Berita

Bikin Nggak Pede! Ketahui Penyebab Kaki Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya

×

Bikin Nggak Pede! Ketahui Penyebab Kaki Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya

Share this article


Kulit kaki kering dan pecah-pecah merupakan masalah umum yang biasa terjadi. Namun, bagi sebagian orang terutama perempuan hal itu akan mengganggu dan membuatmu kurang merasa pede. Terlebih lagi ketika kamu menggunakan sandal yang memperlihatkan bagian tumit.

Semua orang pasti menginginkan kaki yang sehat, lembap, dan mulus tanpa adanya kulit kering dan pecah-pecah. Melansir Very Well Health, berikut penyebab dan cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa kamu lakukan di rumah.

Penyebab & Faktor Risiko

Ilustrasi Kaki/Foto: freepik.com/fabrikasimf

Kaki pecah-pecah terjadi karena area kaki kering serta kurangnya kelembapan pada kulit. Kaki kering juga dikenal sebagai xerosis. Biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan seperti cuaca dingin, panas dan lembap pada area sepatu, dan iritasi dari penggunaan beberapa jenis sabun tertentu.

Ada juga faktor lain yang memengaruhi mulai dari kebiasaan merokok, mandi air panas terlalu lama, penuaan, jarang menggunakan kaus kaki saat mengenakan sepatu, dan obesitas.

Timbulnya gesekan pada kulit kering membuat kaki kamu menjadi kapalan. Jika dibiarkan, seiring berjalannya waktu kondisi pecah-pecah pada kulit akan semakin dalam dan membuat bagian tumit terasa nyeri.


Gejala

Ilustrasi Sakit kaki/Foto: freepik.com/freepik

Selain mengetahui penyebab kulit pecah-pecah pada area tumit. Kamu juga harus mengetahui gejala yang terjadi seperti berikut:

  • Rasa nyeri dan tidak nyaman pada saat berdiri
  • Kulit terkelupas
  • Gatal
  • Timbulnya ruam
Cara Mengatasi

Ilustrasi Merawat kaki/Foto: freepik.com/jcomp

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit pecah-pecah pada tumit. Gunakan salep atau krim yang mengandung AHA (membantu mengelupas sel kulit mati dan mempertahankan kelembapan), lanolin, dan krim urea.

Melakukan pedikur di rumah dengan cara merendam kaki dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit, lakukan scrub untuk mengangkat sel mati, gunakan foot file untuk mengelupas kulit mati pada area kasar tumit, dan oleskan pelembap pada kakimu. Kamu juga bisa rutin memakai petroleum jelly seperti Vaseline lalu tutupi dengan kaus kaki berbahan katun dan biarkan semalaman.

Jika kondisi kakimu semakin memburuk alangkah baiknya untuk berkonsultasi langsung pada dokter kulit ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *