Berita

Heboh Korea Selatan ‘Protes’ Disebut Korea Utara di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

×

Heboh Korea Selatan ‘Protes’ Disebut Korea Utara di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Share this article


Beauties, Olimpiade Paris 2024 telah dibuka pada Jumat, (26/7) yang berlokasi di Sungai Seine, Paris, Prancis. Untuk pertama kalinya, upacara pembukaan tidak dilaksanakan di dalam stadion, melainkan para atlet dan pemain dibawa dalam parade terapung di Sungai Seine.

Adapun beberapa negara yang turut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut mulai dari sang tuan rumah yakni Prancis, Amerika Serikat, Australia, Indonesia, Korea Selatan, Korea Utara, dan lainnya.

Di tengah-tengah hebohnya pembukaan Olimpiade Paris 2024 ini, ada sebuah insiden yang membuat Korea Selatan ‘geram, Beauties. Pasalnya, saat pembukaan Olimpiade Paris 2024 tersebut, pihak penyelenggara keliru memperkenalkan atlet dari Korea Selatan sebagai perwakilan dari Korea Utara.

Saat perahu yang membawa kontingen Korea Selatan lewat di Sungai Seine, sang announcer memperkenalkan kontingen sebagai ‘Republik Rakyat Demokratik Korea’, yang merupakan nama resmi Korea Utara, dalam bahasa Prancis dan Inggris.

Seharusnya, sang announcer menyebut kontingen Korea Selatan dengan nama resmi Republik Korea. Ketika perahu yang membawa kontingen Korea Utara lewat, sang announcer kembali menyebut ‘Republik Rakyat Demokratik Korea’.

Pengguna media sosial Korea Selatan pun turut menyatakan kekecewaannya atas insiden tersebut.


Pihak IOC Sampaikan Permintaan Maaf Terhadap Korea Selatan

Delegasi Korea Selatan di pembukaan Olimpiade Paris 2024/ Foto: Getty Images/Richard Pelham

Imbas dari insiden tersebut, Wakil Menteri Olahraga dan Kebudayaan Korea Selatan yakni Jang Mi Ran yang berada di Paris mengatakan, Presiden IOC (International Olympic Committee) Thomas Bach berencana berbicara dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol untuk menyampaikan permintaan maaf seperti melansir dari  Reuters.

“Ini jelas sangat disesalkan dan kami meminta maaf dengan sepenuh hati,” kata juru bicara IOC, Mark Adams melalui konferensi pers pada Sabtu, (27/7). Komite Olimpiade Nasional Korea Selatan segera merujuk kejadian tersebut kepada penyelenggara Olimpiade dan meminta agar kesalahan serupa tidak terulang kembali.

Sementara itu, Korea Selatan sendiri mengirim 143 atlet untuk berpartisipasi dalam 21 cabang olahraga. Kemudian Korea Utara  yang kembali mengikuti olimpiade pertama kalinya sejak Rio 2016, mengirimkan sebanyak 16 atlet.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *