Berita

5 Kebiasaan Sederhana untuk Bantu Turunkan Hormon ‘Stres’ dan Mengendalikannya

×

5 Kebiasaan Sederhana untuk Bantu Turunkan Hormon ‘Stres’ dan Mengendalikannya

Share this article


Manusia memiliki hormon stres yang dikenal sebagai kortisol. Hormon stres ini berperan penting dalam merespons stres biologis kita. Diproduksi oleh kelenjar adrenal, kortisol membantu untuk mengatur metabolisme, mengurangi peradangan, membantu formulasi memori, dan mengelola stres.

Meski begitu, kortisol yang berlebih bisa membahayakan kesehatan fisik dan mental kita. Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dinilai bisa membantu menurunkan kortisol dan mengendalikan stres kita. Berikut 5 di antaranya seperti yang telah dilansir dari Real Simple.

1. Tidur yang Cukup





Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk pengaturan kortisol yang tepat. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang cukup adalah 7-9 jam per malam.

Kurang tidur bisa menimbulkan konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk kemampuan kita dalam mengelola dan mengatur stres. Penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur berhubungan dengan peningkatan aktivasi poros hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yang merupakan sistem respons stres utama kita.

2. Olahraga Secara Teratur




Deretan kebiasaan untuk mengendalikan stres
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Olahraga secara teratur adalah obat penghilang stres yang ampuh karena olahraga bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur, serta mendorong pelepasan hormon bahagia seperti serotonin dan endorfin. Disarankan untuk berolahraga selama 30 menit per hari, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan seperti joging.

3. Berlatih Teknik Relaksasi

Deretan kebiasaan untuk mengendalikan stres/Foto: Freepik.com/jcomp

Latihan pernapasan dalam atau relaksasi otot progresif bisa membantu menurunkan kadar kortisol secara signifikan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Meditasi, yoga, dan tai chi juga termasuk teknik relaksasi yang membawa kamu keluar dari mode stres dan beralih ke mode istirahat, serta bisa membantu dalam penurunan tekanan darah.


4. Melakukan Hobi yang Disukai




Deretan kebiasaan untuk mengendalikan stres
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/tan4ikk

Kita tidak selalu bisa mengendalikan faktor stres dalam hidup, tapi kita bisa melakukan hobi yang menenangkan untuk membantu mengalihkan perhatian kita dengan cara yang sehat dan meningkatkan suasana hati untuk mengatur reaksi dan mengatasi stres. T

erapi seni juga bisa menjadi pengalih perhatian yang sehat untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi kadar kortisol, dan menurunkan gejala depresi.

5. Memelihara Hubungan yang Sehat

Deretan kebiasaan untuk mengendalikan stres/Foto: Freepik.com

Hubungan sosial yang kuat sangat penting untuk melawan stres. Jika orang-orang di sekitar kita membuat kita merasa tidak nyaman atau tidak mendukung kita, lepaskan mereka atau cari cara untuk menetapkan batasan yang sehat demi menjaga kesejahteraan mental. Peliharalah hubungan dengan orang-orang terkasih karena kita memiliki kekuatan untuk memilih orang-orang di sekitar kita.

Hormon stres sangat penting dan mendukung berbagai fungsi tubuh yang kita perlukan untuk bertahan hidup dan berkembang. Stres adalah respons biologis yang normal dan bagian dari kehidupan, jadi kita tidak perlu khawatir jika mengalaminya sesekali.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *