Berita

Perluas Networking, Ini 6 Cara Mudah Meningkatkan Keterampilan Sosial Menurut Psikolog

×

Perluas Networking, Ini 6 Cara Mudah Meningkatkan Keterampilan Sosial Menurut Psikolog

Share this article


Keterampilan sosial tidak datang secara alami kepada seseorang. Kamu mungkin terbiasa menjalani hidup dengan menyendiri. Atau kamu termasuk orang yang tidak mudah bergaul. Beauties, butuh perjalanan panjang untuk menumbuhkan keterampilan sosial yang lebih baik. Karena itu, kamu perlu membangun keterampilan sosial ini dengan cara-cara tertentu.

Kamu ingin memiliki keterampilan sosial yang lebih baik agar mudah bergaul? Menurut psikolog dilansir dari Hack Spirit, ada beberapa cara yang sangat mudah untuk meningkatkan skill ini. Yuk, simak!

Ajukan Pertanyaan Terbuka





Ilustrasi/Foto: Freepik

Keterampilan sosial berkaitan erat dengan hubungan seseorang dengan orang lain. Ketika berbicara tentang cara mengenal orang lain, kamu bisa mengajukan pertanyaan terbuka, bukan pertanyaan yang jawabannya sekadar ya atau tidak. Ini adalah cara yang biasa digunakan oleh psikolog atau terapis dalam berkomunikasi.

Belum tau bagaimana cara mengajukan pertanyaan terbuka? Kamu bisa memulainya dengan bertanya, “Apa yang membawamu ke sini hari ini?” atau “Bagaimana perasaanmu?” atau “Apa pendapatmu tentang hal ini?”

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini dirancang untuk percakapan lebih lanjut. Orang lain tidak akan hanya menjawabnya dengan “ya/tidak/mungkin” dan berhenti di situ saja. Pertanyaan tadi membutuhkan jawaban panjang sehingga bisa membuat percakapan mengalir dan mengenal lawan bicaramu dengan lebih baik.

Berikan Pujian yang Tulus

Berikan Pujian yang Tulus/Foto: Freepik

Ketika kamu benar-benar tidak yakin harus memulai percakapan dari mana, cobalah untuk memberikan pujian kepada orang lain. Ini adalah cara mudah selanjutnya dalam meningkatkan keterampilan sosial.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa memberikan pujian kepada orang lain sangatlah penting. Hal ini bisa melatih seseorang untuk membangun hubungan yang kuat, meningkatkan komunikasi yang sehat, memotivasi orang, dan meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri seseorang.

Memperbarui Berbagai Topik

Memperbarui Berbagai Topik/Foto: Freepik/Freepic.diller

Sebuah pepatah mengatakan bahwa pengetahuan adalah kekuatan. Memiliki pengetahuan dan pemahaman luas tentang berbagai topik memberi kamu fleksibilitas percakapan. Dengan begitu, kamu memiliki lebih banyak pokok pembicaraan yang dapat menghubungkan kamu dengan lebih mudah dengan orang yang berbeda.

Ini juga akan membuat kamu lebih mudah didekati dan tampak menarik. Pasalnya, orang-orang cenderung lebih senang berbicara dengan orang yang memiliki rasa ingin tahu dan berpikiran terbuka.

Berteman dengan Ekstrovert

Berteman dengan Ekstrovert/Foto: Unsplash/Elevate

Menjalin hubungan dengan seorang ekstrovert akan mengajari kamu banyak hal dalam hal sosialisasi. Jika kamu ingin membangun kebiasaan yang bertahan lama, kamu perlu bergabung dengan kelompok di mana perilaku yang diinginkan adalah perilaku normal.

Misalnya, jika kamu ingin bugar, maka bergabunglah dengan klub gym. Jika kamu ingin sukses dalam bisnis, bertemanlah dengan pengusaha. Jadi, jika kamu ingin bersosialisasi, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang hidup seperti itu.

Kebiasaan, sikap, kepercayaan diri, dan antusiasme seorang ekstrovert dalam berosialisasi akan menular kepadamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah bersosialisasi.


Menciptakan Tujuan Sosial

Menciptakan Tujuan Sosial/Foto: Freepik

Cara lain yang bisa membantu kamu membangun keterampilan sosial yang lebih baik adalah menciptakan tujuan untuk bersosialisasi. Kamu bisa memulai dari hal-hal kecil, seperti melakukan percakapan singkat dengan orang asing saat mengantri, atau memperkenalkan diri kepada tiga orang baru di sebuah acara.

Setelah itu, kamu bisa beralih ke hal yang lebih besar, seperti mengundang beberapa orang untuk makan malam. Setiap kali kamu berhasil mencapai suatu tujuan, ini akan membawa rasa percaya dirimu menjadi lebih kuat dalam bersosialisasi.

Temukan Orang yang Menyukai Hal-Hal yang Kamu Sukai

Temukan Orang yang Menyukai Hal-Hal yang Kamu Sukai/Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Beauties, apa kamu suka baca buku? Atau kamu punya hobi lain di luar jam kerja? Apa pun yang kamu senangi, pasti ada orang lain di luar sana yang menyukai hal yang sama denganmu. Dan inilah cara mudah untuk meningkatkan keterampilan sosialmu.

Kamu bisa bersikap proaktif dengan bergabung pada grup online terkait hobimu. Adanya ketertarikan yang sama terhadap satu hal ini bisa membuka pintu untuk lebih banyak percakapan yang menarik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *