Berita

6 Moda Transportasi Umum Paling Canggih di Dunia, Ada Monorail Terbalik di Jepang!

×

6 Moda Transportasi Umum Paling Canggih di Dunia, Ada Monorail Terbalik di Jepang!

Share this article


Seiring berjalannya waktu, bukan hanya teknologi saja yang semakin canggih. Sarana dan prasarana seperti transportasi umum juga kian berkembang demi menciptakan moda transportasi dan fasilitas yang akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam berkegiatan.

Hadirnya layanan transportasi umum yang efisien dan merata menjadi kunci utama dari pergerakan orang-orang di perkotaan yang serba cepat. Transportasi umum juga dapat membuat pusat kota tetap ramai dan mampu mengurangi kemacetan.

Dari sekian banyak transportasi umum, beberapa di antaranya disebut sebagai yang paling canggih di dunia. Penasaran seperti apa kecanggihan moda transportasi tersebut? Melansir dari Tomorrow’s World Today, berikut daftar lengkapnya. Simak!

1. Mass Rapid Transit (MRT)

Mass Rapid Transit (MRT)/ Foto: Unsplash.com/Kristian Tandjung

Beauties tentunya sudah tidak asing lagi dengan moda transportasi umum satu ini kan? Yup, Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta ternyata sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu, loh.

Di Singapura sendiri, MRT telah menjadi angkutan cepat yang paling diandalkan oleh penduduknya. Jaringan MRT di sana tersebar luas dan mencakup enam jalur yang membentang sekitar 200 km.

Selain itu, sistem MRT dilengkapi dengan jaringan bus komprehensif dengan memastikan konektivitas tanpa batas di seluruh wilayah Singapura. Layanan bus tersedia dengan jalur khusus untuk memprioritaskan pergerakan masyarakat di jam sibuk.

So, nggak heran kalau jaringan MRT Singapura merupakan salah satu yang terbaik dan tercanggih di dunia.

2. Shinkansen

Shinkansen/ Foto: Unsplash.com/Fikri Rasyid

Kereta Peluru atau yang dikenal dengan Shinkansen merupakan kereta cepat pertama di dunia yang dikembangkan oleh Jepang pada tahun 1964. Kereta cepat ini menawarkan perjalanan dengan kecepatan mencapai 300 km per jam dan ketepatan waktunya.

Shinkansen menjadi salah satu simbol teknologi transportasi Jepang yang paling ikonik. Selain itu, kereta ini juga menjadi contoh keberhasilan Jepang dalam bidang transportasi, khususnya perkeretaapian modern.

Kecepatannya yang luar biasa membuatnya sangat diandalkan oleh orang Jepang karena masyarakat bisa berpergian antar kota dengan mudah dan durasi waktu yang lebih singkat dibanding transportasi umum lainnya.

3. Tokyo No Kaba

Tokyo No Kaba/ Foto: MOTA

Berbicara soal kecanggihan dan teknologi maju, Jepang pastinya berada di garda terdepan dengan beragam inovasi menarik nan ajaib termasuk pada moda transportasi umum. Salah satu yang menarik perhatian adalah bus amfibi satu ini. Yup, seperti namanya, bus ini bisa beroperasi di darat maupun air, loh.

Bus yang diberi nama “Tokyo No Kaba” atau “Tokyo’s Hippo” ini merupakan salah satu kecanggihan transportasi umum di Jepang. Bus sepanjang 12 meter ini bisa mengangkut sekitar 20 orang.

Penasaran ingin mencobanya? Beauties bisa berkunjung ke Aqua City di Odaiba.  Bus ini akan mengantarkan wisatawan mengelilingi bangunan-bangunan yang ada di Odaiba. Setelah mengelilingi daerah daratan, bus akan menuju perairan melalui Rainbow Bridge yang membentang di Teluk Tokyo. Wah, seru banget ya, Beauties!

4. Trem

Trem/ Foto: Pixabay.com/gerarddm

Banyak ditemukan di negara-negara Eropa, Trem merupakan salah satu moda transportasi umum tercanggih yang ada di dunia. Kehadiran jalur trem yang membentang di sepanjang jalan tentunya membawa perubahan sosial di masyarakat.

Kendaraan umum ini memudahkan mobilitas dan aksesbilitas masyarakat karena menjangkau hampir ke seluruh bagian kota dengan halte-halte yang tersebar di beberapa titik, terutama di dekat tempat wisata.

Bentuk dan tampilannya pun kian modern. Trem dianggap sangat efisien oleh masyarakat karems layanannya tersedia setidaknya 20 jam sehari.

Tertarik untuk menaiki trem, Beauties bisa mencobanya di beberapa negara dengan sistem trem tercanggih di dunia seperti Amsterdam, Zurich, Finlandia, Jerman hingga Melbourne yang merupakan jaringan trem terbesar di dunia.


5. MTR Hong Kong

Mass Transit Railway/ Foto: N509FZ

Sebelum liburan ke Hong Kong, Beauties wajib mengetahui transportasi umum yang satu ini nih. Mass Transit Railway atau yang biasa disebut MTR merupakan salah satu sistem angkutan cepat di Hong Kong.

MTR menjadi salah satu transportasi umum paling populer yang ada di Hong Kong. Kebanyakan masyarakat memilih menggunakan moda transportasi ini karena kenyamanan dan ketepatan waktunya sehingga lebih efisien bagi masyarakat.

Kehadiran MTR sendiri diketahui sebagai bentuk upaya mengurangi emisi karbon dan meningkatkan keberlanjutan di masyarakat. Hingga kini, pemerintah setempat terus melakukan pengembangan di bidang teknologi sistem MTR dengan tujuan memberikan layanan agar lebih cepat dan lebih lancar bagi para penumpang.

6. Shonan Monorail

Shonan Monorail/ Foto: Flickr.com/deaks760

Jepang memang terkenal sebagai negara dengan teknologi yang sangat maju. Salah satu buktinya adalah monorel dengan rel yang teletak di bagian atas bak kereta menggantung sehingga yang melihatnya seperti terbalik.

Monorel menggantung ini bernama Shonan Monorail yang terletak di daerah Ofuna, Jepang. Monorel ini menghubungkan Ofuna dengan Enoshima. Selama perjalanan penumpang akan disajikan dengan pemandangan berupa perbukitan dan lembah yang memukau, serta suasana yang menyenangkan.

Shonan Monorail disebut sebagai salah satu alat transportasi tercepat menuju Enoshima. Tak hanya canggih, namun juga keamanan dan kenyamanan penumpang saat menaiki transportasi satu ini bisa terjamin.

Wah, sangat menarik untuk dicoba saat berlibur ke Jepang ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *