Berita

8 Fakta Unik Sri Lanka, Negara yang Dijuluki “Tetesan Air Mata India”

×

8 Fakta Unik Sri Lanka, Negara yang Dijuluki “Tetesan Air Mata India”

Share this article


Sri Lanka merupakan permata tersembunyi di Samudra Hindia. Selain pantai yang indah dan margasatwa yang menakjubkan, negara yang terletak di sebelah tenggara India ini masih mempunyai keunikan lain yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari julukan negara Sri Lanka hingga rekor yang dipecahkannya, berikut adalah 8 fakta unik Sri Lanka dikutip dari India Odyssey Tours.

1. Dikenal sebagai “Mutiara Samudra Hindia” dan “Tetesan Air Mata India”





Julukan negara Sri Lanka/ Foto: Unsplash.com/@omersukrugoksu

Sri Lanka dijuluki sebagai “mutiara Samudra Hindia” dan “tetesan air mata India”. Alasan negara ini disebut “mutiara Samudra Hindia” karena keindahan alamnya yang menakjubkan, keanekaragaman hayati yang luar biasa, dan batu permatanya yang berharga.

Kemudian, negara kepulauan ini berbentuk tetesan air mata dan berada di lepas pantai India, yang lebih mudah dilihat dari peta. Itulah mengapa Sri Lanka juga disebut sebagai “tetesan air mata India”.

2. Dipenuhi dengan Berbagai Macam Hewan




Satwa yang ada di Sri Lanka sangat  beragam/ Foto: indiaodysseytours.com
Satwa yang ada di Sri Lanka sangat beragam/ Foto: indiaodysseytours.com

Sri Lanka hanya mencakup area seluas 25.332 mil². Namun, satwa liarnya sangat beragam. Negara ini merupakan rumah bagi 123 spesies mamalia (seperti gajah, macan tutul, dan buaya), 227 spesies burung, 178 spesies reptil, 122 spesies amfibi, dan masih banyak lagi.

Bagi para penggemar satwa liar, Taman Nasional Yala wajib dikunjungi saat berkunjung ke Sri Lanka. Lebih lanjut, bagi wisatawan yang tertarik dengan ikan paus, perjalanan ke Mirissa atau Trincomalee tampaknya akan sangat cocok.

3. Bendera Nasional Sri Lanka Merupakan Salah Satu Bendera Tertua di Dunia

Bendera nasional Sri Lanka/ Foto: wikipedia.org

Dilansir dari Rickshaw Travel, bendera nasional Sri Lanka adalah salah satu bendera tertua di dunia. Konon, bendera singa emas dibawa oleh raja pertama Sri Lanka, Vijaya, dari India.

Singa emas tetap menjadi bagian dari bendera sampai 1815 ketika Sri Lanka menjadi Ceylon Britania. Singa emas yang memegang pedang diperkenalkan kembali pada tahun 1948 setelah kemerdekaan dicapai pada tahun yang sama.

 

4. Teh adalah Bisnis Besar di Sri Lanka

Industri teh Sri Lanka/ Foto: srilankabusiness.com

Jika kamu seorang penggemar teh, secangkir tehmu mungkin berasal dari Sri Lanka. Dibawa dari China pada 1824 oleh Inggris, tanaman teh pertama di pulau ini dipajang di Royal Botanical Gardens. Sri Lanka masih menjadi produsen dan eksportir teh terkemuka, dengan lebih dari 1 juta dari 22 juta penduduknya bekerja di industri teh.

Bagi para penggemar teh yang sedang berwisata di Sri Lanka, pastikan untuk mengunjungi Museum Teh Ceylon yang terletak hanya 4 km di selatan Kandy. Museum tersebut adalah tempat yang ideal untuk menikmati secangkir teh dan belajar tentang sejarah teh di Sri Lanka. 

5. Bola Voli adalah Olahraga Nasional Sri Lanka

Bola voli sangat populer di Sri Lanka/ Foto: lankanewspapers.com

Meskipun olahraga yang paling populer di negara ini adalah kriket, tetapi bola voli dijadikan sebagai olahraga nasional. Sri Lanka memperkenalkan permainan ini pada 1916 dan mendapatkan popularitas yang luar biasa dalam beberapa tahun. Pada 1951, Federasi Bola Voli didirikan dan secara resmi dinyatakan sebagai permainan nasional Sri Lanka pada 1991.

6. Adam’s Peak atau Sri Pada Adalah Gunung yang Paling Suci di Negara Ini

Mengenal Sri Pada atau Adam’s Peak di Sri Lanka/ Foto: lankatourexperts.com

Dikutip dari Britannica, Adam’s Peak terletak sekitar 18 km (11 mil) di timur laut Ratnapura, ibu kota provinsi Sabaragamuwa, Sri Lanka. Gunung tersebut diperkirakan mencapai 2.304 meter atau 7.559 kaki.

Salah satu daya tarik dari Adam’s Peak adalah puncaknya yang terdapat sebuah jejak kaki (Sinhala) dengan panjang 170 cm dan lebar 46 cm. Bagi umat Hindu, itu adalah jejak kaki Dewa Siwa.


 

7. Salah Satu Produsen Kayu Manis Terbesar di Dunia

Negara penghasil kayu manis/ Foto: srilankabusiness.com

Selain sebagai salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia, Sri Lanka terkenal dengan kayu manisnya. Rempah yang sering dipakai untuk pemanis dan wangi masakan ini dikatakan pertama kali ditemukan oleh orang Mesir pada 2000 SM. Saat ini, Sri Lanka masih menjadi pengekspor kayu manis terkemuka di dunia. 

8. Negara Pertama di Dunia yang Memiliki Perdana Menteri Perempuan

Sirimavo Bandaranaike/ Foto: kids.britannica.com

Pada Juli 1960, Sirimavo Bandaranaike, pemimpin Partai Kebebasan Sri Lanka, memenangkan pemilihan umum dan menjadi perdana menteri perempuan pertama di dunia. Bandaranaike mengabdi pada Sri Lanka selama tiga periode sebelum dia mengundurkan diri pada Agustus 2000 karena kesehatannya menurun. Pada usia 84 tahun, Bandaranaike meninggal karena serangan jantung pada tahun yang sama setelah pemungutan suara dalam pemilihan parlemen.

Itulah informasi mengenai fakta unik Sri Lanka, sebuah negara kepulauan di pesisir tenggara India. Dari beberapa fakta unik di atas, kamu baru tahu yang mana, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


 

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *