Berita

Dukungan Beyonce untuk Kamala Harris, Calon Presiden Amerika Serikat

×

Dukungan Beyonce untuk Kamala Harris, Calon Presiden Amerika Serikat

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Lagu “Freedom” milik Beyonce digunakan oleh Kamala Harris dalam kampanye pertama dia sebagai calon presiden di Pemilihan Presien Amerika Serikat 2024. Usai Joe Biden mengundurkan diri dari pencalonan, Harris, sang wakil presiden, kini menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

Dikutip dari The New York Times, berdasarkan penuturan sumber terdekat, izin penggunaan lagu tersebut diberikan hanya beberapa jam sebelum rapat staf kampanye Harris. Beyonce, yang terkenal sangat berhati-hati dengan penggunaan karyanya, memberikan persetujuan tanpa banyak basa-basi. Meskipun tim kampanye Harris dan Beyonce belum memberikan komentar resmi, penggunaan lagu ini telah menciptakan spekulasi akan dukungan penuh dari sang superstar

Harris juga menggunakan bagian chorus lagu tersebut saat mengakhiri rapat di Wilmington. “Freedom / Freedom / I can’t move / Freedom, cut me loose / Singin’, freedom / Freedom / Where are you? / ‘Cause I need freedom, too,” lirik lagu itu menggema usai Harris menutup pidato kampanye hari itu. 

Kemudian, pada hari berikutnya, di Wisconsin, perempuan pertama Amerika Serikat yang menduduki jabatan sebagai wakil presiden itu juga kembali menggunakan lagu “Freedom” dalam kampanyenya.

“Freedom” merupakan hasil kolaborasi dengan Kendrick Lamar dan termasuk dalam album Beyoncé yang dirilis tahun 2016, Lemonade. Lirik lagu tersebut memang memiliki makna mendalam tentang kebebasan dan perjuangan. 

“Freedom” meskipun tidak pernah dirilis sebagai single resmi, tetap menjadi salah satu lagu paling berpengaruh dalam album Lemonade. Lagu ini bahkan pernah menduduki puncak Billboard Hot 100 di posisi 35 pada tahun 2016.

Kilas Balik Dukungan Politik Beyonce 

Beyonce memiliki catatan panjang dalam mendukung kandidat dari Partai Demokrat. Pada 2013, dia tampil menyanyikan lagu kebangsaan saat pelantikan Presiden Barack Obama. Tiga tahun kemudian, pada 2016, Beyonce dan suaminya, Jay-Z, menjadi headliner konser pra-pemilihan Hillary Clinton di Cleveland, Ohio.

Kemudian, pada 2020, ia secara terbuka mendukung pasangan Joe Biden dan Kamala Harris melalui unggahan di Instagramnya, @beyonce. Ia mengajak para pengikutnya untuk menggunakan hak suara mereka. 

“Come thru, Texas (datanglah, Texas), ” tulis pelantun “Crazy in Love” itu, dengan unggahan dirinya mengenakan masker bertulisan ‘Biden Harris’ dan pin di topinya yang berbunyi I voted (aku memilih). 

Setelah pengumuman Joe Biden tentang dukungannya kepada Kamala Harris di Pilpres AS 2024, banyak artis yang langsung menyatakan dukungan mereka. Selain Beyonce, nama-nama besar seperti Jamie Lee Curtis, Spike Lee, hingga Sheryl Lee Ralph menjadi barisan pertama pendukung Harris. 

Pilihan Editor: Beyonce Pakai Gaun Blazer Perak Berkilau di New York Fashion Week 2024

ADINDA JASMINE PRASETYO | INSTAGRAM | YOUTUBE | VARIETY | THE NEW YORK TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *