Berita

7 Penyebab Tangan Sering Tremor, Alarm Tubuh yang Wajib Diperhatikan!

×

7 Penyebab Tangan Sering Tremor, Alarm Tubuh yang Wajib Diperhatikan!

Share this article


Tremor merupakan kontraksi otot berirama, yang terjadi karena tidak disengaja dan membuat bagian tubuh tampak bergetar. Getaran pada tangan ini mungkin terlihat ketika seseorang mengulurkan tangan lurus di depan tubuh saat mereka sedang cemas atau stres.

Sebagian besar tremor terjadi pada tangan. Tapi juga bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti kepala, kaki, dan lengan. Tremor bisa disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari yang biasa hingga tanda penyakit tertentu. 

Apa saja penyebab tremor yang terjadi pada tangan? Simak rangkumannya dari Reader’s Digest!

 

1. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Terlalu banyak minum kopi/Foto:freepik.com/diana.grytsku

Bagi orang yang tidak biasa konsumsi kafein, ketika mengonsumsi kafein terlalu banyak akan menyebabkan tangan gemetar.

Batasi konsumsi kafein harian yaitu sebanyak 400 mg kafein atau setara dengan empat hingga lima cangkir kopi, menurut Food and Drug Administration

Terlalu banyak kafein juga menyebabkan efek samping seperti gelisah, insomnia, kecemasan, dan detak jantung cepat. Tangan yang gemetar adalah peringatan bahwa kamu harus segera berhenti minum kopi. 

3. Hipertiroidisme

Hipertirodisme/Foto:freepik.com/freepik

Tiroid adalah kelenjar kecil di leher yang membantu mengontrol jantung, pencernaan, metabolisme dan fungsi tubuh lainnya.

Ketika tiroid bekerja terlalu keras, kamu akan mengalami detak jantung yang berdebar kencang, getaran halus di tangan, hingga penurunan berat badan.

 

3. Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan/Foto:freepik.com/ tirachardz

Saat kamu menyalahgunakan alkohol, tangan akan merasa gemetar. Kondisi ini terjadi karena alkohol mengubah kimia otak dan memaksa tubuh bekerja secara berlebihan.

Tremor akan terjadi dalam durasi 24 hingga 48 jam setelah minuman terakhir dan kemudian akan berangsur-angsur membaik dalam waktu lima hari. 

4. Keracunan Merkuri

Kerang yang mengandung merkuri/Foto:freepik.com/freepik

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, keracunan merkuri jarang terjadi, tapi jika hal itu terjadi akan menjadi racun bagi sistem saraf. Kondisi ini yang menyebabkan tangan tremor.

Jika paparan merkuri terus terjadi dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan kerusakan anggota tubuh lainnya, seperti gangguan memori hingga kebutaan. 


5. Gangguan Kecemasan Sosial

Gangguan kecemasan sosial/Foto:freepik.com/freepik

Menurut International Essential Tremor Foundation, gangguan kecemasan sosial bisa berdampak pada fisik. Kondisi kecemasan ini akan akan terjadi jika seseorang berbicara di depan umum atau harus bertemu dengan seseorang. 

Orang dengan kondisi gangguan saraf akan mengalami tremor ketika dihadapkan dengan kecemasan sosial hingga stres. 

6. Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson/Foto:freepik.com/freepik

Ketika tangan gemetar bisa jadi bahwa kamu menderita penyakit parkinson. Penyakit parkinson menyebabkan tangan gemetar ketika sedang bersantai atau istirahat.

Ketika tangan gemetar biasanya disertai dengan tangan yang kaku, lambatnya gerakan, hingga masalah keseimbangan. 

7. Kurang Tidur

Kurang tidur/Foto:freepik.com/benzoix

Tidur yang tidak cukup bisa menyebabkan berbagai masalah, salah satunya tremor. Kurang tidur atau stres yang berlebih akan memperparah guncangan tersebut.

Pastikan kamu mendapatkan asupan tidur yang cukup karena tidur malam yang cukup itu penting untuk mengurangi stres. Kamu juga bisa melakukan olahraga untuk membantu menunjang kualitas tidur yang baik. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *