Berita

Makin Elegan, Ini 5 Aksesori yang Cocok Digunakan saat Berkebaya

×

Makin Elegan, Ini 5 Aksesori yang Cocok Digunakan saat Berkebaya

Share this article


Salah satu pakaian tradisional Indonesia yang dikenal dengan keindahannya adalah kebaya. Saat ini kebaya sudah didaftarkan sebagai Intangible Heritage Culture (IHG) atau yang disebut warisan budaya takbenda ke UNESCO.

Dulunya kebaya digunakan oleh perempuan-perempuan Jawa sejak abad 15, kini kebaya memiliki berbagai variasi corak dan model yang lebih modern mengikuti perkembangan zaman tanpa menghilangkan ciri khas dan nilainya. 

Memadukan kebaya dengan beragam aksesoris akan meningkatkan daya tarik tersendiri. Kamu bisa mulai explore beberapa aksesori berikut untuk semakin menonjolkan keindahan kebayamu. Yuk disimak!

 

Bros

Aksesori yang Cocok Saat Mengenakan Kebaya/Foto: instagram.com/mahaliniraharja

Salah satu aksesori yang sering ditambahkan saat menggunakan kebaya adalah bros. Aksesori ini dapat memberikan kesan tampilan yang lebih elegan.

Kamu bisa memilih bros berwarna silver untuk kebaya berwarna netral dan bros warna gold untuk kebaya dengan warna lebih cerah. Agar tampak lebih maksimal, pilihlah bros yang memiliki sentuhan mutiara atau kristal dengan ukuran menyesuaikan proporsi badan.

Selendang

Aksesori yang Cocok Saat Mengenakan Kebaya/Foto: instagram.com/therealdisastr

Biasanya selendang akan dipilih sebagai pelengkap kebaya pada acara-acara yang formal. Selendang memberikan kesan tampilan yang feminin dan menawan.

Kain yang dapat dijadikan untuk selendang juga dapat disesuaikan dengan keinginan, misalnya kain yang sama dengan bawahan rok, motif batik, hingga kain tradisional lain seperti songket. Selendang dapat langsung dijahit di atas kebaya maupun tambahan kain yang bisa diletakkan di atas bahu atau dililitkan pada lipatan siku.


Kalung

Aksesori yang Cocok Saat Mengenakan Kebaya/Foto: instagram.com/ralineshah

Pemilihan kalung yang tepat saat berkebaya akan membuat kamu tampak lebih manis. Untuk kebaya dengan payet yang kecil dan warna yang netral, kamu bisa menggunakan kalung dengan ukuran lebih besar.

Kalau kebaya yang akan kamu gunakan penuh payet dengan warna cerah seperti magenta, ungu, atau kuning bisa menggunakan kalung berukuran lebih kecil.

Anting

Aksesori yang Cocok Saat Mengenakan Kebaya/Foto: instagram.com/maudyayunda

Anting menjadi aksesoris yang tidak pernah salah digunakan untuk outfit apapun. Tipsnya adalah memilih anting yang sesuai dengan outfit, termasuk saat menggunakan kebaya. Kamu bisa memilih anting yang sesuai dengan motif kebaya yang digunakan. Bentuk anting tusuk memberikan kesan dewasa dan feminin, sedangkan anting gantung memberikan kesan yang lebih casual.

Hiasan Rambut

Aksesori yang Cocok Saat Mengenakan Kebaya/Foto: instagram.com/annisayudhoyono

Untuk semakin mempercantik keseluruhan tampilan saat memakai kebaya, style rambut dengan model sanggul dengan tambahan hiasan bisa jadi pilihan yang tepat. Kalau kamu sering datang ke acara-acara formal, cobalah untuk memilih hiasan yang warnanya disesuaikan dengan bros dan aksesoris lain agar lebih match. Dijamin penampilanmu akan jauh lebih menawan! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


 

(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *