Berita

Ini Penjelasan Psikolog soal Sampai Kapan Ayah Boleh Memeluk Anak Perempuannya

×

Ini Penjelasan Psikolog soal Sampai Kapan Ayah Boleh Memeluk Anak Perempuannya

Share this article




Ada banyak bentuk kasih sayang orangtua kepada anak, salah satunya melalui pelukan. Namun, sampai usia berapa Ayah boleh memberikan pelukan pada anak perempuannya?

Ketika orangtua memberikan pelukan pada si Kecil, mereka akan merasa dihargai dan diakui keberadaannya. Pelukan ini pun bisa diberikan pada berbagai keadaan mulai dari sebelum tidur, saat anak sedang bersedih, hingga momen spesial.

Kita mungkin sering melihat para ayah yang sangat dekat dengan anak perempuannya. Mereka tidak segan memangku, mengecup, hingga memberikan pelukan pada sang putri.

Namun, bolehkah bahasa cinta ini diberikan seterusnya hingga anak dewasa? Seperti apa kata praktisi psikologi?

Batas Usia Ayah Boleh Memeluk Anak Perempuan

Dalam wawancara bersama HaiBunda beberapa waktu lalu, Praktisi Psikologi Anak, Aninda, S.Psi, M.Psi.T, mengungkapkan bahwa sosok Ayah sangat penting bagi kehidupan anak perempuan. Ayah akan menjadi ‘standar’ anak perempuan melihat pria dalam hidupnya.

“Secara tidak disadari, dari sosok Ayah lah, anak perempuan membentuk “standar” sendiri dalam hidupnya,” ujarnya.

“Standar menentukan pasangan yang baik, standar merasa dicintai, standar cara dihargai, biasanya mengacu pada diri Ayah dan kualitas hubungan Ayah-anak ini. Motivasi dalam belajar juga kerap kali dihubungkan dengan peran Ayah,” lanjut Aninda.

Dalam kesempatan yang sama, Aninda turut mengungkap bahwa Ayah kerap kali menunjukkan rasa kasih sayang secara fisik. Hal ini memang baik untuk dilakukan. Namun, intensitasnya perlu dikurangi seiring bertambahnya usia anak.

“Untuk menunjukkan kasih sayang yang berkaitan dengan fisik (untuk menggandeng, merangkul, dan memeluk sebenarnya masih tidak masalah, tapi memang kalau memangku agak berbeda ya rasanya), biasanya akan semakin memudar seiring dengan bertambahnya usia anak,” jelasnya.

Untuk informasi selengkapnya, lanjutkan membaca dengan KLIK DI SINI.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *