Berita

Berapa Lama Marinasi Daging Ayam yang Tepat Agar Juicy dan Lebih Empuk?

×

Berapa Lama Marinasi Daging Ayam yang Tepat Agar Juicy dan Lebih Empuk?

Share this article


Beauties pasti ingin makan daging ayam yang empuk dan juicy bukan? Untuk itu, Beauties harus marinasi daging ayam tersebut.

Marinasi ialah tahap membumbui aneka jenis daging sebelum dimasak. Hal ini guna agar bumbu meresap ke dalam daging seutuhnya secara sempurna. Marinasi daging ayam tentu membutuhkan waktu yang tepat agar lebih gurih dan lezat untuk disantap nantinya. Bumbu yang digunakan marinasi antara lain bahan ataupun buah-buah asam, garam, merica, dan berbagai rempah.

Mengutip CNN Indonesia, maksud dari buah asam ini seperti jeruk nipis yang dapat membuat daging menjadi empuk. Namun, jeruk nipis juga bisa membuat daging ayam tersebut menjadi rusak. Jadi, Beauties tidak boleh marinasi daging ayam terlalu lama.

Kalau sudah begitu, berapa lama waktu marinasi daging ayam yang tepat? Berikut penjelasan lengkapnya.

Waktu Marinasi Daging Ayam

Marinasi Daging Ayam/Foto: Pinterest/Hungry Hobby

Menurut laman All Recipes, daging ayam sendiri dimarinasi hingga bumbunya meresap ke dalam daging dengan waktu sekitar dua hingga tiga jam. Marinasi daging ayam juga bisa didiamkan lebih cepat lalu menyimpannya ke dalam kulkas.

Bila Beauties menggunakan bahan atau buah asam seperti jeruk nipis maupun cuka, maka Beauties tidak disarankan untuk marinasi daging ayam lebih dari empat jam. Bahan atau buah asam tersebut memang membuat daging menjadi empuk. Akan tetapi, apabila terlalu lama, maka daging akan menjadi berkerut dan teksturnya akan lembek.

Melansir laman Food Network, potongan ayam yang bertulang seperti dada, sayap, dan paha membutuhkan waktu rendaman, dengan bumbu marinasi, yang memakan waktu lebih lama dibandingkan potongan ayam tanpa tulang. Biasanya untuk merendam ayam cukup 15-30 menit saja agar bisa memberikan kelembapan dan rasa pada potongan daging ayam yang lebih kecil.

Beauties juga bisa menyimpan ayam dengan bumbu rendaman di dalam freezer paling lama satu bulan. Tempatkan ayam tersebut ke dalam wadah atau kantong plastik yang bisa ditutup kembali. Lalu, tutup rapat dan beri label sebelum dibekukan.



Cara Marinasi Daging Ayam agar Lebih Empuk dan Juicy

Cara Marinasi Daging Ayam/Foto: Pinterest/BuzzFeed

Beauties pasti penasaran kan cara marinasi daging ayam agar lebih empuk dan juicy? Jadi ada beberapa cara yang bisa Beauties terapkan sebagai berikut.

  1. Cucilah dan potong ayam sebelum diberi bumbu marinasi. Disarankan untuk memotong ayam menjadi potongan kecil agar bisa menyerap bumbu lebih cepat.
  2. Bumbui daging ayam yang sudah dicuci dan dipotong. Apabila untuk dijadikan stok maka Beauties tidak perlu menambahkan cuka ataupun jeruk nipis.
  3. Simpanlah daging ayam tersebut ke dalam wadah yang tertutup.
  4. Marinasi daging ayam bisa dilakukan dalam waktu sekitar 30 menit.
  5. Simpan daging ayam yang sudah dimarinasi tersebut ke dalam kulkas guna menghindari pertumbuhan bakteri.
  6. Bila Beauties tidak ingin langsung memasak daging ayam yang sudah dimarinasi, Beauties bisa menyimpannya dalam wadah tertutup di dalam kulkas maksimal tiga hari.

Mengutip detikFood, chef Muto menyarankan untuk lebih juicy, Beauties bisa marinasi daging ayam dengan margarin, minyak goreng, atau minyak kelapa sawit sebagai pelumasnya. Untuk marinasi bisa dilakukan selama 30 menit hingga satu jam.

Apabila Beauties ingin membuat ayam panggang, chef lulusan dari Universitas Ankara, Turki ini menyarankan daging ayam dimarinasi semalaman agar semua bumbu meresap sempurna. Lalu, keesokan harinya baru dipanggang. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *