Berita

4 Hal yang Bisa Membuat Kamu Jadi Komunikator Hebat, Terapkan!

×

4 Hal yang Bisa Membuat Kamu Jadi Komunikator Hebat, Terapkan!

Share this article


Komunikasi adalah salah satu keterampilan yang wajib kamu pelajari. Keterampilan ini merupakan fondasi dalam segala jenis hubungan, seperti hubungan percintaan, pekerjaan, dan interaksi sosial. Dalam lingkungan pekerjaan, komunikasi merupakan keterampilan yang sangat penting, lho!

Bagaimana cara kamu membuat rekan kerja mendengarkan, memberikan tanggapan, dan mengikuti arahan kamu di tempat kerja sangat penting untuk kesuksesan karier. Dilansir dari Your Tango, berikut 4 hal yang bisa kamu terapkan untuk jadi komunikator hebat agar ucapan kamu tidak disalahpahami oleh orang lain.

1. Bersikap Spesifik





Ilustrasi/Foto: Freepik.com/pch.vector

Dulu, manusia mampu memusatkan perhatian pada satu subjek selama dua belas detik. Sekarang, manusia hanya punya delapan detik sebelum pikiran kamu beralih ke ide yang lain.

Salah satu kebiasaan untuk menjadi komunikator hebat adalah bersikap spesifik. Ketika kamu akan melakukan presentasi atau memimpin sebuah rapat, tentukan konsep yang ingin kamu sampaikan dan buat menjadi kalimat yang tidak terlalu panjang.

2. Story Telling




Kebiasaan untuk jadi komunikator hebat
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Ceritakan kisah singkat tentang mengapa kamu melakukan sesuatu. Selanjutnya, kamu bisa menceritakan bagaimana dan apa yang kamu lakukan untuk mencapai hal tersebut. Pertanyaan mengapa ini sangat berguna untuk menuntun orang agar tetap bersama dan mendukung kamu sepenuhnya saat berkomunikasi.

3. Melakukan Percakapan Dua Arah

Kebiasaan untuk jadi komunikator hebat/Foto: Freepik.com/Sorapop

Ketika kamu sedang berkomunikasi dengan beberapa orang, rata-rata mereka hanya akan mendengarkan. Seorang komunikator yang hebat selalu bisa membuat percakapan dua arah. Jadi, temukan cara untuk menciptakan dialog interaktif dan tidak sungkan untuk meminta pendapat.

4. Pahami Bahwa Komunikasi Bukan Tentang Kamu




Kebiasaan untuk jadi komunikator hebat
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/seventyfour

Teknik komunikasi yang efektif bukan tentang kamu, pendapat kamu, atau masalah kamu. Ini tentang pendengar.

Ini tentang memenuhi kebutuhan mereka dan membantu memenuhi harapan mereka sambil menambahkan nilai pada apa yang penting bagi mereka. Ingat, temui orang di mana mereka berada, bukan di mana kamu ingin mereka berada.

Jika kamu ingin menjadi komunikator yang hebat, kamu harus bisa mengendalikan ego kamu, Beauties. Komunikasi menunjukkan siapa diri kamu sebenarnya dan menunjukkan jati diri kamu kepada dunia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *