Berita

Ini 5 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!

×

Ini 5 Suku Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!

Share this article


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini membuat banyak suku mulai terbuka dengan dunia modern. Namun, ada pula sejumlah suku yang hingga kini cenderung bersikap agresif terhadap dunia luar. 

Mereka juga kerap melakukan ritual kontroversial atas dasar mempertahankan tradisi. Hal itulah yang kemudian membuat suku-suku ini dianggap sebagai suku paling berbahaya di dunia hingga pemerintah mengeluarkan larangan resmi untuk mengunjunginya.

Salah satu suku paling berbahaya tersebut pun ada yang berasal dari Indonesia lho, Beauties. Penasaran apa saja? Dilansir dari Tricky Travellers, simak informasinya berikut ini. 

1. Suku Karibia

Suku Karibia/ Foto: Pirates of Caribbean

Suku yang berasal dari Kepulauan Karibia di daerah Amerika Selatan ini dikenal sebagai pejuang yang ganas. Mereka sering melakukan penyerangan terhadap suku-suku lain untuk memperluas wilayah dan mendapat tawanan. Seperti namanya, suku Karibia atau yang juga kerap disebut Karib terkenal dalam sejarah sebagai kanibal, yaitu orang-orang yang mengonsumsi daging manusia. 

Mereka konon menjadi kelompok orang pertama di dunia yang melakukan kanibalisme sebelum akhirnya menyebar ke berbagai belahan dunia. Beberapa sumber sejarah mencatat bahwa mereka memakan daging musuh yang mereka tangkap sebagai bagian dari ritual keagamaan atau untuk menunjukkan dominasinya.

2. Suku Aztek

Suku Aztek/ Foto: CBC

Suku Aztek juga diklaim sebagai suku paling kejam yang pernah ada dalam sejarah. Suku yang terletak di Meksiko ini dikenal melakukan praktik pengorbanan manusia dalam upacara keagamaannya. Manusia yang dikorbankan adalah tahanan perang. Kabarnya, mereka mengiris jantung korban saat masih hidup dan memasak tubuhnya untuk dijadikan daging. 

Hal itu dilakukan setiap bulan purnama dan hari-hari tertentu dalam kalender ritualnya. Mereka berpikir bahwa tindakan tersebut akan menghibur matahari dan bulan, yang mereka akui sebagai dewa. Tradisi yang sangat kontroversial ini pun membuat suku Aztek juga dianggap sebagai salah satu suku paling berbahaya di dunia. 

3. Suku Mascho Piro

Suku Mascho Piro/ Foto: Survival International

Suku Mashco Piro tinggal di wilayah hutan hujan Amazon di Peru. Mereka hidup dalam kelompok kecil dan berpindah-pindah di dalam hutan. Memilih untuk mengisolasi diri membuat mereka sangat sensitif terhadap orang luar. 

Suku Mashco Piro bahkan memusuhi orang luar yang mencoba memasuki wilayahnya. Beberapa insiden penyerangan terhadap penebang kayu, turis, dan penduduk lokal pun sempat terjadi. Mereka menggunakan panah dan berbagai senjata tradisional untuk melindungi wilayahnya. Hal itu akhirnya menciptakan ketegangan bagi masyarakat dan komunitas yang hidup di sekitarnya. 


4. Suku Sentinel

Suku Sentinel/ Foto: History Enhanced

Suku Sentinel mungkin dapat dinobatkan sebagai suku terasing paling agresif yang pernah ada. Mereka mendiami Pulau Sentinel Utara, salah satu bagian Kepulauan Andaman di Samudra Hindia. Mereka pun secara aktif menentang semua kontak dengan orang luar. 

Tak main-main, penduduk suku Sentinel nekat menyerang bahkan membunuh siapa pun yang berusaha mendekat. Hal inilah yang membuat Pemerintah India secara tegas mengeluarkan aturan tentang larangan berkunjung ke Pulau Sentinel Utara. 

5. Suku Korowai

Suku Korowai/ Foto: Daily Mail

Suku Korowai yang terletak di pedalaman Papua, Indonesia ternyata juga masuk dalam daftar suku paling berbahaya di dunia lho, Beauties. Pasalnya, mereka memiliki sejarah panjang dalam praktik kanibalisme. Meskipun tradisi tersebut kini perlahan ditinggalkan, tapi sebuah laporan menyatakan bahwa ritual kanibalisme merupakan bagian dari sistem kepercayaannya. 

Hal itu terutama sebagai bentuk hukuman terhadap mereka yang diduga sebagai penyihir atau musuh. Terlepas dari itu, suku yang biasanya hidup dengan membangun rumah pohon ini sangat menghindari interaksi dengan dunia luar. Terkadang, mereka menunjukkan sikap agresif bahkan melakukan kekerasan terhadap orang asing yang mencoba mendekati atau masuk ke wilayahnya. 

Jadi, itulah sejumlah suku paling berbahaya di dunia. Suku mana yang bikin kamu paling ngeri, Beauties? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *