Berita

Kim Kardashian Jalani Perawatan Wajah Sperma Salmon, Amankah untuk Kulit?

×

Kim Kardashian Jalani Perawatan Wajah Sperma Salmon, Amankah untuk Kulit?

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Bintang reality show dan pengusaha kecantikan, Kim Kardashian telah mencoba perawatan wajah sperma salmon. Hal itu dia ungkapkan dalam episode terbaru “The Kardashians”.

“Saya menjalani perawatan wajah dengan sperma salmon yang disuntikkan ke wajah saya,” ucap Kim kepada Kris Jenner, ibunya, dikutip dari Well+Good, 18 Juli 2024.

Bagi yang belum tahu, perawatan wajah sperma salmon bukanlah hal baru. Di beberapa negara seperti Korea, sperma salmon sering kali ditemukan dalam produk perawatan kulit dijual bebas, yang diidentifikasi dalam daftar bahan sebagai PDRN (polydeoxyribonucleotides) atau DNA salmon. Secara topikal, dikatakan sebagai penenang kulit yang lembut dan anti-inflamasi tingkat rendah.

Oiya, sperma salmon yang dimaksud adalah DNA sperma dari testis salmon. Lantas, apakah perawatan wajah tersebut aman? Yuk, kita simak penjelasan dokter kulit.

Apa manfaat perawatan wajah sperma salmon untuk kulit?

Penelitian menunjukkan polinukleotida (seperti yang ditemukan dalam sperma ikan) mungkin menargetkan protein di kulit Anda yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan regenerasi jaringan. Kandungan tersebut juga dianggap merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit, menurut penelitian kecil pada bulan Maret 2010 di International Journal of Cosmetic Science.

Nucleofill dan Pluryal Silk adalah dua merek suntikan polinukleotida populer yang ditemukan secara internasional, di negara-negara seperti Korea dan Australia.

“Di tempat lain, seperti di Asia, orang-orang menggunakan [polinukleotida] sebagai pengganti skin-booster—hampir seperti filler,” kata dokter kulit bersertifikat Karan Lal.

Namun alih-alih menyuntikkannya jauh ke dalam kulit seperti filler, polinukleotida disuntikkan ke lapisan permukaan wajah Anda untuk membantu menghaluskan tampilan garis-garis halus dan membuat kulit Anda tampak lebih cerah, kata Dr. Lal.

Amankah perawatan wajah sperma salmon?

Hal ini masih bisa diperdebatkan. Meskipun ada temuan yang menjanjikan mengenai manfaat polinukleotida, tidak ada cukup bukti kuat yang mengatakan bahwa sperma salmon, khususnya, efektif atau sepenuhnya aman.

Faktanya, suntikan sperma salmon saat ini tidak disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA, dan tidak tersedia secara luas di Amerika Serikat.

“Jika ada sesuatu yang tidak disetujui FDA, tidak ada peraturan nyata mengenai hal itu. Anda tidak tahu dari mana sumbernya, steril atau tidak,” kata dokter Lal.

Lal juga menekankan adanya peningkatan risiko infeksi penggunaan sperma salmon, terutama jika Anda alergi terhadap ikan atau kerang.

“Secara pribadi, saya tidak nyaman menawarkan perawatan sperma salmon kepada pasien. Ini trendi karena kedengarannya keren, tapi itu tidak perlu, dan kami belum memiliki data keselamatan yang cukup,” kata dokter Lal menegaskan.

Pilihan Editor: 3 Wanita Dinyatakan Positif HIV Setelah Perawatan Wajah Vampire Facial di New Mexico

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *