Berita

Apa Saja Keuntungan Belanja di ShopTokopedia Mall?

×

Apa Saja Keuntungan Belanja di ShopTokopedia Mall?

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, JakartaShopTokopedia Mall resmi diluncurkan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024. Ini merupakan salah satu langkah melanjutkan sinergi positif antara Tokopedia dan ShopTokopedia.

Menurut Senior Director of Ecommerce Shop | Tokopedia, Stephanie Susilo, melalui ShopTokopedia Mall dapat membantu pelaku usaha di Indonesia melakukan ekspansi dan eskalasi bisnis sekaligus meningkatkan kepercayaan serta kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi daring.

“Di Tokopedia, misalnya pada kategori produk Fashion, sejumlah pelaku usaha mengalami rata-rata peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat setelah menjadi Official Store. Hal tersebut melatarbelakangi ShopTokopedia meluncurkan ShopTokopedia Mall,” kata Stephanie dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024.

Lantas apa saja keuntungan atau benefit ShopTokopedia Mall untuk penjual maupun pembeli? Yuk, kita telusuri bersama.

Menurut Stephanie, penjual di ShopTokopedia yang berstatus ‘Mall’ bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan visibilitas toko atau produk lewat sederet keuntungan antara lain mendapatkan badge khusus ‘Mall’ yang bisa menaikkan kepercayaan pembeli,  pengelolaan toko/produk yang lebih eksklusif, dan voucher pengiriman spesial.

“Penjual bisa menikmati solusi pemasaran yang lebih komprehensif untuk mendapatkan eksposur yang lebih tinggi, dengan hadir di berbagai posisi strategis pada consumer purchase journey seperti di banner utama, atau mengikuti berbagai kampanye ekslusif salah satunya promo tanggal kembar,” ucap Stephanie.

Data internal ShopTokopedia menunjukkan bahwa sepanjang semester I 2024, penjual berstatus ‘Mall’ mengalami pertumbuhan bisnis hingga tiga kali lipat lebih tinggi.

Adapun riset dari Toluna di SEA pada tahun 2023 mengungkapkan bahwa 87 persen pengguna lebih memilih berbelanja dari toko yang bersertifikasi resmi. Sebanyak 81 persen pengguna juga bersedia membayar lebih demi rasa aman yang lebih tinggi dengan berbelanja melalui toko resmi.

Dari sisi pembeli, lewat ShopTokopedia Mall, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan jaminan 100 persen asli, gratis ongkos kirim (ongkir), dan gratis 15 hari pengembalian.

Cara mengakses ShopTokopedia Mall cukup tiga langkah, dimulai dengan membuka aplikasi TIkTok, klik ShopTokopedia, lalu Klik ‘Mall’. 

Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia Hasilkan Dampak Positif

Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat ada kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform. Di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023. Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024.

“Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menghasilkan berbagai dampak positif. Peningkatan jumlah penjual di masing-masing platform membuat Tokopedia dan ShopTokopedia saat ini terdiri atas lebih dari 21 juta penjual. Hal ini memungkinkan masyarakat mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik,” ucap Stephanie.

Menurut hasil survei MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menarik lebih banyak pengguna loyal. Tercatat 79 persen pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia dan 77 persen pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia.

Alasannya yaitu pengguna ingin merasakan berbagai fitur inovatif sekaligus pengalaman baru berbelanja online.

Berdasarkan data internal Tokopedia maupun ShopTokopedia, berbagai kampanye kolaborasi antara dua platform juga berhasil meningkatkan transaksi para penjual. Misalnya, kampanye Ramadan Ekstra Seru membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79 persen, Promo Guncang 5.5 meningkatkan transaksi sebesar lebih dari 66 persen, dan Promo Guncang 6.6 membuat transaksi naik lebih dari 72 persen.

Pilihan Editor: Hari Perempuan Sedunia, Simak Kisah 3 Pengusaha Wanita Brand Lokal

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *