tidak serta merta membuat Anda keberatan jika memilih jalur ini. Hal ini karena keterampilan dan kompetensi yang Anda kembangkan melalui studi Anda akan membuat Anda menarik bagi pemberi kerja di sektor lain termasuk layanan publik, keuangan, konsultasi dan banyak lagi.

Ketika Anda berpikir tentang gelar Keuangan, Anda mungkin membayangkan para bankir berpakaian bagus bekerja di Wall Street. Namun, bidang studi ini sebenarnya sangat serbaguna karena bisnis di hampir setiap industri memerlukan bantuan orang dalam perencanaan keuangan.

Dengan fokus pada matematika dan ekonomi, kursus keuangan Anda akan mencakup aspek keuangan dalam menjalankan bisnis, strategi investasi, praktik terbaik perencanaan keuangan, dan banyak lagi. Baik Anda nantinya bekerja untuk bisnis keluarga kecil atau perusahaan global, pemahaman Anda tentang dasar-dasar keuangan akan menjadi aset besar.

5. Komunikasi

Seperti namanya, gelar Komunikasi akan mempertajam keterampilan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dan menyampaikan informasi dalam bisnis atau khalayak ramai – baik melalui iklan halte bus, artikel online, atau presentasi verbal.

Meskipun cenderung dipandang sebagai gelar yang samar-samar, hal ini sebenarnya membuka pintu ke berbagai jalur untuk karir masa depan Anda di industri media dan seterusnya.

Harapkan untuk mendalami bidang-bidang seperti teknologi media, metode penelitian, hubungan masyarakat, komunikasi korporat, jurnalisme, dan banyak lagi selama kursus Anda.

6. Hukum

Hukum adalah gelar lain yang memberi kesan bahwa hukum hanya membawa Anda ke satu pekerjaan tertentu – dalam hal ini, pengacara.

Namun, ada pula lulusan hukum yang tidak mengejar karir di bidang hukum dan malah memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam peran lain di berbagai industri, mulai dari pendidikan hingga real estat.

Beberapa keterampilan utama yang dapat Anda kembangkan sebagai lulusan hukum meliputi pemikiran kritis, berbicara di depan umum, penalaran logis, dan komunikasi.

7. Pemasaran

Terlepas dari apa yang dilakukan perusahaan – menawarkan layanan, menjual produk, atau mempromosikan acara – ada tuntutan untuk menjangkau audiens yang tepat dan menyampaikan pesan yang tepat kepada mereka.

Di sinilah gelar Pemasaran Anda akan berguna, karena gelar tersebut membangun landasan Anda dalam menemukan dan terhubung dengan audiens yang relevan

Namun, sebagai lulusan pemasaran, ini bukan satu-satunya jalur karier yang tersedia karena Anda dapat memasuki pekerjaan yang melibatkan analisis digital, riset pasar, dan penjualan.

Pilihan Editor: Prospek Kerja bagi Mahasiswa Lulusan Biologi Murni, dari Analis hingga Ekolog

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *