Berita

Kenapa Pisang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Alpukat? Ternyata Ini Alasannya…

×

Kenapa Pisang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Alpukat? Ternyata Ini Alasannya…

Share this article


Pisang, salah satu buah yang mudah ditemukan di sekitar kita. Nutrisi yang ada dalam buah pisang mampu mencegah sembelit serta meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus.

Laman Healthline menuliskan, mengonsumsi satu buah pisang per hari akan memberikan 12 persen kebutuhan harian vitamin C, 10 persen kebutuhan harian kalium, dan 8 persen kebutuhan harian magnesium dalam tubuh.

Meski mengandung banyak nutrisi, buah pisang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu. Contohnya? Buah alpukat. Lho, kenapa? Bukankah dua-duanya kaya akan nutrisi?

Pisang dan Alpukat: Sama-sama Tinggi Kalium, Picu Hiperkalemia

Pisang dan alpukat sama-sama mengandung tinggi kalium/foto: pexels.com/Lisa A

Pisang dan alpukat kerap disebut sebagai buah dengan sumber kalium yang baik.

Merujuk data yang dihimpun FoodData Central, dalam 1 cup pisang yang telah dipotong-potong dengan berat 150 gram mengandung 537 mg kalium. Sementara buah alpukat yang telah diiris dengan takaran 146 mg sebesar 708 mg kalium.

Lantaran keduanya tinggi kalium, pisang dan alpukat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Apalagi jika dalam jumlah banyak. Mengapa? Tubuh dapat kelebihan kalium yang bisa menyebabkan hiperkalemia.

Hiperkalemia adalah kondisi di mana kadar kalium dalam darah tinggi. Kadar kalium yang tinggi memengaruhi 40 sampai 50 persen penderita penyakit ginjal kronis. Penyebab umum penyakit ginjal stadium lanjut adalah hiperkalemia, mengutip Healthline.

Terlalu banyak kalium dalam darah juga dapat merusak jantung, membuat jantung berdebar-debar hingga menyebabkan serangan jantung.


Berapa Sih Jumlah Kalium yang Dibutuhkan Tubuh Per Harinya?

Asupan harian kalium bagi perempuan dewasa adalah 2.600 mg/foto: pexels.com/Vanessa Loring

American Heart Association (AHA) merekomendasikan asupan harian kalium orang dewasa adalah 3.400 mg untuk laki-laki dan 2.600 mg untuk perempuan. Rekomendasi ini akan berubah seiring masa kehamilan dan menyusui.

Guna mencegah atau mengatasi tekanan darah yang tinggi, AHA merekomendasikan sekitar 3.500 mg sampai 5.000 mg kalium per hari.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *