Berita

Deretan Acara Menarik Sambut Hari Kebaya Nasional 2024, Pertama Kali Diperingati!

×

Deretan Acara Menarik Sambut Hari Kebaya Nasional 2024, Pertama Kali Diperingati!

Share this article


Tanggal 24 Juli telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Hari Kebaya Nasional. Penetapan tersebut juga sudah tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Ada 3 alasan dalam penetapannya, yaitu: a) Kebaya sebagai aset budaya, b) Nilai sejarah ketika Presiden ke-1 RI Soekarno menghadiri Kongres Wanita Indonesia X, di mana semua peserta yang hadir memakai kain kebaya, c) Hari Kebaya Nasional bukan hari libur.

Dalam menyambut Hari Kebaya Nasional yang akan diperingati pertama kalinya tahun 2024 ini, tentunya sederet acara menarik telah dipersiapkan dan bisa diikuti oleh seluruh perempuan Indonesia. Apa saja ya, Beauties?

1. Parade Kebaya Nusantara

Parade Kebaya Nusantara/Foto: instagram.com/officialharikebayanasional

Dalam rangka perayaan Hari Kebaya Nasional dan Hari Anak Nasional, Tim Nasional Kebaya sebagai pengusul Hari Kebaya Nasional mengadakan Parade Kebaya Nusantara dengan tema “Ekspresi Ceria Aku dan Ibu”. Parade ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juli 2024 mulai pukul 06.30 WIB di Gerbang Gelora Bung Karno samping FX Mall Sudirman.

Parade Kebaya Nusantara akan dihadiri oleh Bintang Puspayoga selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lana Koentjoro Ketua Timnas Kebaya, dan Lenny Agustin seorang Fashion Designer. Parade ini juga akan serentak diadakan di 8 kota besar di Indonesia, seperti Aceh, Medan, Makassar, Lampung, Surabaya, Nusa Tenggara Barat, dan lain-lain.

2. Peringatan Hari Kebaya Nasional

Peringatan Hari Kebaya Nasional/Foto: instagram.com/harikebayanasional

Peringatan Hari Kebaya Nasional pertama yang merupakan kerjasama antara Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Komunitas Kebaya akan diselenggarakan pada hari Rabu, 24 Juli 2024.

Acara ini mengundang 7.000 peserta perempuan untuk memperingati Hari Kebaya Nasional bersama di Istora Senayan, Jakarta. Jl. Pintu Satu Senayan No.1, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Rangkaian acara terdiri dari lomba berkebaya, parade kebaya, pameran budaya, webinar & talkshow, podcast SAPA & KEMENPPPA, KOWANI Expo, dan KOWANI Awards. Jangan lupa untuk mengenakan kebaya terbaikmu, Beauties!

3. Rangkaian Acara Menyambut Hari Kebaya Nasional

Rangkaian Acara Menyambut Hari Kebaya Nasional/Foto: instagram.com/harikebayanasional

Sebelum acara puncak pada 24 Juli nanti, serangkaian acara telah digelar dalam menyambut Hari Kebaya Nasional pertama. Rangkaian acara tersebut sudah digelar sejak bulan Juni lalu, seperti Peragaan Busana KOWANI dan Komunitas Kebaya yang dilaksanakan di Anjungan Sarinah, Jakarta.

Acara Flashmob CFD Poco-Poco Berkebaya juga sukses digelar pada 14 Juli lalu di Bundaran HI dengan dihadiri ribuan perempuan berkebaya dari banyak organisasi dan komunitas dalam menyambut Hari Kebaya Nasional.

4. Kebaya Fest 2024

Kebaya Fest 2024/Foto: instagram.com/andienmusic

Kebaya Fest 2024 Kebaya Wicara oleh Didiet Maulana sekaligus peluncuran lagu Kebaya Indonesia sebagai lagu yang diciptakan khusus untuk Hari Kebaya Nasional dinyanyikan oleh 5 wanita (Andine, Rieka Roeslan, Yuni Shara, Iga Mawarni, dan Nina Tamam).

Acara ini akan dilaksanakan di Pos Bloc Jakarta pada tanggal 28 Juli 2024 pukul 15.30 WIB. Kebaya Fest 2024 diselenggarakan secara gratis dengan tempat terbatas.

Itulah deretan acara menarik di Hari Kebaya Nasional yang akan diselenggarakan pertama kalinya. Menarik banget untuk ikut berkebaya dan hadir ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *