Berita

Kisah Yukio Hatoyama, Pejabat Jepang yang Mundur dari Jabatannya Gegara Gagal Penuhi Janji saat Kampanye

×

Kisah Yukio Hatoyama, Pejabat Jepang yang Mundur dari Jabatannya Gegara Gagal Penuhi Janji saat Kampanye

Share this article


Gembar-gembor janji ini itu saat kampanye, tapi apakah benar nyatanya? Seringkali dalam dunia politik, calon pemimpin mengatakan akan mencetuskan gebrakan baru setelah terpilih. Namun sayangnya, tidak semua menepatinya.  

Beauties, tau sosok Yukio Hatoyama? Dia adalah mantan perdana menteri Jepang yang memerintah kurang dari sembilan bulan. Setelah ditelusuri, Yukio Hatoyama berhenti sebagai perdana menteri karena gagal memenuhi janjinya saat kampanye.

Hmm, janji apa sih yang dilanggar Yukio Hatoyama hingga dia harus melepas jabatannya? Dan ternyata, keluarga pria asal Tokyo ini juga tidak jauh dari dunia politik!

Yukio Hatoyama, Keturunan Politikus!

Yukio Hatoyama/foto: instagram.com/theworldsdf

Yukio Hatoyama lahir di Tokyo pada 11 Februari 1947. Dirinya berasal dari dinasti politik Jepang yang terus mengiprahkan diri di pemerintahan.

Kakek Yukio Hatoyama yang bernama Ichiro Hatoyama merupakan perdana menteri Jepang periode 1954-1956. Lalu ayahnya, Lichiro Hatoyama adalah mantan menteri luar negeri Jepang (1976-1977) dan adik laki-lakinya, Kunio, menjadi menteri kehakiman masa 2007-2008.

Ibunya bernama Yasuko Hatoyama, putri pendiri perusahaan ban Bridgestone. Dirinya dijuluki ‘Godmother’ yang memiliki pengaruh besar terhadap politik dan bisnis keluarga.

Kiprah Yukio Hatoyama dalam Dunia Politik
Yukio Hatoyama terlahir dari keluarga politikus/foto: instagram.com/qqz35masamune

Yukio Hatoyama/foto: instagram.com/qqz35masamune

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Yukio Hatoyama adalah mantan perdana menteri Negeri Sakura era 2009-2010 dengan partainya, DPJ (Democratic Party of Japan). Dulu dia berhasil memenangkan pemilu pada Agustus 2009 dan resmi dilantik menjadi perdana menteri pada 16 September 2009.

Kejayaan Yukio Hatoyama sebagai perdana menteri redup setelah dinyatakan ingkar atas janjinya saat kampanye. Tepat 4 Juni 2010, dia mengundurkan diri dari jabatannya.

Sebelum berkuasa sebagai perdana menteri, pria satu ini telah mengalami berbagai gejolak di dunia politik. LDP (Liberal Democratic Party) menjadi partai pertama yang mengajarkan dirinya tentang politik pemerintahan. Kala itu, dia menggantikan kursi ayahnya di parlemen dari wilayah Hokkaido.

Tahun 1993, Yukio akhirnya meninggalkan partai LDP sebagai bentuk kekecewaan terhadap lemahnya respon LDP dalam skandal korupsi.

Setelah lepas dari LDP, pria berusia 77 tahun ini bergabung dengan DPJ sampai akhirnya mendapat kepercayaan sebagai pemimpin partai tersebut. Diketahui, Yukio Hatoyama memimpin DPJ sejak 1999-2002 dan 2009-2010, melansir Britannica.


Ingkar Janji! Yukio Hatoyama Akhirnya Lengser dari Jabatan Perdana Menteri Jepang

Yukio Hatoyama berjanji memindahkan basis militer AS yang ada di Okinawa tapi gagal/foto: instagram.com/jinmoxxx

Rupanya Yukio Hatoyama menjadi perdana menteri Jepang keempat yang melepas jabatannya setelah berkuasa kurang dari setahun. Tindakan apa yang telah dilakukan perdana menteri ini hingga membuatnya lengser?

Saat masa kampanye, Yukio Hatoyama berjanji akan memindahkan pangkalan militer Amerika Serikat yang ada di Okinawa yaitu Futenma ke pulau lain.

Masyarakat di pulau Okinawa menolak keras keberadaan Futenma karena hanya menimbulkan kebisingan aktivitas, kecelakaan militer di pangkalan, hingga kejahatan yang dilakukan sejumlah prajurit terhadap penduduk setempat.

Faktanya bagaimana, terealisasikah? Tidak. Yukio Hatoyama justru hanya memindahkan lokasi Futenma ke distrik Henoko yang masih berada dalam wilayah Okinawa. Keputusan tersebut dikaitkan dengan adanya tekanan dari AS.

Pemindahan Futenma kala itu menimbulkan pro dan kontra terutama masyarakat Okinawa. Sebuah jajak pendapat yang dihimpun Mainichi melaporkan bahwa sebanyak 53 persen orang menginginkan Yukio Hatoyama mundur dari pemerintahan.

Selain kasus Futenma, Yukio Hatoyama lengser karena skandal pendanaan politik yang melibatkannya dan sekretaris jendral DPJ, Ichiro Ozawa.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *