Berita

Banyak yang Tidak Menyadari, Kenali 7 Ciri-ciri Kamu Mengalami Anemia

×

Banyak yang Tidak Menyadari, Kenali 7 Ciri-ciri Kamu Mengalami Anemia

Share this article


Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kondisi ini dapat memengaruhi energi, kesehatan, dan kualitas hidup seseorang. 

Kondisi ini seringkali dianggap sepele, padahal bisa berdampak serius pada kesehatan kita. Banyak orang yang mungkin tidak menyadari kalau mereka mengalami anemia, karena gejalanya seringkali mirip dengan kelelahan biasa.

Mengenali gejala anemia sejak dini sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jadi, yuk simak baik-baik apa saja ciri-ciri anemia yang dilansir dari Healthline.

1. Kelelahan

Kelelahan/ Foto: freepik.com/prostooleh

Kalau kamu sering merasa lelah secara berlebihan meskipun tidak melakukan aktivitas berat, bisa jadi itu merupakan tanda anemia. Kelelahan yang berlebihan adalah salah satu gejala paling umum.

Kurangnya hemoglobin dalam darah berarti otot dan organ tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan rasa lelah yang ekstrem bahkan setelah melakukan aktivitas ringan.

2. Pusing Saat Berdiri

Pusing Saat Berdiri/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Sering merasa pusing atau seperti mau jatuh saat berdiri tiba-tiba? Ini mungkin disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir ke otak akibat anemia.

Pusing ini terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. Hal ini disebabkan oleh penurunan tekanan darah secara mendadak, sehingga otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. 


3. Sesak Napas

Sesak Napas/ Foto: freepik.com/jcomp

Napas terasa berat atau sesak, terutama saat beraktivitas fisik? Hal ini terjadi karena tubuh berusaha mendapatkan lebih banyak oksigen.

Ketika jumlah sel darah merah berkurang, tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Akibatnya, kamu mungkin merasa sulit bernapas atau napas terasa berat, terutama saat beraktivitas fisik seperti berjalan cepat atau naik tangga. Tubuh berusaha keras untuk mengambil lebih banyak oksigen.

4. Sakit Kepala

Sakit Kepala/ Foto: pexels.com/Karolina Kaboompics

Kepalamu sering nyut-nyutan? Hal ini menjadi salah satu gejala anemia, yaitu sakit kepala. 

Sakit kepala akibat anemia seringkali terasa lebih parah dan bisa berlangsung lebih lama daripada sakit kepala biasa. Sering terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. 

5. Kulit, Gusi, atau Kuku Pucat

Kulit Pucat/ Foto: freepik.com/katemangostar

Perhatikan warna kulit, gusi, atau kuku kamu. Kalau terlihat lebih pucat dari biasanya, ini bisa jadi tanda anemia karena kurangnya sel darah merah yang membawa warna kemerahan pada kulit.

Ketika tubuh kekurangan sel darah merah, aliran darah yang kaya oksigen ke kulit, gusi, dan kuku berkurang, sehingga mereka tampak lebih pucat dari biasanya.

6. Tangan dan Kaki Dingin

Kamu mungkin merasa tangan atau kakimu dingin saat disentuh, bahkan ketika berada di lingkungan yang hangat. Ini merupakan salah satu tanda gejala anemia.

Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Pada anemia, jumlah sel darah merah yang tersedia untuk mengangkut oksigen berkurang. Akibatnya, jaringan di tangan dan kaki tidak mendapatkan oksigen yang cukup, menyebabkan rasa dingin.

7. Detak Jantung Cepat atau Tidak Teratur

Sel darah merah bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin dalam sel darah merah adalah protein yang mengikat oksigen. Pada penderita anemia, jumlah sel darah merah yang tersedia untuk membawa oksigen berkurang, sehingga kadar oksigen dalam darah menurun.

Karena anemia menyebabkan pengurangan kemampuan darah untuk membawa oksigen, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Peningkatan beban kerja ini seringkali mengakibatkan detak jantung yang cepat (takikardia) atau tidak teratur (aritmia).

Itulah 7 ciri-ciri gejala anemia. Dengan memahaminya, kamu dapat lebih waspada terhadap kondisi ini dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *