Berita

8 Resep Sehat Setelah Workout, Ubi Jalar hingga Roti Panggang Alpukat

×

8 Resep Sehat Setelah Workout, Ubi Jalar hingga Roti Panggang Alpukat

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Tidak ada yang menandingi kepuasan dalam menyelesaikan latihan atau workout yang berat. Begitu kita meninggalkan gym atau melepas tali sepatu lari, kita sering kali merasakan peningkatan kepercayaan diri dan motivasi untuk terus menjaga diri. Nah, cara apa yang lebih baik untuk melakukannya selain dengan mengisi bahan bakar tubuh kita secara efektif. 

Mengonsumsi makanan yang tepat setelah olahraga berat adalah cara terbaik untuk mengisi kembali simpanan energi kita sekaligus memanfaatkan manfaat metabolisme unik yang dialami sel-sel kita setelah berolahraga.

Meskipun menggabungkan beberapa nutrisi penting adalah hal yang ideal, “Anda ingin memastikan bahwa Anda setidaknya memiliki kombinasi protein dan karbohidrat dalam makanan atau camilan pasca-latihan untuk perbaikan otot dan penambahan glikogen,” Maxine Yeung, MS, RD, CPT, NBC-HWC menjelaskan.

Berikut sederet kreasi resep sehat yang direkomendasikan setelah workout:

1. Susu cokelat

Susu coklat telah lama disebut-sebut sebagai salah satu minuman pasca-latihan terbaik—dan untuk alasan yang bagus. “Susu coklat sangat ideal karena rasio karbohidrat dan proteinnya. Ini juga mengandung lemak, air, dan elektrolit, menjadikannya minuman pemulihan yang komprehensif,” kata Yeung. Penelitian juga menunjukkan bahwa meminum susu coklat setelah berolahraga memberikan hasil yang serupa atau bahkan lebih baik dibandingkan plasebo atau minuman pemulihan lainnya. Susu coklat bebas susu juga bisa digunakan di sini, karena meskipun nutrisinya sedikit berubah, namun tetap menawarkan banyak manfaat yang sama.

2. Ubi Jalar 

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih kuat setelah selesai berolahraga, ubi jalar adalah pilihan yang sangat lezat. Tidak hanya mudah untuk dibuat, tetapi juga merupakan sumber serat, senyawa tumbuhan, dan elektrolit yang baik, dan kaya akan protein dengan tambahan keju, krim asam, atau yogurt Yunani tanpa rasa, serta lemak sehat dengan tambahan sesendok alpukat tumbuk.

3. Smoothie Hijau

Smoothie adalah pilihan klasik setelah menyelesaikan olahraga berat, karena merupakan cara mudah untuk mendapatkan banyak nutrisi. Yoghurt, bubuk protein, selai kacang, biji-bijian, susu, dan buah apa pun yang Anda tambahkan mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, air, senyawa tumbuhan, dan elektrolit. Namun dengan mengubah smoothie Anda menjadi hijau dengan tambahan sayuran berdaun hijau segar, spirulina, atau bubuk sayuran, Anda akan meningkatkan kandungan elektrolit, serat, dan senyawa tanaman lebih banyak lagi!

4. Yogurt, Buah, dan Granola

Granola renyah yang dipadukan dengan buah dan yogurt menjadi camilan yang super menyegarkan dan mengenyangkan setelah pulang dari gym atau lari. Selain itu, ia menyediakan banyak nutrisi yang Anda butuhkan untuk pemulihan, termasuk karbohidrat kompleks, protein, lemak, senyawa tumbuhan, dan elektrolit. Baik yogurt berbahan dasar susu atau yogurt alternatif bekerja sangat baik di sini, menawarkan nutrisi kaya probiotik yang sama.

5. Roti panggang rasa alpukat

Karbohidrat kompleks, senyawa tumbuhan, elektrolit (garam laut terkelupas, siapa?), dan kandungan lemak sehat pada roti panggang alpukat tidak dapat dikalahkan setelah berolahraga keras. Taburi dengan telur encer atau hati rami untuk menjadikannya camilan lengkap pasca-olahraga yang kaya protein.

6. Trail Mix 

Jika Anda perlu langsung melanjutkan ke agenda berikutnya setelah latihan yang berat, trail mix adalah camilan enak untuk dibawa pulang yang tetap membantu Anda pulih secara efektif. Hal ini berkat protein, lemak, karbohidrat, elektrolit, dan senyawa tumbuhan yang dikandungnya. Untuk campuran makanan yang lebih bergizi, pilihlah merek tanpa terlalu banyak tambahan gula rafinasi dan merek yang memiliki rangkaian buah-buahan kering yang enak.

7. Salad Ikan Salmon

Saat olahraga Anda bertepatan dengan waktu makan malam, salad lezat dengan taburan salmon panggang adalah makanan yang sangat baik (dan lezat) untuk mengisi bahan bakar. Makan malam gurih ini memiliki semua nutrisi yang kita cari—yaitu protein, asam lemak omega-3, senyawa tumbuhan, elektrolit, air, dan, dengan tambahan quinoa pada salad Anda atau sepotong roti panggang dari gandum utuh sebagai pelengkap, karbohidrat kompleks.

8. Salad Buah dengan Stik Keju

Dan jika makan setelah berolahraga terasa sulit, memilih camilan ringan masih merupakan cara ampuh untuk mengisi bahan bakar. Salad buah sederhana dan stik keju sudah cukup! Kombinasi ini menawarkan air, elektrolit, karbohidrat, protein, lemak, dan senyawa tumbuhan tanpa membebani Anda.

Pilihan Editor: 3 Kreasi Resep Olahan Sayur, dari Nasi Goreng Kale hingga Jamur Enoki Asam Manis

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *