Berita

7 Lagu K-Pop yang Berhasil Raih Real-Time All Kill (RAK) di 2024 Sejauh Ini, Apa Saja?

×

7 Lagu K-Pop yang Berhasil Raih Real-Time All Kill (RAK) di 2024 Sejauh Ini, Apa Saja?

Share this article


Beauties, pernahkah kamu mendengar istilah Real-Time All Kill (RAK)? Para penggemar K-Pop mungkin sudah familier dengan salah satu istilah dalam chart musik Korea Selatan yang satu ini. RAK sendiri dicapai ketika sebuah lagu menjadi nomor satu di semua tangga lagu ‘real-time iChart’, Beauties.

Persaingan dalam industri musik Korea Selatan yang begitu ketat membuat Real-Time All Kill (RAK) sulit diraih, namun tujuh lagu Korea yang dirilis pada paruh pertama tahun ini berhasil mendapatkan predikat tersebut.


Love wins all – IU

Potret IU / Foto: x.com/_IUofficial

Lagu yang diberi judul “Love wins all” karya IU ini menjadi lagu Korea pertama di tahun 2024 yang sukses mencapai Real-Time All Kill (RAK). Single pra-rilis album mini ke-6 IU bertajuk “The Winning” tersebut dirilis pada 24 Januari 2024.

Penyanyi solo wanita Korea ini mengejutkan penggemar dengan menggaet V BTS sebagai aktor lawan mainnya dalam video musik untuk lagu “Love wins all”. Hal tersebut membuat ARMY (nama fandom resmi BTS) antusias lantaran dapat melihat sang idola kembali berakting walaupun hanya lewat sebuah MV.

Meski sudah lebih dari setengah tahun sejak perilisan perdana lagu ini, lagu “Love wins all” masih banyak didengar dan dicintai oleh banyak orang, termasuk di kalangan artis Korea yang kerap meng-cover lagu dalam album terbaru IU yang dirilis pertama tersebut.

밤양갱 (Bam Yang Gang) – 비비 (BIBI)

Potret BIBI / Foto: x.com/nakedbibi

Pada 13 Februari 2024, BIBI merilis single yang sangat dinantikan berjudul “Bam Yang Gang”. Judul lagu ini diambil dari nama dessert tradisional Korea yaitu bamyanggaeng yang berarti “jeli kacang merah kastanye” dalam bahasa Indonesia.

Lagu yang memiliki lirik yang pilu tersebut hanya membutuhkan waktu kurang dari dua minggu untuk mendapatkan sertifikasi Real-Time All Kill (RAK), membuktikan popularitas BIBI sebagai penyanyi Korea.

Solois wanita kelahiran tahun 1998 ini juga membawakan lagu “Bam Yang Gang” di panggung Coachella 2024 sebagai bagian lineup 88rising Futures.

Fate – (G)I-DLE (여자)아이들

Potret (G)I-DLE / Foto: x.com/G_I_DLE

Sepanjang kariernya sebagai grup K-Pop, (G)I-DLE selalu mengeluarkan lagu hits setiap comeback.

Di comeback pertama (G)I-DLE tahun ini, girl group beranggotakan lima orang tersebut juga mendapat atensi besar dari fans K-Pop, namun bukan melalui title track full album ke-2, melainkan b-side berjudul “Fate”.

Tak disangka-sangka, lagu yang merupakan bagian dari album bertajuk “2” ini perlahan-lahan merangkak naik di tangga lagu Korea Selatan hingga akhirnya sukses meraih Real-Time All Kill (RAK) pertama pada 18 Maret 2024, hampir dua bulan sejak dirilis pertama kali pada akhir Januari lalu.

Lagu berdurasi kurang dari tiga menit ini kini menjadi lagu girlband Korea dengan cumulative Unique Listeners (ULs) terbanyak di MelOn pada paruh pertama tahun 2024.

Magnetic – ILLIT (아일릿)

Potret ILLIT / Foto: x.com/BELIFTLAB

Meski masih berstatus sebagai rookie (pendatang baru) di industri musik Korea Selatan, ILLIT telah menoreh prestasi yang membanggakan, salah satunya title track atau lagu utama debut mini album berjudul “Magnetic” yang berhasil meraih Real-Time All Kill (RAK).

Sejak pertama kali dirilis pada 25 Maret 2024, lagu berdurasi 3 menit 9 detik ini langsung disambut hangat dan menerima banyak cinta dari para penggemar, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mengikuti dance challenge lagu tersebut di TikTok.

ILLIT sendiri merupakan girl group jebolan R U Next?, survival show Korea Selatan yang dibentuk oleh HYBE dan JTBC. Grup K-Pop beranggotakan lima orang ini debut dengan album mini pertama bertajuk “SUPER REAL ME” di bawah naungan BELIFT LAB.

SPOT! (feat. JENNIE) – Zico (지코)

Potret Zico dan Jennie BLACKPINK / Foto: x.com/zico_koz

Zico menggaet Jennie BLACKPINK untuk berkolaborasi dalam digital single ke-11 miliknya berjudul “SPOT!”.

Kolaborasi epik ini disambut hangat oleh para penggemar, terbukti dari pencapaiannya di chart musik Korea Selatan. Lagu yang dirilis pada 26 April 2024 ini menjadi satu-satunya lagu dari idol K-Pop generasi ke-3 yang meraih sertifikasi Real-Time All Kill (RAK) di 2024 sejauh ini.

Lagu “SPOT! (feat. JENNIE)” karya Zico tersebut juga berhasil membawa trofi kemenangan sebanyak dua kali di music show Korea.

Supernova – aespa 에스파

Potret aespa / Foto: x.com/aespa_official

aespa kembali mengguncang industri musik Korea Selatan dan global dengan perilisan full album pertama bertajuk “Armageddon” pada 27 Mei 2024. Berbeda dengan comeback sebelumnya, girl group asuhan SM Entertainment tersebut kali ini mengeluarkan dua title track yaitu “Supernova” dan “Armageddon”.

“Supernova” menjadi lagu utama pertama yang dirilis terlebih dahulu pada 13 Mei 2024. Lagu yang dinilai sangat sesuai dengan warna musik aespa ini menjadi lagu girlband Korea tercepat yang mendapatkan predikat Real-Time All Kill (RAK).

Hampir sebulan setelah rilis, atau tepatnya pada Jumat, (12/07), lagu dengan musik yang begitu catchy tersebut telah meraih RAK sebanyak 716 kali.

Small girl feat. 도경수 (D.O.) – 이영지 (Lee Young Ji)

Potret Lee Young Ji dan D.O. EXO / Foto: x.com/dokgodieinsaeng

Lee Young Ji lagi-lagi menjadi perbincangan hangat netizen usai merilis lagu kolaborasi dengan D.O. EXO berjudul “Small girl”.

Disambut antusias, lagu tersebut berhasil meraih Real-Time All Kill (RAK) hanya dalam kurun waktu empat hari setelah dirilis pada 21 Juni 2024.

Para penggemar gemas melihat interaksi kedua artis Korea ini terutama saat idol K-Pop yang resmi menggunakan nama Doh Kyung Soo setelah hengkang dari SM Entertainment tersebut mencium pipi Lee Young Ji  di akhir video musik lagu “Small girl feat. 도경수 (D.O.)”. Meski adegan ini tertulis dalam script, kemampuan akting luar biasa D.O. membuat scene tersebut terlihat natural.

Selain itu, karakter vokal Lee Young Ji dan D.O. yang unik dan berbeda satu dengan yang lain menyatu secara indah dalam lagu yang enak didengar saat santai ini.

Tak heran jika banyak fans yang mencap lagu duet rapper Korea dengan anggota EXO tersebut sebagai salah satu kolaborasi terbaik sepanjang masa.

Buat bangga penggemar, itulah tujuh lagu K-Pop keluaran paruh pertama tahun ini yang berhasil mendapatkan predikat Real-Time All Kill (RAK). Apakah ada lagu favoritmu dalam daftar ini?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *