Berita

5 Makanan Korea yang Paling Digemari di Indonesia, Kamu Sudah Coba Semua?

×

5 Makanan Korea yang Paling Digemari di Indonesia, Kamu Sudah Coba Semua?

Share this article


Bukan hanya terkenal dengan drama, film, dan musiknya saja, tapi makanan khas Korea Selatan juga mulai digemari oleh banyak orang di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Campuran rasa manis, asin, gurih, dan pedas bisa kamu rasakan ketika menyantap makanan khas negeri ginseng ini.

Mulai dari tteokbokki, kimbap, hingga bulgogi adalah beberapa makanan Korea yang disukai oleh orang Indonesia. Selain itu, masih ada beberapa makanan lezat lainnya yang cukup digemari di negara kita ini. Yuk, simak daftar lengkapnya di sini, Beauties!


Tteokbokki

Tteokbokki/ Foto: freepik.com/jcomp

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan kaki lima asal Korea Selatan ini? Kita sudah sering melihatnya di drama, film, maupun variety show Korea, sehingga kamu pasti sudah tidak asing lagi. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak restoran yang menjualnya dan sebagian besar laku keras.

Tteokbokki terbuat dari tepung beras non-ketan yang membuat teksturnya terasa kenyal. Biasanya, tteokbokki dihidangkan bersama dengan telur, sosis, odeng, atau bahkan mie. Cita rasa khas dari makanan ini tidak hanya didapatkan dari teksturnya yang kenyal saja, tapi juga bumbu gochujang yang menjadi salah satu bahan utamanya.

Rasa manis, pedas, dan gurih dari tteokbokki  membuat beberapa idol Korea ketagihan memakannya, seperti Joshua Seventeen, Suga BTS, dan Chanyeol EXO. Melansir dari  Allkpop, Suga pernah mengatakan bahwa tteokbokki merupakan salah satu makanan yang tidak bisa ia lewatkan meski sedang diet.

Kimbap
Kimbap/ Foto: Freepik.com/jcomp

Kimbap/ Foto: Freepik.com/jcomp

Bentuknya mungkin mirip dengan sushi, tapi sebenarnya isian kimbap cukup berbeda. Kimbap adalah nasi yang dibungkus kim (rumput laut kering), lalu diisi dengan sayuran seperti wortel dan bayam, telur, serta sosis. Kimbap populer di Indonesia karena lebih praktis untuk dimakan ketika sedang sibuk.

Tidak hanya itu, rasa gurih dan manis dari nasinya pun dapat membuat orang-orang lebih menikmati makan siangnya tersebut. Rasa gurih dan manis ini berasal dari minyak wijen yang menjadi bumbu utama saat membuat kimbap.

Biasanya, para idol Korea lebih sering makan kimbap ketika jadwalnya sangat padat, karena mereka harus berpindah dari satu studio ke studio lain dengan cepat.

Corn Dog

Corn Dog/ Foto: freepik.com/freepik

Orang-orang juga sering menyebutnya dengan nama hot dog khas Korea Selatan. Sama seperti tteokbokki, corn dog pun lebih dikenal sebagai jajanan kaki lima yang mengenyangkan. Bukan hanya populer di Indonesia, tapi jajanan ini pun sempat viral di negara lainnya.

Dikutip dari  The Takeout, corn dog terbuat dari tepung terigu dan beras yang di dalamnya berisi sosis dan keju mozarella, lalu adonan ini diselimuti tepung roti dan digoreng sampai kering bagian luarnya. Dengan rasanya yang cukup mirip jajanan Indonesia lainnya, corn dog semakin digemari oleh orang-orang Indonesia.

Japchae

Japchae/ Foto: Allkpop.com

Jika melihat dari visualnya saja, mungkin kamu mengira japchae hanya bihun biasa. Namun, sebenarnya japchae merupakan hidangan ikonik Korea yang memiliki rasa dan tekstur harmonis, sehingga banyak orang Indonesia yang menyukainya.

Hidangan ini menggunakan mie yang terbuat dari tepung ubi jalar yang membuat teksturnya lebih kenyal dibanding bihun biasa. Kemudian, japchae akan diisi dengan sayuran iris tipis yang terdiri dari bawang bombay, wortel, paprika, bayam, hingga jamur.

Japchae menjadi salah satu hidangan Korea yang memiliki sejarah panjang, karena hidangan ini sudah ada sejak Dinasti Joseon.

Bulgogi
Ilustrasi masakan Korea Selatan bernama beef bulgogi yang berasal dari olahan daging sapi/freepik/topntp26

Ilustrasi bulgogi/ freepik/topntp26

Kamu pasti sudah sering mendengar makanan Korea yang satu ini, ‘kan? Ya, sudah banyak restoran Korea di Indonesia yang menjual bulgogi, sehingga kamu pasti bisa menemukannya dengan mudah.

Mungkin sebagian dari kalian bingung, apa yang membuat bulgogi berbeda dengan hidangan daging lainnya? Bulgogi populer di berbagai negara, karena hidangan ini memiliki perpaduan rasa manis, asin, dan gurih yang pas. Selain itu, tekstur daging pada hidangan ini juga cenderung lebih lembut.

Bulgogi biasa disajikan dengan kubis, bawang merah, bawang bombay, dan jenis sayuran lainnya, untuk membuat rasanya lebih nikmat. Selain itu, kamu juga bisa menikmati hidangan daging yang lezat ini dengan nasi putih hangat. Perpaduan rasa bulgogi dan nasi putih hangat ini dapat membuatmu ketagihan.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *