Berita

Kenapa Sering Muncul Keinginan Buang Air Besar Setelah Olahraga? Ini Penjelasannya

×

Kenapa Sering Muncul Keinginan Buang Air Besar Setelah Olahraga? Ini Penjelasannya

Share this article



Ketika sedang asyik berolahraga seperti berlari tiba-tiba perut terasa mulas, hal tersebut mungkin bisa merusak semangatmu saat berolahraga. Apakah kamu sering mengalaminya?

Normalnya, setiap orang melakukan buang air besar (BAB) sebanyak dua kali. Namun, sebagian orang ingin BAB setelah olahraga. Menurut dr Smith melalui Unity Point Health menyebut bahwa pelari maupun atlit yang mengalami sakit perut dan keinginan BAB saat berolahraga adalah suatu hal yang normal. 

Dikutip dari SELF, seorang ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran klinis NYU Langone Medical Center, Lisa Ganjhu, D.O mengatakan bahwa adanya gerakan naik dan turun saat berolahraga dibandingkan kamu diam akan merangsang sistem pencernaan lebih cepat. Sehingga, hal ini menimbulkan keinginan BAB. Meskipun rasanya kurang nyaman tapi hal tersebut tidak berbahaya, kok, Beauties. 




Ilustrasi olahraga/Foto: Freepik/Tirachardz

Sering kali ditemukan kebanyakan pelari menyesap gel atau permen manis yang dianggap mampu meningkatkan energi saat berolahraga. Padahal makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ganjhu berpendapat banyaknya gula yang dikonsumsi akan mendorong tubuh untuk melepaskan banyak cairan pada saluran pencernaan. Nantinya, hal tersebut akan membuat tinja lebih encer. 

Selain itu, dikutip dari Healthline, dehidrasi atau kehilangan cairan saat berolahraga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Maka dari itu, kamu disarankan untuk menjaga cairan tubuh baik sebelum, saat, dan sesudah berolahraga.




Olahraga di malam hari/Foto:freepik.com/freepikIlustrasi olahraga/Foto:freepik.com/freepik

Adapun cara yang diyakini mampu mencegah keinginan untuk BAB saat olahraga adalah dengan menghindari makanan maupun minuman yang mengandung gas, produk susu, dan kafein selama 3-6 jam sebelum berolahraga. Tapi setidaknya, para ahli menyarankan untuk tidak makan apapun selama minimal satu jam sebelum berolahraga. Selain itu, kurangi konsumsi makanan berserat dan berlemak sebelum berlari, ya. 

Beauties, sekarang kamu sudah paham, kan, kenapa kamu sering memiliki keinginan BAB setelah berolahraga? Semoga menjawab pertanyanmu selama ini, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *