Berita

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 7 Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

×

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 7 Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

Share this article


Rambut yang sehat dan berkilau tentu tak bisa didapatkan hanya dengan keramas saja, Beauties. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan di rumah untuk mewujudkannya, mulai dari melakukan serangkaian perawatan khusus rambut hingga beralih ke hidup yang lebih sehat.

Rambut yang jarang dirawat akan mengalami banyak masalah seperti rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang, hingga berketombe. Banyak  perempuan memilih ke salon agar rambut selalu terawat, padahal kamu juga bisa melakukan perawatannya meskipun hanya di rumah, lho.

Selain bisa menghemat budget, perawatan rambut di rumah ini juga cocok untuk me-time yang sederhana. Berikut ada panduan cara merawat rambut di rumah yang bisa dilakukan!

1. Memakai Clarifying Shampoo





Memakai clarifying shampoo/ foto: freepik.com

Perawatan rambut pertama yang bisa dilakukan yakni menggunakan clarifying shampoo. FYI, clarifying shampoo berbeda dengan shampoo yang kamu pakai biasanya. Produk tersebut efektif membersihkan penumpukan produk pada rambut dan kulit kepala.

Walaupun rambutmu telah menggunakan hairspray, mousse maupun gel, dengan memakai ini bisa bersih kembali, lho. Selain itu, clarifying shampoo nggak akan membuat rambutmu kering.

Cara menggunakannya juga mudah, oleskan ke rambut yang telah dibasahi, lalu pijat lembut hingga berbusa, lalu diamkan sekitar satu sampai dua menit. Kemudian bilas sampai bersih.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat




Panduan perawatan rambut
Mengonsumsi makanan sehat/ foto: freepik.com

Mengonsumsi makanan sehat  juga membuat rambutmu sehat dan berkilau. Banyak pilihan menu sehat yang bisa kamu santap setiap hari, misalnya ikan, zaitun, telur, bayam, kacang-kacangan, bluberi dan alpukat yang bagus untuk kulit dan rambut.

Beberapa penelitian juga membuktikan, menjadikan minyak ikan sebagai asupan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Saat rambut tumbuh dengan sehat, ini bisa menghindarkan dari masalah kerontokan dan masalah rambut lainnya.

3. Mengoleskan Serum Rambut




Panduan perawatan rambut
Mengoleskan serum rambut/ foto: freepik.com/ ArtPhoto_studio

Untuk mendapatkan rambut yang halus dan berkilau, jangan lewatkan penggunaan serum rambut. Kamu bisa memilih serum yang mengandung biotin, gliserin, protein dan minyak argan agar rambut senantiasa sehat dan berkilau.

Tetapi, gunakan serum setelah keramas ya, Beauties. Lebih tepatnya lagi saat rambut setengah kering, kamu bisa mengoleskan serumnya.

4. Bilas Rambut dengan Air Dingin 




Panduan perawatan rambut
Bilas rambut dengan air dingin/ foto: freepik.com

Beauties, apakah kamu selama ini sering membilas rambut dengan air hangat? Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut karena hal ini bisa memicu permasalahan rambut. Walaupun air hangat membuatmu nyaman, tetapi nyatanya bisa membuat rambut kering dan kusut.

Lebih baik bilas rambut dengan air dingin agar kutikula tertutup. Saat kutikula tertutup, kelembaban alami rambut bisa tetap terjaga.

5. Menggunakan Masker Rambut




Panduan perawatan rambut
Menggunakan masker rambut/ foto: freepik.com/ racool_studio

Masker rambut nggak boleh dilupakan karena bisa membuat rambutmu berkilau sepanjang hari. Nggak perlu setiap hari, kamu juga bisa memakai masker rambut sekali dalam seminggu.

Masker nggak hanya membuat rambut berkilau, tetapi bisa menutrisi rambut, melembutkan dan menghindari kerontokan rambut.

6. Rutin Memotong Ujung Rambut




Panduan perawatan rambut
Rutin memotong ujung rambut/ foto: freepik.com

Disarankan, memotong ujung rambut dengan teratur untuk menghilangkan bagian yang bercabang. Hal ini bertujuan agar rambut senantiasa sehat dan nggak kering.

7. Pakai Sisir yang Tepat




Panduan perawatan rambut
Pakai sisir yang tepat/ foto: freepik.com

Banyak perempuan menganggap sisir sepele untuk kaum perempuan, padahal sisir memiliki peranan penting untuk rambut. Hindari menyisir rambut saat masih basah karena akan memicu kerontokan rambut. Agar rambut tetap halus, pakai sisir bergigi lebar untuk menghindari kerutan dan rambut kusut.

Itu dia tujuh panduan cara merawat rambut agar sehat dan membuatnya tetap berkilau. Walaupun kamu sibuk, sempatkan menjaga kesehatan rambut ya, Beauties. Jangan sampai membiarkan kerusakan rambut semakin parah!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *