Berita

5 Daftar Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Nih?

×

5 Daftar Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Nih?

Share this article


Setiap negara di dunia pasti memiliki pulau. Entah berapa pun jumlahnya.

Pertanyaannya sekarang, pernahkah Beauties berpikir negara mana saja yang memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia? Menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini negara dengan pulau terbanyak di dunia versi data World Population Review 2024. Simak!


1. Swedia

Stockholm, Swedia/foto: instagram.com/stockholm.explore

Swedia, negara yang berada di wilayah Skandinavia, Eropa Utara ini menjadi negara pertama dengan pulau terbanyak di dunia.

Berapa total pulau yang dimiliki? Diperkirakan pulau yang berada di Swedia mencapai 267.570 pulau.

Namun, hanya 221.831 pulau yang memiliki nama. Lalu, apakah semuanya berpenghuni? Tidak. Hanya 1.000 pulau di antaranya yang berpenghuni.

2. Norwegia

Rogaland, Norwegia/foto: pexels.com/Stein Egil Liland

Negara di kawasan Skandinavia masih bertahta sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak. Kali ini posisi kedua dipegang oleh Norwegia.

Diketahui, jumlah pulau di Norwegia sebanyak 239.057. Meski terhitung banyak, ternyata hanya sekitar 60 pulau yang berpenghuni. Destinasi favorit yang ada di negara berjuluk ‘Land of Midnight Sun‘ ini adalah pulau Lofoten dan Fjord, teluk dari lelehan gletser.

3. Finlandia

Porvoo, Finlandia/foto: pexels.com/Paul Theodor Oja

Selain memecahkan rekor sebagai negara dengan penduduk paling bahagia sedunia, Finlandia juga bertengger sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia.

Total pulau yang ada di Finlandia adalah 178.947. Namun, hanya sekitar 780 pulau di antaranya yang memiliki kehidupan manusia. Dari sekian banyaknya pulau yang ada, pulau Soisalo menjadi pulau terbesar di Finlandia.

Luas Soisalo diperkirakan sekitar 1.635 kilometer persegi.


4. Kanada

Field, Kanada/foto: pexels.com/James Wheeler

Kalau posisi 3 besar telah didominasi negara di Benua Eropa, kini posisi ke-4 diraih oleh Kanada. Diketahui, negara Kanada memiliki 52.455 pulau.

Beauties, tahukah pulau Baffin? Melansir Britannica, pulau Baffin yang terletak di Kanada ini menjadi pulau terbesar di Amerika sekaligus top 5 pulau terbesar di dunia. Luasnya sendiri mencapai 507.451 kilometer persegi.

5. Chili

Kepulauan Juan Fernandez, Chili/foto: instagram.com/chiletravel

Menyusul Kanada, Chili juga masuk 5 besar negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Total pulaunya mencapai 43.471.

Siapa sih yang tidak mengenal negara Chili? Negara satu ini disebut-sebut menjadi salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Berapa panjangnya? Sekitar 6.500 km dengan garis pantai yang menghadap langsung ke Samudera Pasifik.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia masuk 10 besar nggak, sih? Merujuk data yang dihimpun World Population Review, Indonesia menduduki posisi ke-7 dengan jumlah pulau mencapai 17.504. Meski begitu, Indonesia menjadi negara dengan pulau terbanyak di Asia.

Itulah 5 negara dengan pulau terbanyak di dunia. Gimana, apakah Beauties pernah mengunjunginya? Kalau pernah, kemanakah itu? Coba komen di bawah ya!

***                                                      

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *