Berita

Ini Perbedaan Bedak Tabur dan Bedak Padat Menurut Penata Rias

×

Ini Perbedaan Bedak Tabur dan Bedak Padat Menurut Penata Rias

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Bedak salah satu produk kosmetik yang membantu menghasilkan riasan memukau dan tahan lama, baik Anda ingin tampil natural atau lebih dramatis. Ada dua jenis bedak yang umum dipakai kaum Hawa, yaitu bedak tabur (loose powder) dan bedak padat (pressed powder). Penggunaan keduanya tergantung pada jenis kulit dan hasil riasan yang diinginkan.

Untuk menyegarkan ingatan kita bersama, berikut perbedaan dan manfaat bedak tabur maupun bedak padat.

Apa Itu Bedak Tabur?

Bedak tabur adalah campuran bahan kosmetik kering, yang digiling sangat halus, artinya setiap bahan direduksi secara mekanis menjadi partikel kecil lalu dicampur, menurut penata rambut dan tata rias profesional Mar Groot.

Bedak tabur bisa saja mengandung minyak, namun jarang mengandung air. Komposisi bahan tersebut berdampak terhadap daya tahan dan umur simpannya yang lama.

“Sebagai seorang penata rias, bedak tabur bertahan paling lama di perlengkapan saya, meskipun saya menggunakannya pada hampir semua orang. Di kulit, bedak tabur menyembunyikan ketidaksempurnaan, membantu mengontrol produksi minyak berlebih sepanjang hari, dan secara umum membuat riasan Anda terlihat lebih merata, terutama di depan kamera,” jelas Groot dikutip dari Byrdie.

Manfaat Bedak Tabur

Menurut Groot, kualitas bahan-bahan dan produk bedak tabur telah berkembang pesat. “Bedak tabur masa kini tidak terlalu kental. Menurut pendapat saya, manfaat utama bedak tabur adalah jika digunakan dengan tepat, dapat memperpanjang ketahanan riasan secara signifikan apa pun jenis kulit Anda,” ucapnya.

Bedak tabur juga cocok digunakan dengan kosmetik dari merek mewah hingga toko obat, juga usia pakainya lebih lama.

Apa itu Bedak Padat?

Bedak padat adalah campuran bahan bubuk kering yang dicampur dan digiling halus, kemudian ditekan ke dalam wadah kosmetik dengan kekuatan dan tekanan yang besar, menurut Groot. Proses pengepresan adalah salah satu perbedaan terbesar antara bedak padat dan bedak tabur, namun formulanya juga bisa sedikit berbeda.

“Bahan pengikat tambahan sering kali digunakan untuk memperbaiki formulasi pada tempatnya selama proses pengepresan,” kata Groot.

Bahan-bahan tambahan ini sering kali mengandung bahan pengikat kering, bahkan beberapa minyak seperti minyak jojoba dan minyak jarak, yang dapat membuat bedak padat sedikit kurang tahan lama dalam hal umur simpan dan sedikit lebih terasa berat dan terlihat di kulit dibandingkan bedak tabur. 

Raine Beauty by Raisa merilis setting powder The Daily Radiant Matte Setting Powder yang menjadi kunci tampilan bebas minyak/Foto: Doc. Raine Beauty

Manfaat Bedak Padat

Manfaat terbesar dari bedak padat lebih mudah diaplikasikan. Jika Anda termasuk orang yang ingin mengatur riasan tetapi lebih memilih menghindari konsistensi bedak tabur, bedak padat adalah alternatif yang cocok.

“Saya cenderung lebih banyak menggunakan bedak padat untuk menyelesaikan aplikasi riasan sebagai langkah terakhir,” kata Groot.

“Menurut saya, bedak padat lebih halus dalam menyempurnakan riasan, terutama jika hanya dilapiskan satu kali. Hasilnya tidak terlihat seperti bedak tabur, namun bedak padat memiliki keajaiban. Tentu saja, itu tergantung pada formulasinya,” ucapnya.

Seringkali, bedak padat cenderung memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan bedak tabur, jadi pilihan yang mana mungkin juga bergantung pada hasil riasan yang Anda sukai.

Cara Memilih Bedak Tabur atau Bedak Padat

Formulasi adalah kunci dalam memilih formual bedak tabur atau bedak padat sesuai jenis kulit. Yuk, kita intip tipsnya.

1. Kulit kering

“Untuk kulit kering, saya merekomendasikan formulasi yang sangat halus dan ringan,” kata Groot.

Carilah bahan-bahan yang melindungi kulit, seperti asam hialuronat dan silikon. Bahan-bahan ini akan membantu Anda menjaga hidrasi, yang akan membantu riasan Anda terlihat lebih baik dan bertahan lebih lama.

2. Kulit berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, perhatikan bahan-bahannya. Pilihlah bedak yang membantu mengontrol minyak dan mengaburkan tampilan tekstur dan pori-pori. Carilah bahan-bahan seperti aluminium pati oktenilsuksinat yang memiliki daya serap super dan dapat membantu menyerap minyak apa pun yang dihasilkan kulit sepanjang hari.

Baik bedak tabur maupun bedak padat memiliki banyak manfaat termasuk dapat memperbaiki tampilan riasan dan membantunya bertahan lebih lama. Meskipun bedak tabur sangat baik untuk mengaburkan dan menonjolkan tekstur serta hasil akhir yang ringan, bedak padat memberikan kenyamanan luar biasa untuk sentuhan dan perjalanan. Memilih formula bedak yang sesuai dengan jenis kulit Anda sangatlah penting.

Pilihan Editor: Kulit Berjerawat Disarankan Pakai Bedak Tabur, Dokter Ungkap Alasannya

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *