Berita

7 Selebriti Indonesia Hobi Pakai Kebaya, Yura Yunita sampai Happy Salma

×

7 Selebriti Indonesia Hobi Pakai Kebaya, Yura Yunita sampai Happy Salma

Share this article


Kebaya menjadi warisan budaya yang tetap dilestarikan di masa kini. Tak hanya sebagai budaya, kebaya menjadi identitas dan ciri khas perempuan Indonesia yang tampak anggun dan menawan.

Kebaya juga dibuat semakin inovatif sering berkembangnya dunia mode dengan tetap mempertahankan jati dirinya menjadi warisan budaya. Bahkan, pemerintah sudah menetapkan Hari Kebaya Nasional yang akan diperingati pertama kali pada 24 Juli 2024.

Para selebriti tanah air juga banyak memakai kebaya sebagai gaya busana hingga ciri khas dalam setiap penampilan mereka. Tak hanya dalam acara formal, para selebriti ini juga menggunakannya menjadi pakaian sehari-hari bahkan bangga mengenakannya di kancah internasional.

Tak hanya untuk penampilan semata, para selebriti ini begitu mencintai kebaya sebagai identitas dan rasa bangga untuk melestarikannya. Berikut ini, 7 selebriti yang konsisten populerkan kebaya, siapa saja?

1. Yura Yunita

Yura Yunita/Foto: instagram.com/yurayunita

Seni dan budaya nampaknya sangat melekat dengan Yura Yunita. Penyanyi asal Bandung ini menunjukkan kecintaannya terhadap budaya Indonesia yaitu kebaya. Ia kerap memakai kebaya dalam setiap penampilannya di atas panggung.

Yura Yunita juga mengemas gaya berbusana kebaya menjadi lebih modern dan stylish. Mix-and-match kebaya dan kain tradisional menjadi ciri khas berbusana pelantun lagu “Tutur Batin” ini. 


2. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo/Foto: instagram.com/therealdisastr

Dian Sastrowardoyo menjadi artis yang juga turut mempopulerkan kebaya. Perannya sebagai Jeng Yah dalam serial Gadis Kretek yang mengenakan kebaya janggan yang kemudian menjadi tren fashion baru. 

Dian Sastrowardoyo juga pernah andil dalam gerakan #kebayagoestounesco tahun 2022 lalu. Dalam berbagai kesempatan, Dian Sastro sering mengenakan kebaya, baik dalam acara formal ataupun sebagai pakaian sehari-hari.

3. Titi Radjo Padmaja

Titi Radjo Padmaja/Foto: instagram.com/titiradjopadmaja

Musisi Titi Radjo Padmaja juga termasuk selebritis yang konsisten mempopulerkan kebaya. Ia sering menyerukan ajakannya untuk berkebaya.  Ia juga kerap memakai kebaya dari UMKM lokal dengan harga yang terjangkau. 

Sebagai bentuk kecintaannya terhadap budaya, Titi juga turut berkontribusi merepresentasikan kebaya dalam acara Collaborating to Safeguard the Kebaya of ASEAN. Ia mengaku bahagia bisa memamerkan keindahan kebaya di kancah internasional.

4. Happy Salma

Happy Salma/Foto: instagram.com/happysalma

Sangat mencintai seni dan budaya Indonesia, Happy Salma sering menggunakan kebaya dengan penampilan yang menawan. Artis yang kini berdomisili di Bali ini juga terlibat aktif dalam pertunjukan seni dan budaya, seperti teater hingga pergelaran tari.

Kebaya menjadi busana yang sering dikenakan Happy Salma dalam banyak kesempatan. Bahkan, kebaya nampaknya kerap menjadi daily outfit-nya. Ia menjadi artis yang konsisten berkebaya dan menunjukkan kecantikan perempuan Indonesia yang anggun ketika berkebaya.

5. Ariel Tatum

Ariel Tatum/Foto: instagram.com/arieltatum

Menginjak usia nya yang ke-25 tahun 2021 lalu, Ariel Tatum memutuskan untuk merayakan ulang tahunnya dengan memakai kebaya dan batik yang dirancang oleh desainer ternama Didiet Maulana. Kebaya putih dengan motif bunga dan kain batik yang penuh makna tersebut menjadi bentuk perayaan yang luar biasa untuknya.

Dalam berbagai kesempatan, Ariel Tatum juga sering mengenakan kebaya. Ia juga turut dalam acara Istana Berkebaya dan melakukan fashion show mengenakan kebaya bersama banyak selebriti lainnya di Istana Negara.

6. Raline Shah

Raline Shah/Foto: instagram.com/ralineshah

Raline Shah termasuk salah satu selebriti papan atas yang kerap konsisten mempopulerkan kebaya. Raline Shah kerap mengenakan kebaya dalam berbagai acara, bahkan ia juga senantiasa mengenakan kebaya untuk merayakan hari-hari besar, seperti pada hari Kartini hingga Upacara Tigang Sasih sebagai upacara adat di Bali.

Bentuk kecintaannya melestarikan budaya Indonesia, Raline Shah mengenakan kebaya ketika menghadiri Festival Film Cannes beberapa waktu lalu. Raline Shah mengaku sangat bangga mengenakan kebaya sebagai orang Indonesia di tengah orang-orang hebat dari seluruh dunia dalam penutupan Festival Film Cannes 2024. 

7. Rania Maheswari Yamin

Rania Maheswari Yamin/Foto: instagram.com/raniaayamin

Rania Maheswari Yamin merupakan content creator TikTok yang juga cicit pahlawan nasional Moh. Yamin dan keturunan Mangkunegaran. Gaya berbusana yang kerap memakai kebaya baik dalam acara di Pura Mangkunegaraan atau sebagai outfit sehari-hari.

Rania sering memadukan kebaya dengan outfit modern sehingga terlihat casual. Gaya berbusananya tersebut tentu menjadi inspirasi anak-anak muda bahwa memakai kebaya tidak hanya untuk acara-acara formal.

Itulah 7 selebriti yang konsisten populerkan kebaya. Siapa favoritmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *