Berita

Hindari 4 Pemicu Asam Lambung Naik di Malam Hari, Apa Saja?

×

Hindari 4 Pemicu Asam Lambung Naik di Malam Hari, Apa Saja?

Share this article


Naiknya asam lambung merupakan gangguan kesehatan yang dapat dialami banyak orang. Penyakit yang satu ini biasanya disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang kurang baik.

Naiknya asam lambung dapat terjadi di pagi maupun malam hari. Jika kamu sering menderitanya di malam hari, hindarilah 4 hal di bawah ini. Apa saja?

1. Langsung Tidur Setelah Makan

Langsung tidur setelah makan/Foto: Freepik/diana.grytsku

Kebiasaan tidur setelah makan bisa menyebabkan asam lambung naik dan memicu sakit maag. Ini karena saat tidur atau berbaring, makanan yang ada dalam lambung akan menekan katup yang berada di antara lambung dan kerongkongan bagian bawah.

Hal inilah yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga memicu nyeri atau sakit. Demikian yang dilansir dari detikHealth.

2. Mengonsumsi Makanan Pemicu Maag

Mengonsumsi makanan pemicu maag/Foto: Pexels/ROCKERZZZ FYP

Beberapa jenis makanan dapat memicu maag kambuh di malam hari. Biasanya, makanan berlemak, pedas, atau asam dapat memicu asam lambung naik sehingga menyebabkan maag kambuh.

Selain makanan, usahakan untuk menghindari pula mengonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein, dan alkohol ya, Beauties.

3. Menggunakan Pakaian yang Ketat

Menggunakan pakaian yang ketat/Foto: Freepik/benzoix

Masih mengutip dari detikHealth, pakaian ketat bisa memberikan tekanan pada perut, sehingga heartburn lebih mungkin terjadi. Jadi, usahakan selalu untuk menggunakan pakaian yang longgar.


4. Ngemil di Malam Hari

Ngemil di malam hari/Foto: Pexels/icon0

Makan di waktu terlalu malam juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Butuh waktu bagi makanan untuk melewati lambung dan masuk lebih jauh ke dalam sistem pencernaan.

Seseorang yang suka makanan dekat dengan waktu tidur kemungkinan bisa mengalami heartburn. Oleh karenanya, usahakan makan terakhir setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *