Berita

Hari Kebaya Nasional, Berikut 5 Penampilan Figur Publik dalam Balutan Kebaya Janggan

×

Hari Kebaya Nasional, Berikut 5 Penampilan Figur Publik dalam Balutan Kebaya Janggan

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Hari kebaya nasional diperingati setiap 24 Juli melalui Keppres No. 19 Tahun 2023 yang dicetuskan Presiden Joko Widodo. Misinya dalam rangka menjaga dan melestarikan kebaya sebagai identitas nasional perekat bangsa yang bersifat lintas etnis serta telah berkembang menjadi aset budaya yang sangat berharga. Selain itu, kebaya juga menjadi busana yang dikenakan dalam berbagai kegiatan baik yang berskala nasional maupun internasional. Di antara banyak model kebaya andalan para wanita Indonesia, kebaya janggan salah satunya.

Dari segi sejarahnya, kebaya janggan sejenis kebaya khusus perempuan bangsawan dan bermartabat. Kebaya ini tercipta pada akhir masa Perang Diponegoro tahun 1830-an yang mengadopsi model seragam militer Eropa yang identik dengan kerah tinggi dan tidak menutup.

Beberapa tokoh sejarah wanita juga mengenakan kebaya Janggan di kehidupan sehari-harinya, seperti Ratna Ningsih, istri Pangeran Diponegoro, yang mengenakan kebaya Janggan untuk menyembunyikan senjatanya.  Pahlawan nasional, Nyi Ageng Serang juga sering mengenakan kebaya ini.

Kebaya janggan umumnya berwarna hitam sebagai simbol warna ketegasan, kesederhanaan, dan kedalaman. Model kebaya ini populer kembali tak lepas dari sosok Dasiyah yang diperankan Dian Sastrowardoyo dalam serial Gadis Kretek (2023). Pesona Dasiyah dalam balutan kebaya janggan hitam semakin memperkaya karakternya di masa itu. Tampilan itu pun menginspirasi sejumlah figur publik mengenakan kebaya janggan di berbagai acara. Yuk, intip!

1. Dian Sastrowardoyo

Saat menghadiri Busan International Film Festival 2023, Dian Sastrowardoyo tampil memikat dan bold dalam balutan kebaya janggan. Kebaya itu terbuat dari bahan beludru warna biru berhias emboidery putih kemilau dipadu dengan kain batik warna coklat.

(dari kiri) Para pemeran Serial Gadis Kretek; Arya Saloka, Putri Marino, Dian Sastrowardoyo, dan Ario Bayu di Busan International Film Festival 2023 di Korea Selatan, Rabu, 4 Oktober 2023. Foto: Busan International Film Festival.

Rambut panjangnya digerai rapi belah pinggir. Riasannya bergaya flawless dengan menonjolkan lipstik nude lembut.

Dian melengkapi penampilanya dengan anting, cincin, dan clutch mini. Dia juga memakai sandal stiletto warna keemasan.

2. Retno Marsudi

Saat mendampingi Presiden Joko Widodo menerima Surat Kepercayaan dari Duta Besar Asing yang terakreditasi untuk Indonesia pada Desember 2023, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memakai kebaya janggan warna hitam.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenakan kebaya ala Gadis Kretek saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Jumat, 8 Desember 2023. Dokumentasi: Istimewa

Perempuan asal Semarang ini memadukan kebaya dengan brooch emas dan kain batik bercorak klasik sebagai bawahannya. Retno melengkapi penampilannya dengan sepatu datar atau flat shoes senada dengan kebaya sehingga terlihat serasi. 

Tak hanya sekali, Retno kembali memakai kebaya janggan saat bertemu Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi di Gedun Kementerian Luar Negeri pada April 2024. Dia terlihat memakai kebaya janggan warna hitam berbahan jacquard dan rok monokrom polkadot berlayer tile. 

3. Sri Mulyani

Saat menghadiri Spring Meeting IMF dan World Bank di Amerika Serikat pada April silam, Menteri Keuangan Sri Mulyani memakai kebaya janggan dan kain batik. Penampilan tersebut sengaja dia pilih sebagai salah satu bentuk merayakan Hari Kartini pada hari itu.

Sri Mulyani berbicara di Fiscal Forum, Spring Meeting IMF, Washington DC, Minggu, 21 April 2024. Foto: Instagram/@smindrawati.

Sri memakai kebaya janggan berwarna krem dipadu bros di bagian kerah yang berwarna senada. Untuk bawahannya, Sri Mulyani mengenakan sarung batik bermotif parang modifikasi, warna putih dan coklat.

4. Michelle Zuidith

Aktris, Michelle Ziudith tampil memesona dan edgy saat menghadiri gala premier film yang dia bintangi, Ipar Adalah Maut pada Juni silam. Tema busananya yang merupakan rancangan Sapto Djojokartiko bisa dibilang east meet west, dia memadukan kebaya janggan dan gaun.

Michelle memakai gaun warna cream tanpa lengan dan potongan leher V neck. Bagian bawah gaun tampak transparan dan terpisah-pisah sehingga menghasilkan detail belahan paha tinggi atau high slit. Sebagai luarannya, dia memakai kebaya janggan warna coklat bercorak kemilau.

Michelle Ziudith mengenakan busana rancangan Sapto Djojokartiko di gala premier film Ipar Adalah Maut. Foto: Instagram/@michelleziu

Dia melengkapi penampilannya dengan anting panjang bentuk bunga warna biru tua dan ikat rambut pita warna senada. Gaya rambutnya dikuncir rapi ke belakang dengan detail kepang.

Riasannya bergaya flawless yang semakin menonjolkan kulit wajah sehat perempuan 29 tahun itu. Alas kaki yang dia pakai tampak sandal strapheels warna nude dihiasi manik kemilau.

Padu padan penampilan Michelle tiga hari lalu itu dipercayakan kepada penata gaya langganan selebriti Wanda Hara.

5. Kahiyang Ayu

Saat mendampingi suami yang juga Wali Kota Medan, Kahiyang Ayu tampil memesona dalam balutan kebaya menghadiri perayaan ulang tahun ke-434 Kota Medan pada awal Juli ini. Dalam foto-foto yang dibagikan, putri Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu terlihat memakai kebaya janggan warna dusty pink dipadu dengan kain batik warna coklat tua.

(Berkebaya) Kahiyang Ayu menghadiri perayaan Ulang Tahun ke-434 kota Medan. Foto: Instagram/@ayanggkahiyang

Dia juga menyertakan brooch ukuran besar di kiri atas kebayanya. Warna alas kaki yang dipakai ibu tiga anak itu senada dengan kebaya.

Rambut panjangnya ditata rapi ke belakang dan dan sanggul rendah. Riasannya bergaya simpel dengan lipstik merah lembut.

Adapun Bobby bergaya formal memakai kemeja putih dilengkapi dasi merah beserta jas dan celana bahan warna hitam. Dia juga memakai kopiah warna hitam.

Di antara lima gaya figur publik berkebaya janggan di atas, mana yang paling cocok dengan style Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Tak Hanya Seremonial, Ini Alasan Mengapa Perlu Ada Hari Kebaya Nasional

ECKA PRAMITA | REZKI ALVIONITASARI | SILVY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *