Berita

Kisah Kebangrutan Kodak, Gegara Bos Nggak Mau Dengar Saran Karyawan

×

Kisah Kebangrutan Kodak, Gegara Bos Nggak Mau Dengar Saran Karyawan

Share this article


Di era modern ini, kita tidak perlu pusing untuk mengabadikan gambar karena kamera sudah termasuk dalam fitur ponsel. Kamera profesional juga masih tersedia untuk para fotografer untuk mengabadikan gambar dengan cara yang lebih canggih.

Pernahkah kamu penasaran bagaimana asal mula kamera modern tercipta? Sebelum perkembangannya yang begitu pesat, inovasi kamera modern pertama kali diciptakan oleh George Eastman. Kamera yang menjadi tonggak sejarah fotografi modern itu adalah The Kodak.

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan nama tersebut. Kodak sudah begitu terkenal di dunia fotografi. Sayangnya, perusahaan Kodak harus gulung tikar tahun 2013. Yuk simak perjalanan kisahnya!

Kisah Penemuan The Kodak

Ilustrasi kamera/ Foto: Pexels.com/Arturo A

Zaman dahulu, kamera berukuran jauh lebih besar dari sekarang. Ukurannya kurang lebih setara dengan microwave. Untuk mengambil gambar, fotografer harus menggunakan tripod besar, plat kaca, dan berbagai zat kimia. 

Berdasarkan biografinya yang ditulis Elizabeth Brayer, yaitu George Eastman: A Biography (2006), George Eastman memutar otak untuk mengatasi kerumitan dan biaya yang dibutuhkan untuk fotografi. Ide itu pertama tercetus saat dirinya liburan ke Dominika pada tahun 1878 sambil membawa peralatan fotografi yang memakan biaya ratusan dolar. 

Eastman pun membaca jurnal ilmiah yang menjelaskan formula kimia untuk menghasilkan suatu gambar kamera. Setelah membacanya dengan saksama, Eastman membutuhkan waktu untuk mempraktikannya hingga sempurna. Kegagalan yang dialaminya tak terhitung. Namun pada akhirnya, ia berhasil membuat pelat kering dalam fotografi sehingga orang tak perlu lagi membawa bahan kimia untuk ambil foto.

Plat kering ini pun dipatenkan dan sejak saat itu, Eastman terjun ke bisnis fotografi dalam naungan Eastman Dry Plate Company tahun 1881. Tujuh tahun kemudian, Eastman bersama William Hall Walker meluncurkan kamera analog modern bernama Kodak.

Baca kisah selengkapnya di sini ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *