Berita

Tips Budgeting Akhir Bulan saat Saldo Tipis, Masih Bisa Selamat sampai Gajian

×

Tips Budgeting Akhir Bulan saat Saldo Tipis, Masih Bisa Selamat sampai Gajian

Share this article


Budgeting biasanya dilakukan saat kita telah menerima gaji. Budgeting di awal bulan ini relatif mudah dilakukan karena kita masih bisa mengalokasikan banyak dana untuk kebutuhan dan keinginan. Namun lain jika kita melakukan budgeting di akhir bulan.

Saldo yang menipis sebelum gajian buat kita langsung berhemat. Budgeting di akhir bulan pun terasa lebih sulit karena dana yang kita miliki sangat terbatas. Tenang saja, Beauties! Ada trik budgeting yang bisa kamu lakukan saat lagi boncos seperti yang direkomendasikan Investopedia. Yuk simak!

Prioritaskan Tagihan

Ilustrasi/ Foto: Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya

Jangan biarkan tagihan menumpuk. Tagihan penting seperti biaya sewa tempat tinggal, listrik, air, dan sebagainya harus menjadi prioritas karena bersangkutan dengan kelangsungan hidup. Kemudian, atur waktu pembayaran sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Jika kamu belum punya cukup uang untuk membayar penuh, negosiasikan dengan pihak bersangkutan agar bisa dicicil.

 


Pangkas Tabungan untuk Sementara
Ilustrasi tabungan/Foto: Unsplash/Towfiqu Barbhuiya

Ilustrasi/Foto: Unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya

Umumnya, seseorang menerapkan aturan menabung 50, 30, 20, yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk menabung. Jika kondisi keuanganmu benar-benar tidak baik di akhir bulan atau ada kebutuhan mendesak, kamu bisa pangkas tabungan 20% menjadi 10%, lalu gunakan 10% tersebut untuk kebutuhan. Namun, kamu hanya boleh melakukan ini untuk sementara hanya sampai keuanganmu stabil ya, Beauties!



Hapus Pengeluaran Tidak Penting
Ilustrasi belanja fashion online

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa

Langkah selanjutnya agar selamat di akhir bulan yaitu tidak mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting. Pada kondisi keuangan tidak baik, kamu harus merelakan apa yang keinginan untuk memenuhi apa yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa berhemat dengan membeli makanan yang lebih murah, misalnya dengan memasak sendiri di rumah.

 


Review Pengeluaran Bulan Sebelumnya
Woman distributing family budget

Ilustrasi/ Foto: Thinkstock

Nah tak kalah penting adalah review pengeluaran. Kira-kira apa sih yang menyebabkan kamu boncos di akhir bulan? Untuk mengidentifikasinya, kamu bisa kategorikan pengeluaran, seperti untuk bayar tagihan, makan, keperluan, dan sebagainya.

 


Susun Budget Baru untuk Bulan Berikutnya
Ilustrasi Menabung

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AmnajKhetsamtip

Setelah mengetahui alur pemasukan dan pengeluaran kamu pada bulan sebelumnya, saatnya kamu mengoreksi budget untuk bulan berikutnya. Masih terkategorisasi, kamu bisa melakukan penyesuaian di kategori apa saja yang butuh dana lebih untuk bulan selanjutnya. Selanjutnya, catat semua pengeluaranmu untuk melacak pengeluaran.

Cari Sumber Pemasukan Lain
Asian woman making fruit tart for online selling delivery. Female small business bakery shop owner entrepreneur working in laptop computer and mobile phone get order for customer. Small business work at home concept.

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/CandyRetriever

Cara terakhir agar tetap selamat sampai gajian adalah cari sumber pendapatan lain. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti kerja paruh waktu atau kerja sebagai freelance. Cari proyek apa yang bisa kamu lakukan sesuai dengan kemampuan agar menambah pemasukan. Opsi lain adalah dengan ganti pekerjaan dengan bayaran yang lebih tinggi.

Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *