Berita

Mengulik Manfaat dan Efek Samping PHA untuk Kulit

×

Mengulik Manfaat dan Efek Samping PHA untuk Kulit

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Ada beragam asam dalam perawatan kulit yang memiliki peran berbeda untuk setiap jenis kulit, termasuk asam poli-hidroksi atau polyhydroxy acid (PHA). Ini merupakan asam generasi baru dengan sederet manfaat untuk kulit. 

PHA termasuk dalam keluarga AHA. Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan AHA yang lebih umum seperti asam glikolat dan laktat. Contoh PHA adalah asam laktobionat dan glukonolakton.

“Intinya, manfaat PHA sama dengan AHA,” kata Ee Ting Ng, ahli kimia kosmetik dan ahli biologi molekuler dikutip dari laman Byrdie.

Karena strukturnya yang lebih besar, PHA tidak menembus terlalu dalam ke dalam kulit melainkan bekerja pada lapisan luar kulit. PHA cenderung kurang sensitif dan lebih lembut dibandingkan dengan exfoliant kimia lainnya.

Manfaat PHA untuk Kulit

1. Cocok untuk kulit sensitif

Menurut Chang, PHA jauh lebih lembut di kulit karena memiliki ukuran molekul yang lebih besar. Itu berarti PHA membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerapnya dengan benar, dan PHA tidak akan pernah mencapai kedalaman seperti AHA biasa.

PHA mungkin merupakan alternatif yang baik pada pasien dengan kulit sensitif, termasuk penderita rosacea dan eksim, yang tidak dapat menoleransi AHA dan BHA.

2. Tidak menyebabkan iritasi

Jenis kulit sensitif seharusnya dapat mengaplikasikan PHA dengan sedikit atau tanpa rasa perih atau iritasi.

3. Menjaga hidrasi kulit

PHA adalah humektan artinya mempertahankan cadangan kelembapan dan berkontribusi pada kulit yang paling bersinar.

4. Anti-inflamasi

Asam-asam ini mungkin terkenal karena sifat pengelupasan kulitnya, tetapi asam ini juga memiliki banyak sifat anti peradangan atau inflamasi dan antioksidan.

5. Melawan glikasi

PHA memerangi glikasi, suatu proses yang melemahkan kolagen dan elastin di kulit Anda.

Efek Samping PHA

Kabar baiknya adalah PHA tidak memiliki efek samping. Alih-alih masuk jauh ke dalam kulit Anda, kandungan ini dengan lembut membersihkan kotoran yang menempel di atasnya. Itu sebabnya PHA disukai, dan bahannya mudah digunakan. Namun, bahan ini masih bersifat asam, jadi jika Anda memiliki kulit sensitif, lakukan uji tempel terlebih dahulu.

Jenis Kulit yang Cocok Pakai PHA

PHA dapat digunakan pada semua jenis kulit, dari kering hingga berminyak, juga kulit sensitif.

“PHA adalah salah satu exfoliant kimia yang paling dapat ditoleransi dan dapat digunakan oleh hampir semua orang. Meskipun demikian saya selalu menyarankan untuk memulai penggunaan sedikit demi sedikit untuk memantau alergi, dan menghindari area kulit yang rusak,” kata dokter kulit Rachel Nazarian.

Dia juga menambahkan bahwa pemilik kulit rentan berjerawat juga perlu berhati-hati terhadap iritasi.

Cara Penggunaan PHA

PHA digunakan dalam banyak produk dan beberapa cara berbeda. PHA paling baik digunakan dalam produk yang dibiarkan di kulit dalam waktu lama agar memiliki waktu yang cukup untuk melonggarkan ikatan antara epidermi atau sel kulit terluar. 

PHA dapat dimasukkan ke dalam jenis produk apa pun termasuk eksfolian cair, toner, masker, atau pelembap.

Selain itu, banyak solusi AHA yang mengandung PHA untuk membersihkan kotoran di permukaan yang terlewatkan oleh AHA. Terkadang, PHA ditambahkan sebagai faktor eksfoliasi tambahan pada produk non-eksfoliasi sehingga sel-sel kulit mati tersapu dan khasiat produk—biasanya serum—dapat terlihat. 

PHA juga mungkin merupakan asam yang paling serbaguna, yang berarti dapat dikombinasikan dengan banyak pengobatan lainnya.

PHA dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain atau prosedur dermatologis untuk memberikan manfaat tambahan pada terapi. PHA juga bisa dikombinasikan dengan retinoid ketika mengobati jerawat atau photoaging.

Tak cuma itu, PHA dapat digunakan bersama dengan hidrokuinon untuk memperbaiki pigmentasi kulit dan penuaan. PHA dapat juga digunakan setelah prosedur kosmetik, seperti laser dan mikrodermabrasi, namun sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Pilihan Editor: BHA Baik untuk Kulit Berminyak, Simak Manfaat dan Efek Sampingnya

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *