Berita

Sulit BAB? Segera Konsumsi 5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Sembelit Ini!

×

Sulit BAB? Segera Konsumsi 5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Sembelit Ini!

Share this article


Beauties, kamu sering mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit? Sudah saatnya kamu memperbaiki gaya hidup dan mempertimbangkan apa yang kamu konsumsi. Solusi yang paling mudah adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik maupun konsumsi serat dalam makanan dan minuman. Cara ini bisa mempermudah proses buang air besar secara teratur.

Namun, tahukah kamu bahwa apa yang kamu minum juga berpengaruh terhadap ukuran dan konsistensi feses? Melansir dari GoodRx Health, ada 5 minuman terbaik yang bisa membantu meringankan sembelit. Apa saja?

Air Mineral





Ilustrasi/Foto: Freepik/Yanalya

Air adalah obat paling sederhana untuk mengatasi masalah sembelit. Mengonsumsi air yang cukup dapat membuat seluruh tubuhmu terhindrasi. Nah, jika kamu sudah terhidrasi sepenuhnya, kecil kemungkinan kamu mengalami sembelit.

Kira-kira, berapa banyak air yang harus dikonsumsi setiap hari? Perlu kamu pahami bahwa kebutuhan air setiap orang sedikit berbeda. Kebutuhan konsumsi air ini sangat tergantung pada berat badan, aktivitas harian, dan kondisi medis lainnya.

Sementara aturan paling umum yaitu delapan gelas air sehari. Karena itu, kamu bisa menerapkan kebiasaan minum cukup air sepanjang hari untuk menghilangkan risiko sembelit.

Minuman Hangat

Minuman Hangat/Foto: Unsplash/Julia Topp

Meminum minuman hangat juga bisa membantu meringankan sembelit, lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum air hangat mulai buang angin lebih cepat dibandingkan yang tidak minum. Adapun beberapa minuman hangat, seperti teh dan air lemon bisa membantu melancarkan pencernaanmu.

Minuman Probiotik

Minuman Probiotik/Foto: Unsplash/Brooke Lark

Sebagai organ pencernaan, usus membutuhkan berbagai bakteri sehat agar dapat berfungsi dengan baik. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dapat kamu konsumsi.

Minum minuman probiotik dapat membantu mendukung kesehatan usus dan mengatasi sembelit. Caranya, bakteri di dalam minuman ini akan merangsang pergerakan usus dan mengurangi waktu buang air besar.

Adapun beberapa rekomendasi minuman fermentasi seperti kombucha dan kefir sebagai sumber probiotik alami. Kamu juga bisa mencoba smoothie dari buah atau sayuran kaya serat lalu ditambahkan dengan yogurt probiotik.


Jus Buah

Jus Buah Plum/Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Meski termasuk minuman yang sehat, pembuatan jus buah berpotensi menghilangkan sebagian besar serta yang terdapat pada buah utuh. Tapi jangan khawatir, ada jenis serat larut seperti pektin yang ada dalam jus buah.

Keberadaan serat larut inilah yang berfungsi untuk melunakkan tinja yang keras penyebab sembelit. Selain itu, beberapa jus buah, seperti jus apel, jus pir, dan jus plum mengandung sorbitol tinggi yang dapat membantu meringankan sembelit.

Kopi

Kopi/Foto: Unsplash/Andreas Palmer

Rasanya bukan sebuah rahasia lagi jika kopi memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu proses buang air besar secara teratur. Meminum secangkir kopi di pagi hari bisa mendorong buang air besar, lho.

Ini karena kopi mampu mengaktifkan refleks gastrokolik, yaitu ketika pengisian lambung dengan makanan atau minuman menyebabkan lebih banyak pergerakan di usus besar. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki asupan kafein tinggi memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami sembelit.

Selain mengonsumsi minuman-minuman di atas, penting buat kamu untuk menghindari minuman yang berpotensi memperparah sembelit. Umumnya, ada dua minuman yang harus kamu hindari, yaitu susu dan alkohol. Jadi, perhatikan secara detail minumanmu agar tidak memicu masalah pada saluran pencernaan, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *